Pendaftaran Online Universitas Pancasila 2024/2025

pmbonline.univpancasila.ac.id 2024 -- PMB Universitas Pancasila (UP), Pendaftaran Maba Universitas Pancasila (UP), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Pancasila (UP), Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana / Apoteker Universitas Pancasila (UP), Pendaftaran Kuliah Univ. Pancasila, Jalur Reguler, Jalur PMDK. 2026. 2027.

Inforamasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Online Universitas Pancasila 2024/2025. Namun pembahan ini akan diawali dengan pembahasan singkat mengenai Universitas Pancasila (UP). Mari simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Pancasila (UP)

Universitas Pancasila atau yang disingkat dengan UP merupakan salan satu Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di kota DKI Jakarta, Indonesia. 

Universitas Pancasila (UP) memiliki dua kampus yaitu kampus yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan kampus Pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat. Universitas Pancasila (UP) telah didirikan pada 28 Oktober 1966.

Fakultas dan Program yang diselenggarkan di Universitas Pancasila (UP) 
  • Program Profesi terdiri dari Profesi Apoteker.
  • Program Diploma III terdiri dari Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, dan Pariwisata.
  • Program Sarjana terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Manajemen, Akuntansi, Fakultas Teknik, Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi, dan Fakultas Pariwisata.
  • Program Magister terdiri dari Magister Manajemen, Magister Manajemen Eksekutif, Magister Akuntansi, Magister Hukum, Magister Teknik Mesin, dan Magister Farmasi.
  • Program Doktor terdiri dari Doktor Ekonomi.

Itulah sedikit informasi tentang Universitas Pancasila (UP). Semoga bisa menambah wawasan anda terutama anda yang akan kuliah di Universitas Pancasila (UP).

Sekarang kita lanjutkan lagi pembahasan kita tentang pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Pancasila (UP). Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pendaftaran Online Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pancasila (UP)

Pada tahun ini, Universitas Pancasila (UP) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk beberapa program yatu Program Diploma, Program Sarjana, Program Pascasarjana, dan Program Apoteker.

Semua pendaftaran program-program tersebut dilakukan secara online melalui laman http://pmbonline.univpancasila.ac.id/. Setelah masuk ke laman tersebut, kemudian akan ada pilihan program, pilih salah atu program yang anda minati dan isilah data-data yang diperlukan. 

Perhatian !!! Sebelum melakukan registrasi online, anda harus melakukan pendaftaran pra registrasi untuk mengaktifkan PIN Pendaftaran. Klik menu pendaftaran pra registrasi, kemudian isi data-datanya dan proses.

Berikut ini penjelasan selengkapnya dari masing-masing Program yang telah disebutkan di atas

1. Pendaftaran Online Program Reguler

Pendaftaran Program Reguler ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berminat untuk memilih Program Diploma III dan Program Sarjana. Berikut ini penjelasannya.

Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMA / SMK / MA / MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Persyaratan Khusus Mahasiswa Pindahan
  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini.
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Prosedur Pendaftaran dilakukan dengan tahapan berikut ini
  1. Mengisi Formulir Pra Registrasi di alamat http://pmbonline.univpancasila.ac.id/pra-registrasi/pra-registrasi.php
  2. Simpan atau catat Kode Tagihan yang muncul.
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI
  4. Setelah membayar, kemudian isi Formulir Aktivasi PIN yang didapat dari Bank BNI.
  5. Login ke situs pmbonline.univpancasila.ac.id menggunakan PIN tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. 
  6. Peserta wajib mencetak kartu ujian peserta

2. Pendaftaran Online Program Reguler Khusus (Kelas Karyawan)

Universitas Pancasila (UP) membuka Program Reguler Khusus (Kelas Karyawan) yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan memilih Program Sarjana dan Diploma III. 

Persyaratan umum hampir sama dengan program reguler, hanya saja pada point ke 3 di ganti dengan "Memiliki Surat Keterangan Kerja (SKK) dari tempat asal kerja". Untuk persyaratan khusus lainnya, biaya pendaftaran, dan jadwal seleksi sama seperti keterangan pada jalur program reguler.

3. Pendaftaran Online Program Pascasarjana

Jalur ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Persyaratan Pendaftar Program S2 dan S3
  1. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus menyerahkan dokumen penyetaraan ijazah dari Dikti.
  2. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.
  3. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat, dibuktikan dengan sertifikat :
  4. Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) dari UP, atau
  5. International English Testing Systems (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau
  6. Internet-Based (IBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau
  7. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF

Prosedur Pendaftaran dilakukan seperti pada tahapan pendaftaran Program Reguler, namun ada sedikit perbedaan dalam besarnya biaya pendaftaran.

Perhatian!!! Bagi yang memilih Magister Teknik Mesin, Pendaftaran dilakukan secara langsung di Sekretariat Program Studi Masing-Masing (Tidak Melalui Website PMB).


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Pancasila. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Universitas Pancasila


Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online Universitas Pancasila. Semoga informasi yang admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan pendaftaran online. 

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Salam sukses untuk kita semua. Mari turut berbagi informasi ini pada teman lainnya, sukai juga halaman web kami.