Pendaftaran Online Polikant 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polikant.ac.id 2024 --  Pendaftaran Polikant Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Polikant, PMB Polikant, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Perikanan Negeri Tual, Penerimaan Maba Polikant, Pendaftaran D3/D4 Polikant, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Perikanan Negeri Tual. 2026. 2027.

Kali ini admin akan admin memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Polikant 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini utamanya disampaikan untuk kalian lulusan SMA / SMK sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Perikanan Negeri Tual. Ayo simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Perikanan Negeri Tual atau yang disingkat dengan nama Polikant adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jln. Langgur-Sathen Km.6 Kabupaten Maluku Tenggara 97611, Maluku, Indonesia.

Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut ini :

Jurusan Teknologi Hasil Perikanan terdiri dari program studi :
  • DIII Agribisnis Perikanan
  • DIII Teknologi Hasil Pengolahan
  • D-IV Bioteknologi Perikanan
  • D-IV Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perikanan

Jurusan Teknologi Pendayagunaan Sumberdaya Perairan terdiri dari program studi :
  • DIII Teknologi Budidaya Perikanan
  • D-IV Rekayasa Budidaya Laut
  • D-IV Agrowisata Bahari

Jurusan Teknologi Pendayagunaan Sumberdaya Laut terdiri dari program studi :
  • DIII Teknologi Penangkapan Ikan
  • D-IV Teknologi Kelautan
  • D-IV Manajemen Rekayasa Perikanan Tangkap

Itulah beberapa jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) yang nantinya dapat dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant).

Selanjutnya kalian perlu mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang ada di Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Simak penjelasannya berikut ini.

A. Pendaftaran Online Polikant Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan inggi negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa terutama nilai raport selama 5 semester.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat tahun ini. Untuk lulusan tahun-tahun sebelumnya dapat mengikuti jalur seleksi lainnya.

Proses pendaftaran SNBP dimulai oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa-siswi akan mendapatkan username dan password untuk login pendaftaran. Setelah login, lengkapi data pendaftaran dan cetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaran.

Informasi seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri, mekanisme seleksi, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online Polikant Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat lulusan 3 tahun terakhir.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SNBT. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan pada pihak sekolah atau pada kakak senior yang telah berpengalaman terkait pendaftaran SNBT.

Untuk biaya pendaftaran SNBT dibayarkan melalui bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Informasi lainnya yang lebih rinci seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri, dan lain-lainnya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Polikant Jalur Mandiri

Polikant juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang mana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Jalur mandiri ini terbuka untuk umum tanpa melihat kelulusan tahun ijazah. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman pmb.polikant.ac.id lalu klik menu registrasi kemudian isi data pendaftaran hingga selesai.

Untuk informasi lainnya terkait pendaftaran silahkan baca laman resmi tersebut.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah Polikant

Telah kita ketahui bahwa KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Calon mahasiswa yang demikian itu yang ingin kuliah di Polikant maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah. Pengajuan dilakukan bersamaan dengan jalur seleksi masuk yang akan diikuti.

KIP Kuliah yang dapat diikuti yaitu KIP Kuliah SNBP, KIP Kuliah SNBT, dan jika dibuka ada KIP Kuliah jalur mandiri.

Informasi pendaftaran Bidikmisi seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lain-lain dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

Info : Istilah KIP Kuliah dulunya bernama Bidikmisi. Informasi selengkapnya mengenai Bidikmisi dapat ditemukan pada artikel  Pendaftaran Online Bidikmisi


Itulah beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh Polikant untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Silahkan kalian ikuti jalur mana saja yang memiliki peluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Sumber : http://pmb.polikant.ac.id/

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online Polikant Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah atau melengkapi informasi yang telah kaian miliki sebelumnya.

Terima kasih atas kunjungannya dan ayo bantu bagikan artikel ini pada teman lainnya.