Pendaftaran Online UMY 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

admisi.umy.ac.id 2024 -- PMB UMY, Pendaftaran UMY Online, Penerimaan Mahasiswa Baru UMY, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMY, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UMY, Pendaftaran Kuliah UMY, Jalur Masuk UMY :  Tanpa Tes, PMDK, PSB, PBUP, PNUAN, Tes, CBT, PBT, Mandiri. Bidikmisi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. UMY. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online UMY 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Admin akan memberikan pembahasan tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terutama jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sedikit informasi tentang kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang disingkat dengan UMY merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Yogyakarta, Indonesia, tepatnya beralamatkan di Jl. Lingkar Selatan,Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki moto yaitu "Unggul dan Islami". Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah didirikan pada 1 Maret 1981.

Fakultas dan Akreditasi Program Studi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk program

Program Studi Jenjang Diploma-III dan Sarjana (S1) adalah sebagai berikut:
  • Politeknik (D3) terdiri dari Teknik Elektromedik, Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur, dan Akuntansi Terapan.
  • Fakultas Agama Islam (S1) terdri dari Pendidikan Agama Islam, Komunikasi & Konseling Islam, dan Ekonomi dan Perbankan Islam.
  • Fakultas ISIPOL (S1) terdiri dari Ilmu Hubungan Internasional : Kelas Reguler dan Kelas Internasional (IPIREL), Ilmu Pemerintahan : Kelas Reguler dan Kelas Internasional (IGOV), dan Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Pendidikan Bahasa (S1) terdiri dari Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, dan Pendidikan Bahasa Jepang.
  • Fakultas Ekonomi (S1) terdiri dari Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi : Kelas Reguler dan Kelas Internasional (IPIEF).
  • Fakultas Hukum (S1) terdiri dari Ilmu Hukum : Kelas Reguler dan Kelas Internasional (IPOLS).
  • Fakultas Pertanian (S1) terdiri dari Agroteknologi dan Agribisnis.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknologi Informasi.
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdiri dari Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi.

Program Studi Jenjang Program Magister (S2)
  • Terdiri dari Magister Manajemen, Magister Studi Islam, Magister Ilmu Pemerintahan, Magister Manajemen Rumah Sakit, Magister Ilmu Hukum, Magister Keperawatan, Magister Ilmu Politik & Hubungan Internasional.

Program Studi Jenjang Program Doktor (S3)
  • Terdiri dari Psikologi Pendidikan Islam, dan Politik Islam.

Itulah sekilas informasi mengenai Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang akan melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Baiklah kita kembali lagi ke pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada tahun ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui dua jalur, yaitu jalur tes maupun jalur tanpa tes. Jalur tanpa tes yang dimaksud adalah jalur PMDK, jalur PSB, jalur PBUP, dan jalur PNUAN. Sedangkan jalur tes yaitu jalur PBT dan jalur CBT.

Sebelum membahas lebih rinci tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UMY, anda harus membaca ketentuan umum pendaftaran UMY berikut ini.

Ketentuan Umum mengikuti Jalur Tanpa Tes (JTT) atau Jalur Tes (JT)
  • Siswa yang sedang menduduki kelas XII (dua belas) SMA/SMK/MA atau sederajat yang akan lulus atau sudah lulus pada tahun ini. (*JTT)
  • Siswa diperbolehkan memilih 2 (dua) program studi dalam 1 (satu) kelompok IPA, IPS, atau IPC. (*JTT dan *JT)
  • Program studi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA. (*JTT dan *JT)
  • Program studi Farmasi hanya menerima siswa SMA/MA jurusan IPA dan Sekolah Menengah Farmasi (SMF). (*JTT dan *JT)
  • Tinggi badan minimal untuk laki-laki 155 cm dan perempuan 150 cm untuk masuk ke Program studi Ilmu Keperawatan (PSIK). (*JTT dan *JT)
  • Program studi Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro hanya menerima siswa SMA dari jurusan IPA atau dari SMK jurusan Eksakta. (*JTT dan *JT)
  • Program studi Teknik Elektromedik (D3) hanya menerima siswa SMA dari jurusan IPA atau dari SMK jurusan Eksakta. (*JTT dan *JT)

Itulah sekilas informasi tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang telah disebutkan diatas.

A. Pendaftaran Online Jalur Tanpa Tes UMY

Seperti yang telah disebutkan bahwa jalur penerimaan calon mahasiswa baru tanpa tes yang dibuka oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terdiri dari jalur PMDK, jalur PSB, jalur PBUP, dan jalur PNUAN. Jalur tanpa tes ini diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus tahun ini (jalur PMDK, jalur PSB, dan jalur PBUP) dan yang telah dinyatakan lulus tahun (jalur PNUAN). Berikut uraian selengkapnya.

