Pengumuman UM-PTKIN hari ini tanggal 18 Juli 2016 mulai pukul 13.00 WIB. Baca cara melihat pengumuman UM-PTKIN secara online di web ini. Temukan artikel tentang Pengumuman UM-PTKIN dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "Pengumuman UM-PTKIN". Baca juga informasi penting lainnya yang anda butuhkan di web ini. Jangan lupa untuk like halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Panduan Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017

Panduan Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017

www.sbmptn.ac.id 2016 -- Pendaftaran Online SBMPTN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Informasi Panduan Pendaftaran Online SBMPTN, Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Jalur Ujian Tertulis (Jalur SBMPTN), Jalur Seleksi Nasional (SBMPTN), Situs Resmi Pendaftaran Online SBMPTN : pendaftaran.sbmptn.or.id

Pada kesempatan ini, admin akan membahas tentang Panduan Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017. Informasi ini diberikan untuk anda yang ingin mendaftar SBMPTN. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.


Jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri terdiri dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi jalur SNMPTN didasarkan pada nilai rapor siswa dan tidak semua siswa mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN. Sedangkan seleksi jalur SBMPTN didasarkan pada hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan (khusus Prodi Olahraga dan Seni) dan bisa diikuti oleh semua siswa SMA / MA / SMK / MAK yang telah lulus dari sekolah maksimal 3 tahun terakhir.

Seperti telah disebutkan di awal bahwa pada kesempatan ini akan membahas secara rinci tentang SBMPTN. Jika anda ingin mendapatkan infomasi tentang SNMPTN maka bisa anda baca pada artikel sebelumnya pada Panduan Pendaftaran Online SNMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang diselenggarakan dengan tujuan menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri dan calon mahasiswa baru tersebut diprediksikan mampu menyelesaikan pendidikan dengan tepat waktu.

SBMPTN juga bisa disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi tidak lulus, maka anda bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Selain itu pula, bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Pada tahun ini, pelaksanaan SBMPTN sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari perubahan alamat website SBMPTN yang sebelumnya adalah www.sbmptn.or.id dan untuk tahun ini berubah menjadi www.sbmptn.ac.id

Namun tidak masalah karena kedua alamat website tersebut sama-sama dapat di akses dengan baik dan informasi yang adapun sama, sehingga anda dapat mengakses alamat SBMPTN yang manapun.

Selain itu, adapula perubahan dalam hal pelaksanaan ujian, pada tahun sebelumnya ujian SBMPTN hanya dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian keterampilan. Sedangkan untuk tahun ini, ada opsi untuk pemilihan ujian, yaitu ujian tertulis atau ujian menggunakan komputer. Jika anda memilih ujian menggunakan komputer, maka tidak perlu mengikuti ujian tertulis, dan begitu pula sebaliknya. Untuk ujian keterampilan tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan analisis tahun lalu bahwa peserta SBMPTN ini mencapai ratusan ribu peserta, sedangkan kuota penerimaan mahasiswa baru di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya ribuan mahasiswa untuk semua jurusan / program studi. Jadi anda memiliki pesaing yang sangat banyak untuk bisa diterima di PTN pilihan anda. Oleh karena itu, Admin memberikan saran kepada anda agar melakukan persiapan yang semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian seleksi SBMPTN.

Persiapan yang bisa anda lakukan misalnya membaca dan mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu atau mengerjakan soal-soal prediksi SBMPTN tahun ini. Selain itu pula, anda bisa mengikuti try out SBMPTN (jika ada). Jangan lupa untuk berdoa agar keinginan anda untuk lulus SBMPTN bisa terkabulkan.

Baiklah, kita langsung saja akan membahas tentang Panduan Pendaftaran Online SBMPTN. Admin akan menguraikan pembahasan ini mulai dari persyaratan pendaftaran SBMPTN, pendaftaran awal SBMPTN,  tata cara pendaftaran online SBMPTN, pendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN, kelompok ujian dan pilihan PTN dan Prodi, jadwal pelaksanaan SBMPTN, sampai dengan daftar nama-nama PTN dalam SBMPTN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran Online SBMPTN
  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang telah lulus 3 tahun terakhir
  2. Bagi lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
  3. Bagi lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
Setelah membaca dan bisa memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN di atas, selanjutnya silahkan anda melakukan pendaftaran awal SBMPTN. Namun terlebih dahulu akan diberikan informasi tentang pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN.

