Informasi Pendaftaran UM PTKIN 2024/2025 (Jadwal, Syarat, Alur, Daftar PTKIN, Dll)

um.ptkin.ac.id 2024 -- PMB Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran UM-PTKIN Online, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Tata Cara Pendaftaran Online UM-PTKIN, Informasi Pendaftaran Online UM-PTKIN, Seleksi Jalur Ujian Tertulis UM-PTKIN, Jalur Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTKIN). 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan pembahasan tentang Informasi Pendaftaran UM PTKIN 2024/2025 (Jadwal, Syarat, Alur, Daftar PTKIN, Dll). Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di kampus PTKIN yang masuk melalui jalur UM PTKIN. Untuk mengetahui informasi apa saja yang akan dibahas, mari ikuti ulasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/panduan-pendaftaran-online-um-ptkin.html

Sebelum membahas lebih lanjut, admin ingin memberikan persamaan persepsi tentang UM-PTKIN dan UM-PTAIN. Mungkin sebagian dari kalian menyebut jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan sebutan UM-PTKIN dan ada pula yang menyebut dengan UM-PTAIN. 

Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama, sehingga tidak perlu dipermasalahkan. Agar memiliki pandangan yang sama, maka disini kita gunakan kata UM-PTKIN.

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi jalur UM-PTKIN merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil ujian tulis SSE

Calon mahasiswa yang memenuhi kriteria yang ditentukan oleh panitia UM-PTKIN, maka memiliki kemungkinan besar bisa diterima melalui jalur UM-PTKIN.

Serangkaian proses pendaftaran di jalur UM-PTKIN ini diadakan setelah pengumuman SPAN-PTKIN. Untuk kalian yang tidak lulus seleksi SPAN-PTKIN maka bisa mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN. 

Tidak seperti jalur SPAN-PTKIN yang hanya bisa diikuti oleh siswa yang berprestasi saja, maka untuk jalur UM-PTKIN bisa diikuti oleh semua siswa yang telah lulus jenjang SLTA dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Langsung saja kita akan membahas tentang Informasi Pendaftaran UM-PTKIN yang akan diuraikan menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu persyaratan pendaftaran UM-PTKIN, tata cara pendaftaran online UM-PTKIN, jadwal pelaksanaan UM-PTKIN, jumlah program studi dan PTKIN pilihan, dan daftar nama-nama UM-PTKIN se-Indonesia. Berikut informasi selengkapnya.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

                          B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN

                          1. Pendaftaran dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                          1. Daftar Akun
                            • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
                          2. Isi Data
                            • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
                          3. Password
                            • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
                          4. Login
                            • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
                          5. Cetak Invoice
                            • Cetak invoice tagihan pembayaran
                          6. Pembayaran
                            • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

                          2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                          1. Login
                            • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
                          2. Unggah Foto
                            • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
                          3. Pilih Prodi
                            • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
                          4. Titik Lokasi Ujian
                            • Calon peserta memilih titik lokasi ujian
                          5. Cetak Kartu
                            • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
                          6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
                            • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

                          Penjelasan rinci mengenai alur dan tata cara pendaftaran baca di : Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN

                          C. Biaya Pendaftaran UM-PTKIN

                          Pada saat akan melakukan pembayaran, anda perlu membawa KTP / SIM / KK. Karena nantinya nomor pada kartu tersebut akan berguna untuk melakukan proses pembayaran.

                          Peserta UM-PTKIN harus membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN melalui Bank BNI sebesar Rp. 200.000,- Belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account. Setelah membayar, maka akan mendapatkan User ID dan password untuk login pendaftaran online.

                          D. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN
                          1. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA / MA / Sederajat)
                          2. Lulus UM-PTKIN tahun ini
                          3. Sehat jasmani dan rohani
                          4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
                          5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.

                          E. Materi ujian UM-PTKIN

                          1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
                          • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
                          • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
                          • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

                          2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

                          3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

                          4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

                          F. Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN
                          • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
                          • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
                          • Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.

                          G. Tipe Ujian UM-PTKIN

                          Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

                          H. Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN

                          I. Daftar nama PTKIN se-Indonesia pada UM-PTKIN

                          Admin akan memberikan nama-nama PTKIN se-Indonesia yang telah tergabung dalam UM-PTKIN. Berikut informasi selengkapnya

                          * Daftar PTKIN Zona I

                          Daftar PTKIN Zona II

                          Daftar PTKIN Zona III

                          Daftar PTKIN Zona IV

                          Daftar PTKIN Zona V

                          Daftar PTKIN Zona VI

                          Catatan : Jika ada perubahan jadwal atau ketentuan lain, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UM-PTKIN.
                          Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Informasi Pendaftaran UM PTKIN (Jadwal, Syarat, Alur, Daftar PTKIN, Dll). Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN.

                          Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

                          Admin turut mendoakan semoga anda bisa diterima di PTKIN pilihan anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa sukses semuda mungkin. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.