Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/2025 Masuk PTN, PTS, Politeknik Negeri, dan Kedinasan

Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024 -- Pendaftaran SNBP - SNBT - SPANPTKIN - UMPTKIN -Mandiri, Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru PTN / PTS / PTK / PTKIN / Politeknik, PMB PTN / PTS / PTK / PTKIN / Politeknik, Penerimaan Mahasiswa Baru PTN / PTS / PTK / PTKIN / Politeknik, Seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru, Info Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru, Jadwal dan Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/2025 Masuk PTN, PTS, Politeknik Negeri, dan Kedinasan. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat membantu anda untuk mendapatkan informasi lengkap masuk ke Perguruan Tinggi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Ketika anda menduduki kelas XII dari Sekolah Tingkat Atas (SMA / MA / SMK / Sederajat), maka anda mulai berpikir "ingin melanjutkan kuliah dimana?". Pada saat itu anda merasa bingung untuk memilih Perguruan Tinggi dan mungkin pada saat itu anda belum mengetahui daftar Perguruan Tinggi terfavorit dan jalur apa saja yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi tersebut.

Melihat problem yang terjadi, maka disini admin memiiki inisiatif untuk membantu anda yang mengalami kesulitan dalam memilih Perguruan Tinggi serta memilih jalur masuk ke Perguruan Tinggi tersebut. Admin telah menyiapkan artikel yang merangkum informasi yang nantinya dapat anda gunakan sebagai panduan saat akan mendaftar sebagai mahasiswa baru.

Perguruan Tinggi adalah adalah satuan pendidikan menyelenggarakan pendidikan tinggi. Peserta didik di Perguruan Tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik di Perguruan Tinggi disebut Dosen.

Menurut Dikti, Perguruan Tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa bentuk yaitu Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Akademi Komunitas. Berikut penjelasannya :
  • Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu
  • Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi. Program-program pendidikan di Perguruan Tinggi dapat berupa : Diploma (D1, D2, D3, D4), Sarjana (S1), Magister (S2), Doktor (S3), dan Spesialis.

Menurut jenisnya, Perguruan Tinggi dibagi menjadi dua :
  • Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.

Berdasarkan uraian di atas, anda harus mendapatkan gambaran awal tentang Perguruan Tinggi jenis apa, bentuk apa, serta program apa yang akan anda pilih nanti ketika anda melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Dengan demikian, secara jelas anda dapat menyatakan : "setelah lulus dari sekolah (SMA / MA / SMK / sederajat), saya akan kuliah di kampus (PTN / PTS) dengan program (Diploma / Sarjana / atau lainnya). Silahkan anda menuliskan keinginan anda tersebut pada sebuah kertas dan simpan baik-baik. Semoga dengan ini anda dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi pilihan anda.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Perguruan Tinggi dalam rangka menerima calon mahasiswa baru. Membahas hal ini, maka admin membedakannya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

A. Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa bentuk Perguruan Tinggi dibedakan menjadi Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, Akademi, dan Akademi Komunitas. Dari beberapa yang telah disebutkan, admin tidak akan membahas keseluruhan. Pada kesempatan ini yang akan dibahas adalah sebagai berikut :

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk Universitas

Universitas dapat dibedakan menjadi Universitas Negeri dan Universitas Islam Negeri (UIN). 

a. Universitas Negeri

Bagi anda yang telah lulus SMA / MA / SMK / Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri, maka ada dapat mengikuti jalur seleksi yang dibuka, yaitu melalui jalur nasional atau jalur mandiri Universitas. Jalur nasional sendiri terbagi lagi menjadi jalur SNMPTN dan SBMPTN. Berikut penjelasannya.

Informasi tambahan : jalur SNBP dan SNBT bukan hanya merupakan jalur masuk ke Universitas Negeri, tetapi jalur masuk ke Institut Negeri juga, misalnya masuk ITB, ITS, IPB, ITERA, dan ITK.

* Pendaftaran SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah seleksi jalur undangan penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Universitas Negeri dan beberapa Institut Negeri di Indonesia.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X semester 1 hingga kelas XII semester 1, serta penilaian prestasi lainnya yang relevan.

Perlu diketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa lulusan tahun ini. Pendaftaran SNBP dilakukan secara online melalui website resminya.

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran SNBP dapat anda baca dengan membuka artikel berikut:

* Pendaftaran SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan mungkin ujian tambahan berupa ujian keterampilan khusus untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Keolahragaan atau Seni.

Siswa-siswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNBT, maka bisa mengkuti seleksi SNBT. Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa lulusan sekolah yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT juga dilakukan secara online, website resmi pendaftarannya. Informasi lengkap mengenai Pendaftaran SNBT dapat anda baca pada artikel berikut :

* Pendaftaran Jalur Mandiri

Jalur mandiri Universitas merupakan jalur mandiri yang dibuka secara lokal oleh Universitas penyelenggara dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur mandiri ini dapat disebut sebagai jalur alternatif karena calon mahasisa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur Mandiri.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara langsung melalui website resmi masing-masing Universitas. Pembahasan lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur mandiri Universitas dapat anda baca pada artikel : Pendaftaran Jalur Mandiri PTN

b. Universitas Islam Negeri (UIN)

Bagi anda lulusan dari sekolah SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri (UIN), maka ada bisa mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri Universitas Islam Negeri (UIN).

Informasi tambahan : jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN bukan hanya jalur seleksi masuk UIN, tetapi jalur masuk IAIN, dan STAIN juga. 

* Pendaftaran SPAN PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi undangan penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN.

Seleksi SPAN-PTKIN dilakukan tanpa melalui ujian tertulis tetapi didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan. Siswa-siswi yang secara konsisten yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SPAN-PTKIN.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih terperinci dapat anda baca pada artikel berikut. Silahkan klik.

* Pendaftaran UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi anda yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN, maka bisa mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN. Atau anda yang telah mengikuti seleksi SPAN-PTKIN tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, maka bisa mengikuti seleksi UM-PTKIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat resminya yaitu www.um-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran UM-PTKIN telah admin rangkum pada artikel diberikut ini.

2. Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk Politeknik Negeri

Bagi anda yang telah lulus dari Sekolah Tingkat Atas (SMA / MA / SMK / sederajat) yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program vokasi atau keahlian, silahkan kuliah di Politeknik. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi.

Beberapa jalur masuk ke Politeknik Negeri yang dapat diikuti diantaranya jalur SNBP, SNBT, jalur kerjasama, dan jalur mandiri Politeknik Negeri. 

Penjelasan jalur SNBP dan SNBT sama seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk keterangan mengenai jalur kerjasama dan jalur mandiri di bawah ini.

* Pendaftaran Jalur Kerjasama

Politeknik Negeri juga membuka jalur kerjasama dengan Perusahaan pemerintah atau swasta dalam menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur kerjasama yang dibuka oleh Politeknik Negeri contohnya yaitu jalur kerjasama PT. PLN dan jalur kerjasama PT. GMF AeroAsia. Informasi pendaftaran dapat dilihat di website resmi Politeknik tujuan anda.

* Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri

Jalur seleksi mandiri Politeknik Negeri merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselengarakan secara mendiri oleh Politeknik Negeri. Salah satu tujuan diselenggarakannya jalur mandiri ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di Politeknik Negeri impiannya. Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri Politeknik dapat anda baca pada Pendaftaran Jalur Mandiri Politeknik Negeri.

3. Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Tinggi, maka anda dapat melakukan pendaftaran melalui jalur yang dibukanya. Silahkan anda buka website masing-masing Sekolah Tinggi tujuan anda.

Ada Sekolah Tinggi favorit yang banyak diimpikan oleh pada peserta agar dirinya bisa masuk ke Sekolah Tinggi tersebut, yaitu Sekolah Tinggi Kedinasan yang ikatan dinas ataupun bukan ikatan dinas. Sekolah Tinggi Kedinasan tersebut diantaranya yaitu PKN STAN, POLTEK STIS, STMKG, STSN, STEM Akamigas, STIP, STT-PLN, IPDN, STTD, STPN, STIA-LAN, STIN, dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan kunjungi label Kedinasan di blog ini.

Untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ikatan Dinas tentunya tidak mudah. Banyak sekali yang akan menjadi pesaing anda. Namun anda harus memiliki jiwa optimis untuk dapat diterima di Sekolah Tinggi Ikatan Dinas pilihan anda, tentunya setelah anda mempersiapkan diri sebaik mungkin.

4. Pendaftaran Masuk Akademi

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Ada beberapa Akademi yang menjadi pilihan banyak orang diantaranya adalah Akademi Kepolisian (AKPOL), Akademi Militer (AKMIL), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Pariwisata Medan (Akpar Medan), serta Akademi-akademi lainnya. Untuk mendaftar, silahkan anda akses langsung website resmi masing-masing Akademi yang anda tuju.


Bagi anda yang tidak bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk melalui jalur-jalur yang dibuka oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri, maka anda bisa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkenal di Indonesia.

Untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, maka anda bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibukanya. Jalur masuk ke Perguruan Tinggi Swasta antara lain terdiri dari jalur PMDK, UMB-PTS, Jalur Prestasi, Jalur Kerjasama dan Jalur Mandiri.

1. Pendaftaran Jalur PMDK PTS

PMDK atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan merupakan salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi Swasta yang diperuntukkan bagi calon peserta yang memiliki prestasi akademik atau non akademik. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di website masing-masing PTS.

2. Pendaftaran Jalur Tes Masuk PTS

Jalur tes masuk PTN adalah jalur seleksi yang dibuka oleh PTN untuk menyeleksi calon mahasiswa barnya melalui tes.

Biasanya PTS membuka jalur tes dalam beberapa gelombang. 

Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang tidak lulus gelombang sebelumnya untuk mengikuti gelombang yang masih dibuka. Untuk lebih jelas, silahkan kunjungi website masing-masing PTS.

Berikut ini admin berikan daftar beberapa PTS yang ada di Indonesia :

Berdasarkan penjelasan yang telah admin uraikan dari awal sampai akhir, mudah-mudahan bisa memberikan gambaran bagi anda untuk menentukan tempat kuliah yang tepat tentunya yang berguna untuk masa depan anda. Tentukanlah kesuksesan anda dari sekarang.

Rekomendasi Bacaan:
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru Masuk PTN, PTS, Politeknik Negeri, dan Kedinasan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan nantinya bisa diterima menjadi Perguruan Tinggi pilihan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.