Pendaftaran Program Bidikmisi Jalur SBMPTN

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka calon peserta diharuskan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi seperti ketentuan berikut ini
  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke situs resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Setelah mendaftar Bidikmisi dan dinyatakan memenuhi persyaratan maka Calon peserta penerima Bidikmisi akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui alamat pendaftaran.sbmptn.or.id tanpa harus membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang telah dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
  5. Silakan baca informasi selengkapnya tentang Pendaftaran Online Bidikmisi
Pendaftaran Awal SBMPTN 2016/2017

Sebelum anda melakukan tahapan pendaftaran online, terlebih dahulu anda harus mengisi data pendaftaran awal SBMPTN. Untuk peserta Bidikmisi jalur SBMPTN, tidak perlu melakukan pendaftaran SBMPTN tahap awal, namun langsung saja mendaftar SBMPTN.

Tata Cara Pendaftaran Tahap Awal SBMPTN
  1. Pendaftaran awal dilakukan secara online dengan membuka alamat website pendaftaran.sbmptn.or.id , buka disini , alur daftar klik disini
  2. Setelah berada pada halaman website tersebut, memasukkan nama dan tanggal lahir anda.
  3. Kemudian cetak tanda bukti pendaftaran awal tersebut dan bawalah ke Bank saat anda melakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  4. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di Bank BNI atau Bank Mandiri sebesar Rp. 200.000,00.
  5. Setelah membayar, anda akan mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya digunakan untuk melakukan pendaftaran online SBMPTN.
Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN
  1. Buka website resmi pendaftaran online SBMPTN, yaitu pendaftaran.sbmptn.or.id ,  buka disini , alur daftar klik disini
  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan dari Bank. Peserta Bidikmisi login menggunakan KAP dan PIN yang diperoleh setelah mendaftar Bidikmisi.
  3. Setelah login, isilah data diri anda secara lengkap dan benar
  4. Jangan lupa untuk memilih PTN yang anda minati.
  5. Periksalah kembali kebenaran data pendaftaran
  6. Jika telah selesai, cetaklah tanda bukti pendaftaran online tersebut.
  7. Tanda bukti pendaftaran yang anda dapatkan berupa kartu tanda peserta SBMPTN
  8. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian seleksi berlangsung.
Kelompok dan Jumlah Program Studi Pilihan pada SBMPTN
  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.
Kriteria Penerimaan SBMPTN
  • Lulus pendidikan menengah
  • Lulus SBMPTN 2016
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Ujian Tertulis (PBT atau CBT)
  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
  • Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik
Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2016/2017
    1. Pendaftaran Online :
      • Computer Based Testing (CBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
      • Paper Based Testing (PBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
      • Khusus peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00
    2. Pelaksanaan Ujian Tertulis :
      • Computer Based Testing (CBT) pada 31 Mei
      • Paper Based Testing (PBT) pada 31 Mei
    3. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada hari Rabu atau Kamis tanggal 1 s.d 2 Juni
    4. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 28 Juni pukul 14.00 WIB. Cara melihat pengumuman hasil tes SBMPTN silakan lihat disini / disini / disini / disini / disini / disini
    Daftar Nama-nama PTN se-Indonesia yang Tergabung dalam SBMPTN

    Perguruan Tinggi Negeri yang telah tergabung dalam SBMPTN adalah Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Daftar nama-nama PTN yang telah tergabung dalam SBMPTN terbagi menjadi 4 (wilayah), yaitu PTN wilayah 1, PTN wilayah 2, PTN wilayah 3, dan PTN wilayah 4. Berikut informasi selengkapnya.

    Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 1
    Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 2
    Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 3
    Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 4
    Informasi tambahan : apabila ada perubahan jadwal, persyaratan atau ketentuan lain yang berkaitan dengan SBMPTN, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi SBMPTN

    Bacaan Selanjutnya :
    Cara Melihat Pengumuman SBMPTN
    Situs Alternatif Pengumuman SBMPTN
    Pengumuman Hasil SBMPTN
    Pengumuman Hasil CBT / PBT SBMPTN

    Silahkan Baca Juga  :
    Pendaftaran SNMPTN
    Pendaftaran Online SNMPTN

    Demikianlah informasi yang bisa admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Panduan Pendaftaran Online SBMPTN yang telah admin uraikan di atas bisa memberikan pencerahan dan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online SBMPTN.

    Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Caraya klik tombol G+1 yang tersedia dan kemudian pilih teman atau kerabat anda.

    Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi SBMPTN. Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia web ini atas kesempatan yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

    Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.