Pendaftaran Online UNCEN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.uncen.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNCEN Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNCEN. Pendaftaran UNCEN Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNCEN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNCEN, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNCEN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNCEN, Pendaftaran Maba UNCEN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Cenderawasih,  UNCEN. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNCEN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama untuk lulusan SMA / sederajat yang ingin mendaftar kuliah di UNCEN.

Disini admin akan memberikan informasi jalur-jalur seleksi masuk ke UNCEN. Namun sebelum itu, admin terlebih dahulu akan memberikan informasi mengenai Universitas Cenderawasih (UNCEN). Mari simak informasinya berikut ini.


http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Cenderawasih (UNCEN)

Universitas Cenderawasih atau disingkat dengan UNCEN adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Jayapura, Indonesia yang telah didirikan pada 10 November 1962.

Universitas Cenderawasih (UNCEN) telah memiliki beberapa fakultas, di antaranya adalah :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Abepura)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Hukum (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Ekonomi (Kampus Waena)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Kampus Waena)
  • Fakultas Teknik (Kampus Waena)
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kampus Abepura)
  • Fakultas Kedokteran (Kampus Abepura).

Itulah sedikit informasi mengenai Universitas Cenderawasih (UNCEN). Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Baiklah kita lanjutkan lagi membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Cenderawasih (UNCEN).

Pada tahun ini, Universitas Cenderawasih (UNCEN) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut adalah jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri. 

Kalian harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi agar keinginan untuk diterima di Universitas Cenderawasih (UNCEN) bisa terwujud. Masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru tersebut akan dibahas di bawah ini.

A. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBP

UNCEN adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBP

Seperti yang telah dijelas di website resmi bahwa SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi tanpa tes masuk ke PTN yang seleksinya didasarkan raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri.

Pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi berprestasinya. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Untuk biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Penjelasan lain seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBT

Selain SNBP, ada pula jalur seleksi nasional lainnya yaitu SNBTSNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan SMA / MA / SMK / sederajat 3 tahun terakhir bisa mendaftar di jalur ini, tentunya juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran online hingga mencetak kartu peserta SNBT.

Biaya pendaftaran tidak gratis sehingga calon peserta perlu mengeluarkannya.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

D. Pendaftaran UNCEN Jalur Mandiri

Hampir semua universitas membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri, salah satunya adalah Universitas Cenderawasih (UNCEN).

Jalur mandiri UNCEN bertujuan untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di UNCEN. Jalur ini juga menjadi jalur alternatif untuk calon mahasiswa yang tidak lulus mengikuti jalur seleksi lainnya.

Jalur mandiri UNCEN ada 2, yaitu :

# Jalur Mandiri SLSB

Jalur mandiri SLSB atau Seleksi Lokal Siswa Berpotensi adalah jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh UNCEN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi.

# Jalur Mandiri JMSB

Jalur mandiri JMSB atau Jalur Masuk Seleksi Bersama adalah jalur seleksi mandiri yang seleksinya dilakukan melalui tes.


Pendaftaran kedua jalur mandiri tersebut dilakukan secara online melalui website resmi PMB UNCEN yaitu pmb.uncen.ac.id. Keterangan lainnya bisa dibaca pada website tersebut.

E. Pendaftaran Pascasarjana UNCEN

UNCEN juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang pascasarjana. Untuk informasi lebih lanjut dapat di akses di laman pasca.uncen.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk UNCEN. Apabila ada informasi yang berbeda maka yang berlaku adalah informasi yang ada di website resmi UNCEN.

Baca Juga:

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UNCEN (Universitas Cenderawasih). Semoga bisa memberikan pencerahan untuk kalian. Terima kasih telah membaca disini. Salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.