Pendaftaran Online UBAYA 2024/2025 (Universitas Surabaya)

daftar.ubaya.ac.id 2024 -- PMB UBAYA, Pendaftaran UBAYA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBAYA, Penerimaan Mahasiswa Baru UBAYA, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UBAYA, Pendaftaran Kuliah UBAYA, Jalur Seleksi Masuk UBAYA, Jalur JMMK, Jalur Tanpa Tes, Jalur Umum, Jalur Tes, Universitas Surabaya (UBAYA), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, seperti biasanya admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online UBAYA 2024/2025 (Universitas Surabaya). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi ada dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.



Universitas Surabaya atau disingkat UBAYA adalah salah satu Universitas Swasta yang ada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Surabaya (UBAYA) didirikan pada tahun 1966 sebagai Universitas Trisakti Surabaya, dan pada tahun 1968 sebagai sekarang sebagai Universitas Surabaya.

Moto To be The First University in Heart and Mind.

Lokasi Universitas Surabaya (UBAYA) : Jl. Ngagel Jaya Sel. No.169, Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur, Indonesia. 

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Surabaya (UBAYA), yaitu sebagai berikut :

Program Diploma (D3)
  • Poltek Administrasi Bisnis, Poltek Akuntansi, Poltek Akuntansi Komputer, Poltek Bahasa Inggris Bisnis, Poltek Manajemen Pemasaran, Poltek Perpajakan, Poltek Perpajakan Profesional, Poltek Professional Selling, Poltek Sekretari

Program Sarjana (S1)
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Progam Studi Farmasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Progam Studi Hukum
  • Fakultas Bisnis dan Ekonomika terdiri dari Progam Studi Akuntansi, Bisnis Internasional, I.B.N (Khusus Dual Degree), Keuangan Korporat, Manajemen Jejaring Bisnis, Manajemen Layanan & Pariwisata, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM & Organisasi, Pasar Modal, Perbankan & Jasa Keuangan, Professional Accounting (Khusus Dual Degree),
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Progam Studi Psikologi
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi IF - P. K. Multimedia, IF - P. K. Sistem Informasi, Industrial Robotics Design, Information Technology, P. K. Teknik Manufaktur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Kimia, Telecommunication Networks Design
  • Fakultas Teknobiologi  terdiri dari Progam Studi Biologi (Bioteknologi)
  • Fakultas Industri Kreatif terdiri dari Progam Studi Desain & Manajemen Produk, Desain Fashion & Produk Lifestyle.

Program Magister (S2)
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Progam Studi Magister Ilmu Farmasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Progam Studi Magister Hukum, Magister Kenotariatan
  • Fakultas Bisnis dan Ekonomika terdiri dari Progam Studi Magister Akuntansi, Magister Manajemen
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Progam Studi Magister Psikologi. Profesi, Magister Psikologi Sains

Program Profesi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Apoteker.

Itulah beberapa Fakultas, dan Program Studi yang anda di UBAYA yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UBAYA. Jika anda berminat menjadi mahasiswa baru UBAYA, silahkan daftarkan diri anda.

Universitas Surabaya (UBAYA) memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UBAYA dengan mengikuti seleksi melalui jalur tanpa tes dan jalur umum. Berikut penjelasannya :

1. Pendaftaran Jalur Tanpa Tes

Jalur Prestasi atau Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) adalah sebuah jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Surabaya yang seleksinya didasarkan dari prestasi akademik siswa-siswi selama berada di SMA / SMK / MA dan dapat diterima tanpa tes jika memenuhi persyaratan yang berlaku.

Untuk siswa yang mempunyai prestasi dibidang olahraga dapat menghubungi klub olahraganya untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa UBAYA melalui Jalur Prestasi Olahraga.

Perlu diketahui bahwa SMA / SMK / MA yang dapat mendaftarkan siswa-siswinya adalah sekolah-sekolah yang telah bermitra dengan UBAYA. Sekolah-sekolah tersebut tersebut di beberapa kota di Indonesia. Daftar nama-nama sekolahnya dapat anda lihat langsung di web UBAYA.

