Pendaftaran Online UMM 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Malang)

pmb.umm.ac.id 2024 -- PMB UMM, Pendaftaran Online UMM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa UMM, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMM, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UMM, Pendaftaran Kuliah UMM, Jalur Masuk UMM, Jalur Undangan, Jalur Reguler, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang  Pendaftaran Online UMM 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Malang). Sebelum membahas lebih lanjut, admin akan mengawali dengan pembahasan singkat mengenai kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

 http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang atau yang disingkat dengan UMM merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terfavorit yang berada di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki 3 (tiga) lokasi kampus yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. 

Moto dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah "Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa". Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah didirikan pada 1964. Akreditas untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah "A".

Beberapa program pendidikan yang telah diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yaitu sebagai berikut :

Program Diploma terdiri dari program studi :
  • D3 Keuangan dan Perbankan, D3 Elektro, D3 Keperawatan

Program Sarjana (S1) terdiri dari program studi :
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), Ahwal Al-Syakhshiyah (Syari'ah) (terakreditasi B), dan Ekonomi Syari'ah
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi : Ilmu Kesejahteraan Sosial (KESOS), Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, dan Ilmu Hubungan Internasional (HI).
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi : Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi : Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD).
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, dan Teknik Informatika.
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan terdiri dari program studi : Agroteknologi / Agronomi, Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis), Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Kehutanan, Peternakan, dan Budidaya Perairan (Perikanan).
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi : Psikologi, Fakultas Hukum,Ilmu Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Pendidikan Dokter.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi : Ilmu Keperawatan, Farmasi, dan Fisioterapi

Program Magister (S2) terdiri dari program studi
  • Magister Manajemen, Magister Agama Islam, Magister Hukum, Magister Kebijakan Pendidikan, Magister Psikologi Sains, Magister Sosiologi, Magister Agribisnis, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Program Doktoral (S3) terdiri dari program studi : 
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Profesi terdiri dari program studi :
  • Dokter (dr.), Perawat / Profesi Ners (Ns.), Farmasi, Akuntansi / Profesi Akuntan (Ak.), Pendidikan Advokad, Fisioterapis (Physio), dan Psikolog (M.Psi).

Itulah sekilas informasi tentang Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Baiklah kita kembali lagi kepembahasan awal kita yang akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Pada tahun ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan dan jalur reguler.

Bagi anda yang berminat untuk kuliah di UMM, maka dapat mengikuti salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut. Persiapkan diri anda sebaik mungkin untuk menghadapi ujian seleksi agar hasil positif yang anda inginkan bisa terkabulkan. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran Online Jalur Undangan UMM

Jalur Undangan merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi unggul di sekolah. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan pihak sekolah untuk menyeleksi siswa yang berprestasi tersebut dengan didasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya.

Jalur undangan ini disebut juga jalur tanpa tes karena memang seleksinya dilakukan tanpa tes yaitu denga mengunakan nilai raport dan prestasi yang dimiliki siswa.

Siswa yang memenuhi kriteria yang ditentukan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bisa dinyatakan lulus, dan bagi siswa yang tidak lulus seleksi jalur reguler, maka bisa mengikuti seleksi jalur reguler.

Langkah-langkah Pendaftaran Online Jalur Undangan
  1. Buka alamat http://online.pmb.umm.ac.id/undangan/
  2. Pengisian formulir pendaftaran online yang terdiri dari  Identitas Diri, Data Sekolah, nilai dan pilihan jurusan, Data Orang Tua Kandung dan Penanggung Jawab Biaya, dan data lain sesuai formulir online
  3. Setelah mengisi data-data tersebut, silakan menekan tombol "daftar" untuk mencetak halaman form cetak online. PIN dan pilihan jurusan, akan tercantum di form cetak online
  4. Melakukan biaya pendaftaran di Bank BNI dengan mencantumkan nama calon mahasiswa dan PIN di bukti transfer.
  5. Pengiriman Berkas-Berkas yang terdiri dari :
    • bukti transfer pembayaran asli, form cetak online, fotokopi rapot semester 1-5 dilegalisir (khusus lulusan tahun lalu, foto kopy Ijazah yang telah dilegalisir) dan foto 3x4 berwarna (foto wajib berpakaian resmi) sebanyak 2 (dua) lembar, bersama dengan Form Cetak Online dan dimasukkan dalam 1 amplop coklat ditujukan ke UPT. PMB Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, 65144.
    • Khusus Fakultas Ilmu Kesehatan (Farmasi, Ilmu Keperawatan, D3 Keperawatan, Fisioterapi) supaya melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari pihak yang berwenang.

