Pendaftaran Online UMS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

pmb.ums.ac.id 2024 -- PMB UMS, Pendaftaran UMS Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMS, Penerimaan Mahasiswa Baru UMS, Info Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana / Profesi UMS, Jalur Seleksi Masuk UMS, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online UMS 2024/2025 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat membantu anda dalam proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Muhammadiyah Surakarta atau disingkat UMS adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah didirikan pada tanggal 18 September 1958.

Fakultas dan Program Studi Diploma dan Sarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pend. Akuntansi, Pend. Kewarganegaraan, Pend. Bahasa dan Satra Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pend. Anak Usia Dini (PAUD), Pend. Geografi, Pend. Teknik Informatika
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Mesin, Sipil, Elektro, Arsitektur, Kimia, Industri
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi
  • Fakultas Geografi terdiri dari Program Studi Geografi
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari Program Studi Pend. Agama Islam (Tarbiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Syariah), Ilmu Al Qur’an & Tafsir
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari Program Studi Keperawatan (S1), Gizi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Fisioterapi (S1), Fisioterapi (D3)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (S1)
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (S1)
  • Fakultas Komunikasi dan Informatika terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Informatika

Program Profesi
  • Apoteker, Psikologi Profesi, Advokat, Ners, Profesi Dokter, Profesi Dokter Gigi dan Profesi Ners Rumah Sakit.

Program Magister
  • Pemikiran Islam, Manajemen, Ilmu Hukum, Manajemen Pendidikan, Teknik Sipil, Pengkajian Bahasa, Sains Psikologi, Pendidikan Islam, Hukum Islam, Teknik Mesin, Farmasi, Akuntansi.

Progam Doktor
  • Ilmu Hukum

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang dapat anda pilih saat mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 

Ketika akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru, maka anda harus memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran dan harus memenuhinya. Persyaratan pendaftaran dapat dilihat pada masing-masing program pendidikan yang akan anda tempuh.

Ada beberapa jenjang program penerimaan mahasiswa baru yang dapat anda ikuti ketika ingin masuk ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yaitu sebagai berikut :

1. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Sarjana di UMS, maka harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Calon mahasiswa disarankan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui alamat pendaftaran online di regpmb.ums.ac.id
  2. Apabila calon mahasiswa mengalami kesulitan dalam mendaftar secara online, maka dapat mendaftar secara langsung di Gedung Admisi untuk mengisi data diri secara lengkap di terminal komputer yang disediakan.
  3. Calon mahasiswa menyerahkan foto kopi Ijazah (Surat Tanda Kelulusan, STTB) yang telah dilegalisir dan NEM / UNAS sebanyak 1 lembar.
  4. Calon mahasiswa yang belum memiliki STTB/NEM/UNAS dapat menyerahkan di kemudian hari setelah masuk kuliah. Penyerahan dilakukan di Biro Administrasi Akademik UMS.
  5. Calon mahasiswa menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  6. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran
  7. Calon mahasiswa menunjukkan kartu identitas diri asli (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor). Jika menggunakan surat pengantar, pastikan pasfoto terkena stempel dari instansi yang menerbitkan surat pengantar.
  8. Tambahan syarat untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum: surat keterangan sehat mental dari dokter ahli jiwa rumah sakit dan harus berasal dari SMA/MA jurusan IPA

Itulah persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon mahasiswa baru. Selanjutnya anda dapat mengikuti seleksi ujian dengan mengikuti tes masuk UMS.

Tes masuk Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk program sarjana dilakukan dengan 2 cara, yaitu : tes menggunakan komputer (Computer Based Test) dan bebas tes / tanpa tes.

a. Computer Based Test

Tes menggunakan komputer adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang penentuan kelulusannya didasarkan pada hasil tes setelah calon mahasiswa menyelesaikan sejumlah soal yang tersedia di dalam komputer. Nilai tes dihitung berdasarkan soal yang dijawab dengan benar, dan tidak ada pengurangan nilai untuk soal tes yang dijawab salah.

Selain mengikuti tes menggunakan komputer, calon mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Geografi, Fakultas Farmasi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi PAUD, dan Program Studi Pendidikan Geografi diharuskan menjalani tes kesehatan. Biaya tes kesehatan sebesar Rp 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).

Pada jalur tes ini, nilai rapor tidak menjadi faktor penentu kelulusan. Penentuan kelulusan sepenuhnya didasarkan pada hasil jawaban benar pada saat menyelesaikan soal di komputer.

Materi Tes

Materi tes yang akan diujikan kepada calon mahasiswa terdiri dari berbagai disipIlin ilmu, diantaranya adalah:
  • Agama Islam, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Potensi Akademik (TPA), Logika Bahasa, Logika Numerik, Logika Gambar, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, PKn / Tata Negara, Geografi, dan Sejarah / Antropologi.
Catatan :
  • Calon mahasiswa non-Muslim tidak menempuh tes agama Islam.
  • Tes kesehatan dapat berupa tes tinggi badan, buta warna atau yang lain tergantung Fakultas atau Program Studi yang dituju.

Kaitan Peserta Tes, Program Studi, dan Kelompok Ujian

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPS
  • Pend. Akuntansi, Pend. Kewarganegaraan
  • Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan
  • Hukum
  • Psikologi
  • Pend. Agama Islam (Tarbiyah), Hukum Ekonomi Syariah (Syariah), Ilmu Al Qur’an & Tafsir

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPA
  • Pend. Matematika, Pend. Biologi
  • Sipil, Mesin, Arsitektur, Elektro, Kimia, Industri
  • Farmasi
  • Keperawatan (S1), Gizi (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Fisioterapi (S1)
  • Fisioterapi (D3)
  • Kedokteran, Pend. Dokter Gigi (peserta dengan pilihan Program Studi Kedokteran wajib berasal dari SMA jurusan IPA)
  • Informatika

Peserta tes dengan pilihan Program Studi berikut ini akan mendapat soal kelompok IPC:
  • Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Pend. Geografi, PAUD, PGSD
  • Geografi
  • Ilmu Komunikasi

One Day Service

Pelayanan pendaftaran yang digunakan oleh UMS yaitu One Day Service. One Day Service atau pelayanan dalam satu hari yang dimaksud dalam sistem penerimaan mahasiswa baru UMS yaitu pendaftaran peserta tes, pelaksanaan tes masuk, dan pengumuman kelulusan dapat ditempuh dalam waktu hanya satu hari.

Calon peserta datang ke gedung admisi UMS untuk mendaftarkan diri dengan mengisi data pendaftaran dan menyerahkan berkas-berkas pendaftaran

Selanjutnya peserta dapat langsung mengikuti ujian seleksi yang materinya telah disiapkan dalam komputer (Computer Based Test

Setelah menyelesaikan soal tes, kemudian panitia akan memeriksa hasil jawaban yang telah dikerjakan oleh calon mahasiswa. Selanjutnya panitia akan mengumumkan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes.

Itulah yang dinamakan sistem One Day Service yang saat ini dijalankan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai sistem pelayanan penerimaan mahasiswa baru.

Selain pelayanan One Day Service di kampus UMS, UMS juga menyelenggarakan pelayanan One Day Service di luar kampus UMS dengan menggunakan bis ODS.

Bis ODS telah dilengkapi dengan fasilitas ujian masuk UMS dimana didalam mobil tersebut mamp menampung 15 calon mahasiswa. Ujian di bis ODS sama dengan ujian di kampus UMS dilihat dari segi tingkat kesulitan soal, prosedur ujian dan administrasi ujian lainnya. 

Untuk itu, bagi calon mahasiswa yang tidak bisa datang ke kampus UMS, dapat melakukan tes secara lokal pada saat bis ODS mengunjungi kotamu.

Untuk anda yang telah melakukan pendaftaran secara online, maka anda dapat mengikuti ujian tes sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh panitia Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 

b. Tanpa Tes / Bebas Tes

Ada jalur spesial yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yang berprestasi, yaitu jalur tanpa tes. Calon mahasiswa yang memiliki NEM / UNAS dengan nilai rata-rata 8,20 atau lebih berhak dinyatakan lolos tes (tidak perlu mengikuti tes tertulis / tes menggunakan komputer).

Calon mahasiswa cukup melakukan pendaftaran dengan memenuhi syarat pendaftaran dan dapat langsung melakukan registrasi. Jumlah calon yang bebas tes dibatasi oleh daya tampung, sehingga berlaku mekanisme siapa cepat dia dapat.

Mekanisme penerimaan tanpa tes tidak berlaku untuk Program Studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa program studi lain yang telah ditentukan.

2. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Transfer UMS

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Transfer UMS diperuntukkan bagi Program Transfer Ilmu Kesehatan seperti Gizi, Fisioterapi, Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat.

Program Transfer diperuntukkan dari lulusan D3 lanjut ke S1, dan dari perguruan tinggi lain ke FIK UMS. Bagi Alumni UMS dikenakan dana pengembangan 50% dari dana pengembangan mahasiswa baru. Informasi lebih lanjut hubungi 0271-717417 Ext. 323

3. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi UMS

Selain program transfer, UMS juga membuka penerimaan mahasiswa baru program profesi. Penerimaan mahasiswa baru program profesi ini diperuntukkan bagi program profesi berikut : Apoteker, Psikologi Profesi, Advokat, Ners, Profesi Dokter, Profesi Dokter Gigi dan Profesi Ners Rumah Sakit. Keterangan lebih lanjut dapat anda lihat langsung diweb resmi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 

4. Penerimaan Mahasiswa Baru PPs UMS Program Magister (S2)

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di UNS, maka harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Memiliki Ijazah dan transkrip nilai S1 dari perguruan tinggi negeri atau swasta;
  2. Indeks Prestasi Kumulatif Sarjana S1 ≥ 2,50;
  3. Membayar uang pendaftaran dan seleksi masuk Rp. 500.000,-;
  4. Pembayaran / Transfer ke Bank Jateng Cabang UMS No Rek 3-059-22854-3 a.n UMS Pasca/Prof. Dr. K Dimyati
  5. Foto copy KTP 1 lembar.
  6. Pasfoto ukuran 2 x 3 cm dan 3 x 4 cm masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar;
  7. Surat izin/tugas belajar dari instansi, jika pelamar telah bekerja (rangkap 2);
  8. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik (formulir disediakan);
  9. Daftar Riwayat Hidup (formulir disediakan)
  10. Lulus tes masuk
  11. Menyerahkan bukti pendaftaran online dari http://local.reg.pmb.ums.ac.id/ (internet dari lingkungan intern kampus) atau https://regpmb.ums.ac.id/form-pendaftaran (dari luar kampus).

Materi Tes
  • Tes Potensi Akademik (TPA) UUOPT BAPPENAS
  • Wawancara

Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahakan baca di situs resmi UMY di alamat di atas.

5. Penerimaan Mahasiswa Baru PPs UMS Program Doktor (S3) Ilmu Hukum

Untuk anda yang ingin kuliah jenjang S3 di UMS, maka harus dapat memenuhi persyaratan berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus Sarjana (S1) dan Magister (S2) Ilmu Hukum
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang S1 minimal 3,00 dan jenjang S-2 minimal 3,25
  3. Membayar uang pendaftaran dan seleksi masuk
  4. Pembayaran / Transfer ke Bank Jateng Cabang UMS No Rek 3-059-22854-3 a.n UMS Pasca/Prof. Dr. K Dimyati
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran yang dilampiri :
    • Surat Rekomendasi Akademik dari 2 (dua) orang yang mengetahui latar belakangakakademik calon
    • Fotocopy Ijazah S-1 dan S-2 serta transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang masing-masing 1 (satu) lembar
    • Pasfoto ukuran 4 x 6 cm dan 3 x 4 cm masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar
    • Draft Proposal Penelitian untuk penulisan Disertasi, lebih diprioritaskan pada temuan-temuan baru, otentik dan layak dijadikan fokus Disertasi ( diketik 1,5 spasi, kertas kuarto 80 gsm, maksimal 20 halaman)
    • Daftar Riwayat Hidup
    • Surat Keterangan Bea Siswa dari sponsor (jika ada)
    • Karya ilmiah atau artikel yang pernah dipublikasikan pada Jurnal Hukum Terakreditasi atau di International Journal
    • Karya ilmiah berupa hasil penelitian (jika ada)
    • Karya ilmiah berupa buku yang ber ISBN (jika ada)

Materi Tes
  • Tes Potensi Akademik (TPA) UUOPT BAPPENAS
  • Wawancara
  • Kelayakan Proposal

Itulah informasi yang dapat anda bagikan kepada anda mengenai Pendaftaran Online UMS. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka  yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMS.

Baca Juga :

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UMS dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.