Prosedur Pendaftaran Online Jalur JPMK
  1. Mengisi formulir pendaftaran online di alamat : daftar.ubaya.ac.id
  2. Melunasi biaya pendaftaran (sesuai petunjuk pada email yang akan dikirim setelah mendaftar online) atau jika telah memiliki no. PIN cukup gunakan No Pendaftar dan PIN yang telah dimiliki (tidak perlu membayar biaya daftar lagi)
  3. Mengirimkan fotokopi nilai rapor SMA yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah

Persyaratan pendaftaran Jalur JMPK
  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang studi di Indonesia
  2. Hanya untuk lulusan SMA tahun ini
  3. Memenuhi aturan nilai saringan masuk sebagai berikut :
    • KKM 60 : nilai minimal S1 = 65, D3 = 63
    • KKM 65 : nilai minimal S1 = 70, D3 = 68
    • KKM 70 : nilai minimal S1 = 73, D3 = 72
    • KKM 75 : nilai minimal S1 = 77, D3 = 76
  4. Nilai Minimal adalah rata - rata nilai kognitif matematika dan bahasa inggris masing - masing pada 3 semester terbaik (pilih yang terbaik dari semester mana saja)

Tata Cara Pendaftaran Jalur JMPK
  1. Buka alamat https://daftar.ubaya.ac.id
  2. Kemudian lihat periode JMPK yang dibuka, lalu klik tombol "daftar" disamping tanggal pendaftaran
  3. Kemudian isi data-data berupa : data korespondensi, data personal, data pendaftaran, data sumbangan sukarela, data akademik siswa - siswi, data pembayaran, dan data keamanan.
  4. Jika semua data teah terisi,selanjutnya tekan tombol "Kirimkan Data Pendaftaran" untuk menyimpan data pendaftaran yang telah anda lakukan
  5. Setelah data pendaftaran tersimpan, maka pendaftar akan menerima email dari UBAYA yang menunjukkan langkah - langkah pendaftaran selanjutnya yang harus dilakukan

Untuk informasi penting lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca secara langsung di website resmi UBAYA pada alamat di atas.

2. Pendaftaran Jalur Umum

Jalur Tes atau Jalur Umum adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Surabaya yang seleksinya didasarkan dari hasil Tes Potensi Akademik (TPA). Tes Potensi Akademik (TPA) bertujuan untuk mengetahui potensi dasar siswa di bidang akademik sehingga soal-soal yang diberikan lebih dititikberatkan pada kemampuan berpikir logis dan bukan pada substansi keilmuan.

Prosedur Pendaftaran Online Jalur Tes (Umum)
  1. Mengisi formulir pendaftaran online di alamat : https://daftar.ubaya.ac.id
  2. Melunasi biaya pendaftaran (sesuai petunjuk pada email yang akan dikirim setelah mendaftar online) atau jika telah memiliki no PIN cukup gunakan No Pendaftar dan PIN yang telah dimiliki (tidak perlu membayar biaya daftar lagi)
  3. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) di tempat-tempat tes yang telah ditentukan.

Tata Cara Pendaftaran Jalur Tes (Umum)
  1. Buka alamat https://daftar.ubaya.ac.id
  2. Kemudian lihat periode jalur Umum yang dibuka, lalu klik tombol "daftar" disamping tanggal pendaftaran yang ada
  3. Kemudian isi data - data yang perlu dilengkapi berupa : data korespondensi, data personal, data pendaftaran, data sumbangan sukarela, data pembayaran, dan data keamanan.
  4. Jika semua data teah terisi,selanjutnya tekan tombol "Kirimkan Data Pendaftaran" untuk menyimpan data pendaftaran yang telah anda lakukan
  5. Setelah data pendaftaran tersimpan, maka pendaftar akan menerima email dari UBAYA yang menunjukkan langkah - langkah pendaftaran selanjutnya yang harus dilakukan

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UBAYA yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Catatan :  Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBAYA

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Swasta 

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UBAYA dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.