Informasi selengkapnya tentang pendaftaran jalur reguler yang belum dimuat disini maka bisa di lihat di alamat http://pmb.umm.ac.id/

B. Pendaftaran Online Jalur Reguler UMM

Pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru jalur regular Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dilakukan secara online melalui http://online.pmb.umm.ac.id/reguler/ . Pendaftaran dibuka melalui 3 (tiga) gelombang, yaitu :

1. Pendaftaran Online Gelombang 1 UMM

Pendaftar gelombang 1 biasanya adalah mereka yang sangat berharap untuk bisa kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hal ini dapat dilihat ketika pendaftaran dibuka, mereka langsung mendaftarkan diri di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi UMM. Informasi lainnya bisa dilihat pada website tersebut.

2. Pendaftaran Online Gelombang 2 UMM

Untuk calon mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus mengikuti jalur sebelumnya atau gelombang 1, maka pendaftaran online gelombang 2 bisa menjadi alternatif bagi anda. persiapkan diri anda lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi. Pendaftaran dilakukan melalui website resmi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Informasi selengkapnya bisa dilihat pada website tersebut.

3. Pendaftaran Online Gelombang 3 UMM

Pendaftaran gelombang 3 dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu / Yatim Piatu / Bidikmisi / PPUT dan juga untuk memenuhi kuota mahasiswa bila pendaftaran jalur undangan, pendaftar gelombang 1 dan 2 belum memenuhi kuota. Peserta harus melampirkan beberapa persyaratan yang diminta. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada alamat website yang telah diberikan di atas.

Lokasi Ujian

Tempat tes tertulis dan tes wawancara semua gelombang dari gelombang 1, gelombang 2, sampai gelombang 3 dilaksanakan di kampus III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tata Cara Pendaftaran Online Jalur Reguler
  1. Buka alamat http://online.pmb.umm.ac.id/reguler
  2. Isilah formulir pendaftaran online berupa : Identitas Diri, Data Orang Tua Kandung dan Penanggung Jawab Biaya, dan Data Sekolah, serta data lainnya sesuai formulir online
  3. Setelah selesai mengisi data, silakan menekan tombol submit untuk mencetak halaman form cetak online. Nomor Online dan pilihan jurusan, akan tercantum di form cetak online
  4. Kemudian membayar biaya pendaftaran di BNI dengan mencantumkan nama calon mahasiswa dan nomor online di bukti transfer.
  5. Selanjutnya mengirmi berkas pendaftaran berupa : 
    • bukti transfer pembayaran asli, rapot semester 5 (untuk lulusan tahun ini) / foto copy Ijazah (untuk lulusan 2 tahun yang lalu) yang telah dilegalisir dan foto 3x4 berwarna (foto wajib berpakaian resmi) sebanyak 2 (dua) lembar, bersama dengan Form Cetak Online dan dimasukkan dalam 1 amplop coklat ditujukan ke UPT. PMB Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang, 65144
    • Khusus pendaftar Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan (Farmasi, Ilmu Keperawatan, D3 Keperawatan, Fisioterapi) supaya melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari pihak yang berwenang.

C. Pendaftaran Bidikmisi UMM

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. UMM akan menyalurkan Bidikmisi kepada calon mahasiswa barunya yang biasanya dibuka pada gelombang ke 3.

Prosedur pendaftaran Bidikmisi ini sama dengan pendaftaran jalur Reguler. Bedanya, calon mahasiswa harus melengkapi sejumlah berkas keterangan tidak mampu.

Kelengkapan berkas tersebut di antaranya :
  • Fotokopi kartu keluarga (KK) 1 lembar; fotokopi ijazah pendidikan orang tua maksimal S1 atau Diploma VI 1 lembar; Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa atau kelurahan disertai bukti gaji atau penghasilan orang tua 1 lembar; Surat pengantar dari sekolah (ijin Bidikmisi) 1 lembar; bukti pembayaran rekening listrik terbaru 1 lembar, serta; foto terbaru tempat tinggal (rumah tinggal) yang diketahui RT.

Penting!!!
Untuk informasi yang belum dimuat disini maka dapat anda lihat secara langsung melalui alamat website resmi PMB UMM yaitu pmb.umm.ac.id . Selain itu, apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMM.


Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UMM. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam mendapatkan informasi pendaftaran online masuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UMM. Selain itu, admin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.