Pendaftaran Online POLBENG 2025/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polbeng.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLBENG Jalur SNBP - SNBT - dan Mandiri, Pendaftaran Polbeng Online, PMB Polbeng, Pendaftaran Mahasiswa Baru Polbeng, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLBENG, Pendaftaran Diploma POLBENG, Jalur SNBP, SNBT, SM-POLBENG, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Negeri Bengkalis. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online POLBENG 2025/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk lulusan SMA / SMK sederajat terutama yang ingin mendaftar kuliah di POLBENG. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Bengkalis atau dikenal dengan singkatan POLBENG adalah sebuah Politeknik Negeri yang berada di Bengkalis, Riau, Indonesia.

Politeknik ini awalnya berstatus sebagai Perguruan Tinggi Swasta. Berkat usaha dari para pengurus dan pihak yang terlibat, Politeknik ini yang awalnya bernama Politeknik Bengkalis berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Politeknik Negeri Bengkalis.

Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG) telah berkembang dan memiliki banyak program studi, baik jenjang Diploma III ataupun Diploma IV, berikut informasi selengkapnya.

Jurusan Teknik Perkapalan terdiri dari program studi :
  • D3 - Teknik Perkapalan
  • D4 - Teknologi Rekayasa Arsitektur Perkapalan
  • D2 - Teknik Pengelasan Dan Fabrikasi

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 - Teknik Mesin
  • D4 - Teknik Mesin Produksi Dan Perawatan
  • D2 - Teknik Manufaktur Mesin

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 - Teknik Elektronika
  • D4 - Teknik Listrik

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 - Teknik Sipil
  • D4 - Teknik Perancangan Jalan Dan Jembatan

Jurusan Administrasi Niaga terdiri dari program studi :
  • D4 - Administrasi Bisnis Internasional
  • D4 - Akuntansi Keuangan Publik
  • D4 - Bisnis Digital

Jurusan Teknik Informatika terdiri dari program studi :
  • D3 - Teknik Informatika
  • D4 - Rekayasa Perangkat Lunak
  • D4 - Keamanan Sistem Informasi
  • D2 - Administrasi Jaringan Komputer

Jurusan Bahasa terdiri dari program studi :
  • D3 - Bahasa Inggris
  • D4 - Bahasa Inggris Untuk Komunikasi Bisnis Dan Profesional

Jurusan Kemaritiman terdiri dari program studi :
  • D3 - Nautika
  • D3 - Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga 

Itulah sedikit informasi mengenai Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG). Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran awal terutama bagi yang berminat kuliah di POLBENG.

Dari beberapa program studi yang ada di POLBENG tersebut mungkin salah satunya ada yang kalian minati. Oleh karena itu silahkan daftarkan diri kalian di POLBENG.

Bagi yang ingin mendaftar kuliah di POLBENG, perlu mengetahui terlebih dahulu jalur apa saja yang dibuka oleh POLBENG untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya.

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLBENG, diantaranya yaitu jalur SNBP, jalur SNBT / UTBK SNBT, dan jalur mandiri. Penjelasannya di bawah ini.

1. Pendaftaran Online POLBENG Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi yang dibuka secara nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia, salah satunya masuk ke POLBENG.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / sederajat yang berprestasi yang akan lulus tahun ini. Untuk lulusan tahun-tahun sebelumnya silahkan ikuti jalur seleksi lainnya.

Calon peserta yang berminat mendaftar jalur SNBP dapat melakukan pendaftaran secara online, namun terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Pihak sekolah mengisi data sekolah dan data siswa di laman PDSS. Setelah mendapatkan rekomendasi selanjutnya dapat melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta di laman pendaftaran.

Untuk biaya pendaftaran SNBP gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Informasi lebih rinci mengenai SNBP seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, jumlah pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLBENG Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi yang juga dibuka secara nasional yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK), sehingga jalur ini disebut juga jalur UTBK SNBT.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi)

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta secara online dengan mengakses laman resmi SNBT. Namun jika dirasa mengalami kesulitan, sebaiknya berkonsultasi dengan kakak senior atau berkonsultasi dengan pihak sekolah untuk membantu kalian.

Mengenai biaya pendaftaran SNBT bahwa biaya pendaftarannya tidak gratis alias ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti jalur ini.

Untuk informasi lebih rinci seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, besarnya biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan hingga pengumuman, pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online POLBENG Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara lokal oleh Politeknik Negeri Bengkalis untuk memberikan kesempatan pada calon peserta mungkin telah mengikuti jalur-jalur di atas tetapi tidak lulus.

Jalur mandiri seleksinya dilakukan melalui tes tertulis. Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa lulus.

Cara Pendaftaran Jalur Mandiri Secara Umum :
  • Buka laman https://polbeng.siakadcloud.com/spmbfront
  • Pilih jalur pendaftaran (isi data jenjang pendidikan, program studi, dan sistem kuliah)
  • Lengkapi formulir pendaftaran
  • Selesaikan pembayaran formulir
  • Lengkapi berkas dan ikuti seleksi pendaftaran

Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri secara online melalui alamat web d atas dan ikuti prosesnya hingga selesai. Informasi lainnya dapat dilihat langsung melalui alamat tersebut.

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLBENG

KIP Kuliah merupakan pemberian dana bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara finansial serta memiliki prestasi yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukanbersamaan dengan jalur seleksi masuk yang diikuti. Misal kalian mendaftar jalur SNBP maka bersamaan juga dengan pendaftaran KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah secara online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Apabila merasa kesulitan dalam mendaftar sebaiknya konsultasikan dengan pihak sekolah / kakak senior / pihak kampus tempat kalian ingin mendaftar KIP Kuliah.

Untuk informasi seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Selain KIP Kuliah, ada beasiswa di POLBENG seperti berikut ini :
  • Bantuan Keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shodaqoh (Lazis) Polbeng
  • Beasiswa Provinsi
  • Beasiswa Kabupaten
Informasi lebih lanjut dapat kalian temukan di laman resmi POLBENG: http://www.polbeng.ac.id/official/beasiswa


Itulah beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh POLBENG. Silahkan ikuti jalur yang kalian minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi POLBENG.

Sumber : https://polbeng.siakadcloud.com/spmbfront/home

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online POLBENG Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa mempermudah kalian dalam menemukan informasi terkait.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi masuk POLBENG dan nantinya bisa belajar di POLBENG. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi ini.

Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses. Ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya.