Pendaftaran Online STIP Jakarta 2024/2025 (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

stipjakarta.dephub.go.id 2024 -- Pendaftaran STIP Jakarta, Sipencatar STIP Jakarta, PMB STIP Jakarta, Pendaftaran Ikatan Dinas STIP Jakarta, Seleksi Penerimaan Calon Taruna Baru STIP Jakarta, Pembukaan Penerimaan Sipencatar STIP Jakarta, Pendaftaran Online STIP Jakarta, Panduan Pendaftaran Online STIP Jakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Online STIP Jakarta 2024/2025 (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Jakarta adalah Ibu Kota Negara Indonesia. Di Jakarta terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi seperti UIN Jakarta, UPN Veteran Jakarta, UNJ, PNJ, Polimedia, STIP Jakarta, dan masih banyak lainnya.

STIP Jakarta atau Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta  adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di Jakarta yang merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI.

Sejarah singkat mengenai STIP Jakarta yaitu STIP telah berdiri sejak tahun 1953 sebagai Akademi Ilmu Pelayaran, kemudian pada tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP), selanjutnya bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) hingga saat ini.

Lokasi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta terletak di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta-Utara,14150, Indonesia.

Pada saat ini, STIP Jakarta telah menyelengarakan beberapa program studi yaitu :
  • Diploma IV Jurusan Nautika
  • Diploma IV Jurusan Teknika
  • Diploma IV Jurusan Ketatalaksanaan & Kepelabuhanan

Itulah sedikit informasi tentang STIP Jakarta. Mungkin dari sedikit informasi tersebut bisa menambah wawasan anda tentang STIP Jakarta terutama bagi anda yang ingin kuliah di STIP Jakarta.

Pada tahun ini, STIP Jakarta kembali memberikan kesempatan kepada putra putri Indonesia untuk menjadi calon taruna baru STIP Jakarta melalui proses penerimaan atau pendaftaran jalur ikatan dinas (pola pembibitan)

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri, maka terlebih dahulu harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran. Berikut persyaratan pendaftarannnya.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan
  1. Program Studi D.IV Nautika :
    • SMU/MA : (IPA) 
    • SMK Pelayaran Kapal Niaga (Nautika Kapal Niaga).
  2. Program Studi D.IV Teknika :
    • SMU/MA (IPA)
    • SMK Pelayaran Kapal Niaga (Teknika Kapal Niaga), SMK Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).
  3. Program Studi D.IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan) :
    • SMU/MA (IPA dan IPS) 
    • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain persyaratan ijazah kelulusan di atas, persyaratan pendaftaran juga harus dipenuhi oleh calon taruna / taruni baru. Untuk mengetahui apa saja persyaratan pendaftarannya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.
C. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk tata cara pendaftaran, dapat di baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Jenis dan Tahapan Seleksi

Calon taruna baru yang ingin lulus seleksi masuk STIP Jakarta harus melewati beberapa jenis dan tahapan seleksi seperti urutan berikut ini :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

                E. Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Tes

                Jadwal pendaftaran dibuka bersamaan dengan sekolah kedinasan lainnya di bawah kementerian perhubungan. Jadwal pendaftaran bisa dilihat pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah. Lokasi tes juga bisa dilihat pada artikel tersebut.

                Penting!!!
                Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STIP Jakarta di alamat stipjakarta.dephub.go.id
                Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

                Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke STIP Jakarta. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.

                Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.