Pendaftaran Online UNIB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

admisi.unib.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIB Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNIB, UM UNIB, Pendaftaran UNIB Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNIB, Pendaftaran Kuliah UNIB, Jalur SPMU UNIB, SNBP, SNBT, Mandii, Bidikmisi, Universitas Bengkulu, UNIB, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNIB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama untuk para lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang ingin mendaftarkan kuliah di UNIB.

Disini admin akan memberikan penjelasan mengenai jalur-jalur informasi jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Bengkulu (UNIB). Namun sebelumnya, admin akan memberikan gambaran awal tentang Universitas Bengkulu (UNIB).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Bengkulu (UNIB)

Universitas Bengkulu yang biasa disingkat dengan UNIB adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia.

Universitas Bengkulu (UNIB) didirikan pada 24 April 1982. Universitas Bengkulu (UNIB) memiliki 3 lokasi kampus berbeda yaitu yang terletak di Rawa Makmur (Kompleks Kampus Utama), Cimanuk, dan Air Sebakul.

Program pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Bengkulu (UNIB) terdiri dari program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor.

Program Diploma UNIB
  • Program D-2 terdiri dari Pendidikan Guru TK, dan Pendidikan Guru SD
  • Program D-3 terdiri dari Bahasa Inggris, Akuntansi, Perpustakaan, Manajemen Perkebunan, dan Laboratorium Sains

Program Sarjana (S-1) UNIB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Budidaya Pertanian (Program Studi Agroekoteknologi) Minat (Agronomi, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman), Jurusan Kehutanan, Jurusan Peternakan, Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Jurusan Perlindungan Tanaman (Agroekoteknologi), Jurusan Ilmu Kelautan, dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  terdiri dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Jurnalistik, D3 Jurnalistik, D3 Perpustakaan, D3 sekretaris, AN Ekstensi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Studi Pembangunan, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Jurusan Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Informatika, Jurusan Elektro, Jurusan Sipil, dan Jurusan Mesin.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter

Program Magister (S-2) UNIB
  • Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Perencanaan Pembangunan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, dan Magister Administrasi Publik.

Program Doktor (S-3) UNIB
  • Program Doktor Ilmu Manajemen

Itulah sekilas tentang Universitas Bengkulu (UNIB). Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada kita semua tertutama yang akan kuliah di UNIB. Baiklah kita kembali lagi ke pembahasan awal yang akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Bengkulu (UNIB).

Seperti tahun sebelumnya, Pada tahun ini Universitas Bengkulu (UNIB) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiwa baru melalui jalur-jalur berikut ini, yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur SPMU UNIB.

Dengan banyaknya jalur penerimaan mahasiswa tersebut, tentunya kalian memiliki kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB).

Namun perlu diingat bahwa tidak mudah untuk bisa lulus seleksi dikarenakan begitu banyaknya persaingan antar calon mahasiswa yang ingin masuk ke Universitas Bengkulu (UNIB). Untuk itu, persiapkanlah diri sebaik mungkin agar bisa memenangkan persaingan tersebut dengan baik. Semoga harapan kalian bisa terkabulkan.

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur penerimaan mahasiwa baru Universitas Bengkulu (UNIB) yang pendaftarannya dilakukan secara online. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNIB Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII yang akan lulus di tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Informasi lengkap seperti tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, kriteria penerimaan, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, dan keterangan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNIB Jalur SNBP

UNIB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran tidak gratis alias berbayar. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Informasi lain seperti tata cara pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, piihan program studi, daftar nama-nama PTN, serta keterangan lainnnya bisa dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Panduan Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dengan syarat bahwa calon mahasiswa tersebut berasal dari keluarga tidak mampu, serta memiliki prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Online UNIB Jalur SMMPTN Barat

UNIB juga membuka jalur seleksi mandiri masuk PTN Barat yang dikenal dengan nama SMMPTN Barat. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur ini, silahkan baca terlebih dahulu penjelasannya pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat

5. Seleksi Mahasiswa Non Akademik

Seleksi Mahasiswa Non Akademik merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan Universitas Bengkulu untuk jenjang Strata Satu (S-1) tanpa Test.

Seleksi ini didasarkan pada nilai raport dan  prestasi tertentu dibidang olah raga, seni, budaya, agama dan bidang lainnya yang didukung dengan adanya piagam atau sertifikat yang diperoleh selama duduk di tingkat SMA/SMK atau sederajat.

Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA tahun ini, lulusan satu tahun yang lalu, dan lulusan dua tahun yang lalu.

Untuk mendaftar melalui Seleksi Mahasiswa Non Akademik, calon peserta mengirimkan pengajuan dengan melampirkan berkas-berkas yang sudah disahkan oleh Kepala Dinas atau Pejabat yang berwenang.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.unib.ac.id

6.  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Vokasi (SPM Vokasi)

SPM Vokasi merupakan pola seleksi mandiri yang diselenggarakan Universitas Bengkulu khusus untuk jenjang Vokasi (Diploma Tiga). Informasi lebih lanjut di laman  https://spmvokasi.unib.ac.id/

6. Pendaftaran Online Pascasarjana UNIB

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma, UNIB juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi kalian yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNIB,silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.unib.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNIB yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNIB. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan Penting!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIB


Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UNIB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberi pencerahan untuk kalian dalam melakukan pendaftaran online Universitas Bengkulu (UNIB).

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi masuk UNIB. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel disini. 

Sekian dari admin, dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin. Ayo turut berbagi atau share info ini pada teman lainnya.