Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT 2024/2025

KIP Kuliah SNBT 2024 -- Pendaftaran KIP Kuliah SNBT Online, Info Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah jalur SNBT, Prosedur Pendaftaran Program KIP Kuliah jalur SNBT, Pelamar KIP Kuliah jalur SNBT, Calon peserta Penerima KIP Kuliah jalur SNBT, Pendaftaran Online KIP Kuliah jalur SNBT. Seleksi Penerimaan KIP Kuliah Jalur SNBT, Bidikmisi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, diharapkan dapat memberikan panduan bagi anda dalam melakukan pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur penerimaan SNBT. Mari simak informasinya.


Informasi ini merupakan lanjutan dari informasi sebelumnya tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP. Bagi yang belum membaca, silahkan baca terlebih dahulu.

Kekurangan dari segi ekonomi terkadang membuat seseorang berpikir ulang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Mahalnya biaya kuliah menjadi salah satu alasannya.

Pemerintah turut berupaya untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi dimana biaya pendidikan dan biaya hidup akan ditanggung oleh Pemerintah.

Pemberian biaya pendidikan dan biaya hidup dari Pemerintah tersebut dikenal dengan nama "KIP Kuliah".

Dengan adanya KIP Kuliah ini, maka diharapkan setiap anak-anak Indonesia lulusan SMA / sederajat mendapat kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Jalur penyaluran KIP Kuliah ini cukup banyak, diantaranya yaitu melalui jalur SNBP, SNBT, SNMPN, Jalur Mandiri PTN / PTS, KIP Kuliah kampus Keagamaan, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas KIP Kuliah jalur SNBT.

KIP Kuliah jalur SNBT adalah KIP Kuliah yang diperuntukkan bagi calon peserta SNBT yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Dalam bahasa lain dapat kita sebutkan bahwa calon peserta yang mendaftar KIP Kuliah jalur SNBT adalah berasal dari keluarga kurang mampu, dan jalur seleksi masuk PTN yang diikuti adalah jalur SNBT.

Bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi KIP Kuliah Jalur SNBT, maka anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah dan juga persyaratan pendaftaran SNBT.

Berikut persyaratan pendaftaran lengkap dari persyaratan pendaftaran KIP Kuliah dan juga persyaratan pendaftaran UTBK SNBT.

A. Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan (tahun ini) atau lulus dua tahun sebelumnya (tahun kemaren dan tahun kemarennya lagi);
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi :

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Untuk melengkapi informasi di atas, silahkan kunjungi langsung artikel KIP Kuliah yang telah membahasnya secara lengkap : Pendaftaran KIP Kuliah

B. Persyaratan Pendaftaran UTBK SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang mana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang dikenal dengan nama UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sehingga namanya kini dikenal dengan sebutan UTBK SNBT.

Bagi calon peserta UTBK SNBT yang juga ingin mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah, maka selain harus memenuhi persyaratan KIP Kuliah juga harus memenuhi persyaratan UTBK SNBT agar persyaratan pendaftaran dapat terpenuhi semuanya.

Jika bisa memenuhi semua persyaratan, maka dapat mengajukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditepatkan oleh panitia.

Persyaratan UTBK SNBT adalah sebagai berikut :
  1. Peserta harus memiliki Akun SNPMB Siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di Portal SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA / SMK / MA Kelas 12 pada tahun 2024 atau Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). Siswa yang belum mempunyai ijazah harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:
    • identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN;
    • pas foto terbaru (berwarna);
    • tanda tangan Kepala Sekolah / Madrasah; dan
    • stempel / cap sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA / SMK / MA Sederajat tahun 2022 dan 2023 atau Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024).
  5. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  8. Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  9. Membayar biaya UTBK.

                          Itulah persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi ketika anda akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBT

                          Silahkan kunjungi artikel UTBK SNBT untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, cara pendaftaran, biaya, ujian, dan lainnya. Berikut ini artikelnya : Pendaftaran Online UTBK SNBT


                          C. Link Pendaftaran KIP Kuliah dan UTBK SNBT
                          • Link pendaftaran KIP Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
                          • Link pendaftaran UTBK SNBT di laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

                          D. Jadwal Pelaksanaan KIP Kuliah Jalur UTBK SNBT

                          Info!!!
                          Apabila anda perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi KIP Kuliah dan website resmi SNPMB.

                          Demikianlah informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

                          Admin turut mendoakan semoga anda bisa mendapatkan KIP Kuliah melalui jalur SNBT. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini. 

                          Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.