1. Pendaftaran Online Jalur PMDK UMY

Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) adalah salah satu jalur tanpa tes masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang ditujukan untuk siswa yang memiliki Minat atau Kemampuan dibidang tertentu. Seleksi jalur PMDK ini didasarkan pada kemampuan akademik siswa yang dilihat dari nilai raport dari kelas X sampai kelas XII semester 1.

Persyaratan Jalur PMDK
  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Melampirkan berkas-berkas seperti :
    • Fotokopi raport dari kelas X s.d kelas XII semester 1 yang telah dilegalisir
    • Pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar (ditempelkan pada formulir)
    • Fotokopi sertifikat bukti prestasi non akademik, 
    • Fotokopi nilai UAN SMP yang dilegalisir (khusus Pendaftar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan).

2. Pendaftaran Online Jalur PSB UMY

Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB) merupakan jalur tanpa tes untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang seleksinya didasarkan pada berbagai prestasi seperti oleh raga, seni, karya ilmiah dan lainnya yang telah dimiliki siswa.

Siswa tersebut pernah menjadi juara atau finalis di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Persyaratan yang harus dipenuhi jalur PSB sama dengan jalur PMDK. (lihat kembali di atas).

3. Pendaftaran Online Jalur PBUP UMY

Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP) merupakan salah satu jalur tanpa tes untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang ditujukan bagi siswa yang aktif dalam organisasi Muhammdiyah seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci, dan Hizbul Wathan (HW).

Persyaratan untuk mengikuti jalur PBUM ini sama dengan jalur PMDK, tetapi tidak perlu melampirkan sertifikat bukti prestasi non akademik. Dan ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi yaitu Surat rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat, Fotokopi kartu anggota organisasi, dan Surat keterangan aktif sebagai pengurus dari pimpinan organisasi.

4. Pendaftaran Online Jalur PNUAN UMY

Penerimaan Berdasar Nilai UAN (PNUAN) merupakan salah satu jalur tanpa tes masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang seleksinya didasarkan pada hasil Nilai UN siswa.

Standart nilai UN yang ditentukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah 7,0 untuk semua mata pelajaran kecuali bidang Kedokteran dan Farmasi, nilai bahasa inggris untuk kelas internasional minimal 7,5.

Persyaratan Jalur PNUAN
  • Siswa lulusan SMA / SMK / Sederajat yang akan lulus tahun ini
  • Mengisi formulir pendaftaran dan ditempel pas foto hitam putih berukuran 3 x 4.
  • Melampirkan fotokopi nilai UAN SMA / SMK/ Sederajat yang telah dilegalisir.

B. Pendaftaran Online Jalur Tes UMY

Seperti yang telah disebutkan bahwa Jalur Tes untuk penerimaan mahasiswa baru masuk ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terdiri dari dua jalur yaitu jalur jalur PBT dan jalur CBT. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya anda menyiapkan beberapa persyaratannya terlebih dahulu.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Tes (Jalur CBT dan Jalur PBT)
  • Membayar biaya pendaftaran melalui Bank yang telah ditunjuk.
  • Menyiapkan Pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi ijazah SMA / MA / SMK / Sederajat yang telah dilegalisir atau fotokopi raport sebanyak 1 lembar
  • Kartu identitas seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar ASLI
  • Fotokopi raport / hasil TOEFL (khusus Prodi Hubungan Internasional kelas internasional)

1. Pendaftaran Online Jalur PBT UMY

Paper Based Test (PBT) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UMY yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis. Jalur PBT direncanakan akan dibuka melalui tiga gelombang. Jadi yang tidak diterima pada gelombang pertama, maka bisa mengikuti ujian gelombang kedua atau ketiga.

2. Pendaftaran Online Jalur CBT UMY

Computer Based Test (CBT) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya menggunakan komputer. Jalur ini lebih dikenal dengan jalur One Day Service, maksudnya calon mahasiswa yang datang ke kampus UMY mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru, kemudian mengikuti ujian seleksi menggunakan komputer, dan hasil seleksi langsung bisa dilihat setelah ujian seleksi selesai. Semua proses pendaftaran sampai ke pengumuman dilakukan dalam satu hari.

Penting!!!
Itulah informasi mengenai jalur-jalur masuk UMY tahun ini, untuk informasi yang belum dimuat disini silahkan langsung dilihat pada website resmi UMY pada alamat www.umy.ac.id . Apabila ada perubahan informasi maka dapat dilihat pada alamat tersebut.

C. Pendaftaran Online Bidikmisi UMY

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang berkeinginan untuk kuliah di UMY akan dibantu dengan pemberian biaya pendidikan yang di sebut dengan Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui situs resmi Bidikmisi Kemenristek Dikti yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi bisa dilihat di situs resmi UMY di alamat www.umy.ac.id

Untuk informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang telah kami siapkan pada judul Pendaftaran Online Bidikmisi atau Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang jalur-jalur Pendaftaran Online UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dna nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Terima kasih atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan salam sukses.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih.