Pendaftaran Online UAI 2024/2025 (Universitas Al Azhar Indonesia)

penerimaan.uai.ac.id 2024 -- PMB UAI, Pendaftaran UAI Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UAI, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UAI, Pendaftaran Kuliah UAI, Jalur Pendaftaran Online UAI, PMDK, Tes Tertulis, Jalur Khusus, Jalur Beasiswa, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), 2026. 2027.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UAI 2024/2025 (Universitas Al Azhar Indonesia). Informasi ini diberikan dengan harapan dapat membantu anda dalam melakukan proses pendaftaran di UAI. Informasi selengkapnya dapat anda simak dibawah ini.


Universitas Al Azhar Indonesia atau disingkat UAI adalah salah satu Universitas Swasta (PTS) di Indonesia yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) telah didirikan sejak bulan Agustus tahun 2000.

Fasilitas pendukung yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa diantaranya adalah :
  • Perpustakaan, Pusat Komputer dan Sistem Informasi, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komunikasi, Laboratorium Hubungan Internasional, Laboratorium Peradilan Semu, Laboratorium Teknik, Laboratorium Teknik Informasi, Laboratorium Teknik Elektro, Laboratorium Teknik Industri, Laboratorium Biologi Teknologi, Laboratorium Manajemen dan Akutansi, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Psikologi

Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) telah memiliki beberapa fakultas dan program studi, yaitu :
  • Fakultas Sains & Teknologi terdiri dari program studi : Teknik Informatika (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Industri (S1), Bioteknologi (S1)
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi : Akuntansi (S1), Manajemen (S1)
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi : Hukum Ekonomi dan Teknologi (S1)
  • Fakultas Psikologi & Pendidikan terdiri dari program studi : Psikologi (S1), Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi : Ilmu Komunikasi (S1), Hubungan Internasional (S1)
  • Fakultas Sastra terdiri dari program studi : Sastra Arab (S1), Sastra China (S1), Sastra Inggris (S1), Sastra Jepang (S1)

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UAI yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UAI. Setelah mengetahui informasi tersebut, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UAI dengan mengikuti jalur seleksi masuk yang dibuka oleh UAI.

Ada beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang akan admin jelaskan berikut ini.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UAI

A. Jalur Tes

Jalur Tes merupakan jalur umum yang dapat diikuti oleh siapasaja yang ingin kuliah di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dimana seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

B. Jalur PMDK

UAI menerima lulusan SLTA yang berprestasi (ranking 1 s.d 5) di tingkat kelas atau sekolah melalui jalur PMDK, diberikan keringan sebagai berikut:
  • Masuk UAI tanpa tes
  • Pengurangan BPP (Biaya Pembangunan) sebesar 25% dari BPP (ranking I) yang berlaku untuk program studi yang dipilih.
  • Untuk biaya BOP-SKS dan biaya lainnya (Pendaftaran, Herregistrasi / Administrasi, Jaket, Matrikulasi Bahasa Inggris, Perpustakaan dan KTM) tetap membayar penuh

Syarat Pendaftaran Jalur PMDK
  • Melampirkan fotocopy rapor SLTA kelas 10, 11 dan kelas 12 semester 1.
  • Surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan benar menduduki ranking antara (1 s.d 5) di kelas atau sekolah.
  • Atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan benar memperoleh rata-rata nilai rapor 7 pada kelas 10, 11 dan 12 semester 1.
  • Atau Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa yang bersangkutan benar menduduki ranking antara (1 s.d 5) yaitu ranking pada jurusan (IPA - IPS atau BHS) siswa yang bersangkutan, pada ujian akhir di tingkat sekolah masing-masing.
  • Jumlah yang diterima melalui PMDK di setiap fakultas/program studi sangat terbatas (seleksi berdasarkan ranking dan nilai raport).

C. Jalur Beasiswa Korporat

Bagi siswa lulusan SMA / MA yang memiliki nilai yang baik selama belajar di SMA / MA serta nilai ujian akhir yang baik namun memiliki kendala untuk membiayai perkuliahan, maka dapat mengajukan beasiswa korporat yang disediakan oleh UAI. UAI akan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa yang demikian.

Beasiswa penuh tersebut meliputi (Bebas BPP + BOP dan SKS) selama indeks prestasi diperoleh yang bersangkutan di UAI minimal 3,25. Bila IP <3,25 maka mahasiswa yang bersangkutan diharuskan membayar sebagian BOP dan SKS seluruhnya (sesuai dengan biaya kuliah yang berlaku). Tetapi bila Indeks Prestasi yang bersangkutan kembali = 3,25, maka biaya kuliah (BOP dan SKS) yang bersangkutan kembali dibebaskan. (Untuk beasiswa semacam ini dapat mendaftar melalui jalur khusus)

Syarat Pendaftaran
  • Untuk lulusan tahun ini dan 1 tahun lalu
  • Nilai minimal rata-rata untuk IPA :Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris minimal 8.00, dan untuk IPS : Matematika, Bahasa Inggris, Geografi, Ekonomi, danSosiologi minimal 8.00.
  • Melampirkan foto copy rapor SLTA kelas 10, 11 dan kelas 12 semester 1.
  • Melampirkan SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU dari lurah setempat.
  • Melampirkan foto copy surat keterangan/sertifikat bagi yang memiliki prestasi-prestasi non akademik.
  • Pendaftaran dilakukan secara online

D. Jalur Khusus Keluarga Besar Yayasan Pesantren Islam Al Azhar

Bagi lulusan SMA Islam Al Azhar (YPI) diberikan keringanan sebagai berikut:
  • Tanpa tes masuk UAI.
  • Pengurangan BPP (Biaya Pembangunan) sebesar 25% dari BPP (ranking I) yang berlaku untuk program studi yang dipilih.
  • Untuk biaya BOP-SKS dan biaya lainnya (Pendaftaran, Herregistrasi / Administrasi, Jaket, Matrikulasi Bahasa Inggris, Perpustakaan dan KTM) tetap membayar penuh.

Bagi guru-guru sekolah YPI Al Azhar yang akan melanjutkan ke S1 dapat diterima di UAI dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Lulus tes masuk UAI.
  • Pengurangan BPP (Biaya Pembangunan) sebesar 100% dari BPP yang berlaku untuk program studi yang dipilih.
  • Biaya BOP diberi keringanan 50% setiap semester.
  • Untuk biaya SKS dan biaya lainnya (Pendaftaran, Herregistrasi / Administrasi, Jaket, Matrikulasi Bahasa Inggris, Perpustakaan dan KTM) tetap membayar penuh.
  • Mata kuliah yang telah lulus / yang ada pada transkrip nilai akan diakui atau dikonversi ke program S1 bila memperoleh nilai minimal B.

Bagi putra/putri dosen / karyawan UAI diberikan keringanan sebagai berikut:
  • Pengurangan BPP (Biaya Pembangunan) sebesar 50% dari BPP yang berlaku untuk program studi yang dipilih.
  • Biaya BOP diberi keringanan 50% setiap semester.
  • Untuk biaya SKS dan biaya lainnya tetap membayar penuh.

E. Jalur Mahasiswa D3 melanjutkan ke S1

Bagi calon mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi lain dan telah lulus Sarjana Muda / Diploma III dan akan melanjutkan ke S1 pada prodi yang sama (linier) bukan prodi lain dapat diterima di UAI dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Bebas tes masuk UAI.
  • Pengurangan BPP (Biaya Pembangunan) sebesar 50% dari BPP (rangking I) yang berlaku untuk program studi yang dipilih.
  • Untuk Biaya BOP-SKS dan biaya lainnya (pendaftaran, Herregistrasi / Administrasi, jaket, perpustakaan dan KTM) tetap membayar penuh atau tidak discount.
  • Mata kuliah yang telah lulus / yang ada pada transkip nilai akan diakui sama dan atau dikonversi bila memperoleh nilai B.

Dari beberapa jalur yang telah diinformasikan di atas, anda dapat memilih jalur mana yang palin tepat untuk diikuti. Semoga dengan pilihan tepat anda dapat diterima menjadi mahasiswa baru UAI.

Calon Mahasiswa Baru yang ingin melakukan pendaftaran harus melakukan pendaftaran secara online dengan membuka website penerimaan.uai.ac.id . Pendaftaran dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

Tata Cara Pendaftaran 
  1. Buka alamat website : penerimaan.uai.ac.id
  2. Klik “Form  Pendaftaran”  pada bagian atas dari tampilan
  3. Isi data untuk “Mendaftar Akun”
  4. Isi dengan lengkap “Data Diri” Calon Mahasiswa Baru
  5. Isi “Program Studi” yang dipilih, minimal 1 (satu) jurusan
  6. Masukkan Kode Validasi yang sesuai dengan gambar
  7. Klik “Simpan” jika telah yakin dengan kode validasi yang diisikan, atau Klik “Reset” jika ingin mengganti gambar dengan yang baru
  8. Login kembali menggunakan Username dan Password Anda untuk mengupload foto.
  9. Klik “Pilih File” untuk foto yang akan diupload
  10. Klik “Upload”
  11. Pastikan foto telah terupload dan data diri telah diisikan dengan lengkap yang dapat dilihat pada bagian “Edit  Biodata”
  12. Log Out akun Pendaftaran
  13. Lakukan Pembayaran Tes melalui Bank Muamalat atas nama  Universitas  Al  Azhar Indonesia. Selain itu dapat pula dilakukan melalui ATM, atau Bayar Langsung di Bagian Pendaftaran UAI sebelum melakukan Tes Seleksi.
  14. Login kembali menggunakan Username dan Password Anda untuk mencetak Kartu Tes.
  15. Cetak Kartu Test untuk mengikuti test seleksi
  16. Tunjukkan Bukti Pembayaran sebelum mengikuti Tes Seleksi ke Bagian Pendaftaran UAI
  17. Mengikuti Tes Seleksi
  18. Melihat pengumuman

Setelah melakukan pendaftaran sesuai cara-cara di atas, selanjutnya anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi bagi yang mengikuti tes tertulis. Persiapan yang dapat anda lakukan misalnya membaca soal-soal tes masuk UAI tahun lalu atau prediksi soal masuk UAI tahun ini.

Semoga dengan usaha dan diiringi doa anda dapat menjadikan keinginan anda untuk masuk menjadi mahasiswa baru UAI dapat terwujudkan . Amin.

Penting!!!
  • Untuk infomasi lain yang belum disampaikan disini silahkan baca langsung di website resmi UAI.
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UAI.


Demikianlah informasi yang dapat anda bagikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Online UAI. Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. 

Admin turut mendoakan semoga keinginan anda untuk diterima menjadi mahasiswa baru di UAI dapat terwujudkan. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini. Terima kasih semuanya dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin ya robbal 'alamin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.