Pendaftaran Online UM PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN)

um.ptkin.ac.id 2024 -- Pendaftaran UM PTKIN, PMB jalur UM-PTKIN, Informasi Pendaftaran Online UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru UM-PTKIN, Cara Mendaftar UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Seleksi Jalur Nasional UM-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). 2026. 2027.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UM PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN). Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di PTKIN melalui jalur SPAN PTKIN.

Seperti biasanya, admin akan menguraikan informasi tersebut ke dalam beberapa bahasan yaitu Persyaratan, Alur Pendaftaran, Kelompok Ujian, Jadwal Ujian, Biaya, dan Daftar Nama Perguruan Tinggi yang tergabung dengan UM-PTKIN. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-um-ptkin.html

Bagi anda yang berminat untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam di Indonesia, maka anda bisa mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN. Sebagian orang menyebut jalur UM-PTKIN dengan sebutan UM-PTAIN. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Kita disini menggunakan kata UM-PTKIN saja.

Jalur UM-PTKIN ini merupakan jalur seleksi nasional yang hampir sama seperti jalur SNBT. Penerimaan mahasiswa baru melalui kedua jalur tersebut dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis. Bedanya, kalau SBMPTN berlaku untuk penerimaan calon mahasiswa baru di semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, sedangkan UM-PTKIN berlaku untuk penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. 

Jalur UM-PTKIN ini dibuka setelah pengumuman jalur SPAN-PTKIN. Apabila anda tidak lulus jalur SPAN-PTKIN, maka bisa mengikuti mendaftar jalur UM-PTKIN. Untuk lebih memahami tentang Pendaftaran online UM-PTKIN, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian UM-PTKIN

UM PTKIN adalah sebuah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia yang seleksinya berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama oleh PTKIN di Indonesia. 

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL) / Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

                    B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN

                    1. Pendaftaran dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                    1. Daftar Akun
                      • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
                    2. Isi Data
                      • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
                    3. Password
                      • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
                    4. Login
                      • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
                    5. Cetak Invoice
                      • Cetak invoice tagihan pembayaran
                    6. Pembayaran
                      • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

                    2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan pada laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                    1. Login
                      • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
                    2. Unggah Foto
                      • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
                    3. Pilih Prodi
                      • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
                    4. Titik Lokasi Ujian
                      • Calon peserta memilih titik lokasi ujian
                    5. Cetak Kartu
                      • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
                    6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
                      • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

                    Informasi lebih rinci mengenai tata cara pendaftaran baca di : Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN

                    C. Materi Ujian UM-PTKIN

                    1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
                    • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
                    • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
                    • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.
                    2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

                    3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

                    4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

                    D. Tipe Ujian UM-PTKIN

                    Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

                    E. Jadwal Pelaksanaan UM-PTKIN

                    F. Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN
                    1. Lulus Satuan Pendidikan Menengah Atas
                    2. Lulus UM-PTKIN tahun ini
                    3. Sehat jasmani dan rohani
                    4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
                    5. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.

                    G. Jumlah Pilihan PTKIN dan Prodi
                    • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
                    • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
                    • Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.

                    H. Daftar Nama-nama PTKIN pada Jalur UM-PTKIN

                    * Daftar PTKIN Zona I

                    * Daftar PTKIN Zona II

                    * Daftar PTKIN Zona III

                    * Daftar PTKIN Zona IV

                    * Daftar PTKIN Zona V

                    * Daftar PTKIN Zona VI

                    Itulah informasi tentang Pendaftaran Online UM-PTKIN. Untuk informasi lainnya silahkan lihat di website resmi di alamat um-ptkin.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

                    Bacaan yang Direkomendasikan Selanjutnya

                    Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan mengenai tentang Pendaftaran Online UM PTKIN (UIN, IAIN, STAIN). Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN. 

                    Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi UM-PTKIN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya. Jangan lupa pula untuk menyukai halaman web kami.