Pendaftaran Online IAIN Surakarta 2024/2025

www.iain-surakarta.ac.id 2024 -- IAIN Surakarta, Pendaftaran IAIN Surakarta Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Surakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Surakarta, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Surakarta, Jalur SPAN-PTKIN, UM PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi Pendaftaran Online IAIN Surakarta 2024/2025. Sebelum menjelaskan hal tersebut, admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang IAIN Surakarta

Institut Agama Islam Negeri Surakarta atau yang sering disebut dengan IAIN Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di dibawah Naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

IAIN Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang berlokasi di Jalan Pandawa Pucangan Kartasura Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta ini pada mulanya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Pergantian nama tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2011.

IAIN Surakarta telah mempunyai beberapa Fakultas seperti berikut ini :  

Fakultas Ushuluddin & Dakwah terdiri dari program studi :
  • Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, Akhlak Tasawuf (AT), dan Psikologi Islam (PI)

Fakultas Syari’ah terdiri dari program studi :
  • Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Asy-syakhshiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Hukum Pidana Islam, dan Manajemen Zakat dan Wakaf

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Inggris, Tadris / Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Arab, dan Sejarah Peradaban Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Manajemen Bisnis Syariah, Akuntansi Syariah, dan Perbankan Syariah

Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Manajemen Keuangan dan Perbankan syariah (MKPS), dan Ilmu Qur'an dan Tafsir (IQT).

Itulah sekilas informasi tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan anda terutama yang akan kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Pada tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta membuka beberapa jalur seleksi, baik jalur seleksi Nasional yng terdiri dari SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, maupun jalur seleksi Mandiri dan juga ada jalur Bidikmisi.

Anda harus lulus seleksi melalui salah satu jalur di atas agar bisa menjadi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus melakukan persiapan diri semaksimal mungkin dan juga harus diiringi dengan doa. Semoga dengan doa dan usaha sungguh-sunggung yang anda lakukan bisa menghasilkan sesuatu yang anda harapkan.

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Pahami penjelasannya berikut ini.

I. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur  SPAN-PTKIN 

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang yang didasarkan ada prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah. Siswa yang berprestasi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya itu berkesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Jalur SPAN-PTKIN ini merupakan jalur seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Agama Keagamaan Islam Negeri seperti UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indoensia.

Pendaftaran dilakukan melalui website resmi SPAN-PTKIN yaitu www.span-ptkin.ac.id. Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran. Kemudian Kepala sekolah/madrasah mendapatkan User ID dan Password yang diberikan kepada siswa untuk melakukan pendaftaran online.

Siswa login ke alamat website di atas menggunakan User ID dan Password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah. Kemudian mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan mencetak kartu pendaftaran.

Informasi selengkapnya tentang SPAN-PTKIN seperti jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, persyaratan, nama-nama PTKIN, dan hal lainnya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN.

II. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur UM-PTKIN 

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri seperti UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia melalui ujian tertulis.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh peserta melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Setelah login ke alamat website tersebut, kemudian lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar. Anda bisa memilih IAIN Surakarta sebagai Perguruan Tinggi yang anda minati. Setelah selesai mengisi data, jangan lupa untuk mencetak kartu ujian.

Informasi selengkapnya tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal lengkap pelaksanaan, kelompok ujian, kriteria penerimaan, nama-nama PTKIN, dan hal terkait lainnya dapat anda baca pada Panduan Pendaftaran UM-PTKIN.

III. Pendaftaran IAIN Surakarta Jalur Mandiri 

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan secara khusus oleh panitia lokal dari IAIN Surakarta yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di IAIN Surakarta.

Jalur seleksi ini bisa disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang tidak lulus seleksi jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN. 

1. Persyaratan Peserta
  1. Calon peserta merupakan lulusan dari SMA / MA / SMK / MAK / Pesantren Mu’adalah atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Untuk lulusan 2 tahun yang lalu sudah harus memiliki ijazah SMA / MA / SMK / MAK / Pesantren Mu’adalah atau yang setara
  3. Untuk lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap dari sekolah / madrasah.

2. Alur Pendaftaran
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://administrasi.iain-surakarta.ac.id/pmb
  2. Calon peserta mengisi biodata, mengunggah foto (File foto ukuran 400 x 600 pixel), memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran.
  3. Calon peserta menggunakan User ID dan Password yang sudah diperoleh untuk melakukan pembayaran di Bank BRI.
  4. Selanjutnya mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPMB Jalur Mandiri.

Informasi lainnya yang belum dimuat disini dapat anda baca secara langsung di alamat www.iain-surakarta.ac.id

IV. Pendaftaran Online KIP Kuliah IAIN Surakarta

KIP Kuliah merupakan dana bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Informasi selengkapnya tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan, tata cara pendaftaran dan hal terkait lainnya bisa dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag.

V. Pendaftaran Online Pascasarjana IAIN Surkarta

IAIN Surakarta kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda melalui alamat www.iain-surakarta.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca melalui alamat tersebut.


Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Surakarta. Semoga informasi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru IAIN Surakarta yang telah admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin trurut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. Terima kasih admi ucapkan atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.