Pendaftaran Online Universitas Pertamina (UP) 2024/2025

pendaftaran.universitaspertamina.ac.id 2024 -- Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Pertamina, Pendaftaran UM UP Online, Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina, Pendaftaran Kuliah Universitas Pertamina, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Pertamina, 2026.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online Universitas Pertamina (UP) 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda khususnya lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin kuliah di Universitas Pertamina. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

PT. Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN ternama di Indonesia yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Salah satu bentuk kontribusi PT. Pertamina untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia yaitu dengan penyelenggaraan pendidikan tinggi. Dalam hal ini, PT. Pertamina (Persero) mendirikan Univeritas Pertamina.

Universitas Pertamina atau disingkau UP diresmikan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Berdirinya Universitas ini merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina (UP) didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Visi dan Misi Universitas Pertamina (UP)

Visi :
  • Universitas Pertamina adalah menjadi Universitas yang tergolong universitas kelas dunia (World Class University) paling lambat tahun 2035.

Misi:
  1. Melayani semua lapisan masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan Pendidikan Tinggi  bermutu yang terjangkau.
  2. Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat (Bangsa dan Negara) melalui pemanfaatan hasil kajian akademik.
  3. Berkontribusi positif dalam pengembangan peradaban dunia melalui penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat dan bermartabat.
  4. Berpartisipasi dalam pembangunan karakter bangsa melalui penciptaan budaya dan iklim akademik kampus dan penyebarluasannya kepada masyarakat luas.

Bagi siswa-siswi lulusan SMA / SMK / sederajat yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Universitas Pertamina (UP) adalah salah satu Universitas yang bisa dipilih.

Ada beberapa program studi yang bisa dipilih pada saat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru Universitas Pertamina (UP). Berikut informasinya.

Universitas Pertamina (UP) memiliki 6 Fakultas dan 15 program studi Strata 1 (S1), yaitu :
  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, terdiri dari program studi : Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  • Fakultas Teknologi Industri, terdiri dari program studi : Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari program studi : Manajemen dan Ilmu Ekonomi
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur, terdiri dari program studi : Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, terdiri dari program studi : Kimia dan Ilmu Komputer
  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan program studi : Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi

Dari beberapa program studi yang ada di Universitas Pertamina (UP), silahkan kamu pilih salah satu yang kamu minati sesuai dengan kemampuan dan bakatmu.

Setelah mengetahui daftar program studi di atas dan program studi yang kamu minati ada di Univeritas Pertamina, selanjutnya kamu dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

Berikut admin berikan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru Universitas Pertamina (UP). Silahkan disimak dengan baik.

1. Informasi Umum
  • Calon pendaftar adalah lulusan SMA / MA / SMK (sesuai bidang) / sederajat
  • Calon pendaftar adalah lulusan 6 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini

2. Informasi Pendaftaran & Jadwal
  • Pendaftaran UM Universitas Pertamina biasanya dibuka dalam tiga periode dimulai dari bulan Maret. Kepastian jadwal dapat dilihat di website resmi.
  • Pendaftaran UM Universitas Pertamina hanya dapat dilakukan secara online.

3. Pemilihan Program Studi dan Persyaratan

Calon Pendaftar maksimum dapat memilih dua program studi dengan ketentuan :
  1. Siswa SMA jurusan IPA dapat memilih 2 dari 15 program studi (sains, teknik, dan sosial) di UP,
  2. Siswa SMA jurusan IPS hanya dapat memilih 2 dari 4 program studi (Ekonomi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional)
  3. Siswa SMA jurusan bahasa hanya dapat memilih 2 dari 3 program studi (Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional)
  4. Siswa SMK dapat memilih program studi sesuai dengan jurusan yang diterima oleh program studi tertentu.
  5. Terdapat persyaratan bebas buta warna untuk beberapa program studi tertentu
  6. Jurusan SMK yang diterima di Universitas Pertamina adalah siswa SMK yang mempelajari paket keahlian

4. Tata Cara Pendaftaran
  1. Buka alamat pendaftaran.universitaspertamina.ac.id
  2. Pendaftar akan mendapatkan konfirmasi pendaftaran via email dan disertai petunjuk pembayaran
  3. Selanjutnya pendaftar melakukukan pembayaran melalui teller, ATM, atau internet banking
  4. Pendaftar mendapatkan konfirmasi pembayaran via email disertai informasi akun login website pendaftaran
  5. Setelah login ke website, kemudian pendaftar melakukan pengisian data-data
  6. Setelah semua data terisi, silahkan cetak kartu ujian saringan masuk

Itulah informasi mengenai penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Pertamina (UP). Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat langsung di website resmi pendaftaran universitas pertamina di alamat ini universitaspertamina.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Universitas Pertamina (UP).

Baca juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online Universitas Pertamina. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bermanfaat untuk kamu semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kamu bisa diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Pertamina pada tahun ini. Cukup sekian dan salam sukses selalu. Please Share.