Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis 2017/2018

Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis Nasional 2017/2018

Pendaftaran Jalur Tertulis 2017 -- PMB Jalur Ujian Tulis, Jalur Seleksi Tertulis, Jalur PMB Online Tes Tertulis, Penmaba Jalur Ujian Tertulis, Pendaftaran SBMPTN / SPMB / UM-PTKIN / UMPN / SBMPTBR, Jalur Ujian Tulis PTN, Jalur Ujian Tertulis PTKIN, Jalur Ujian Tertulis Politeknik, Jalur Ujian Tertulis PTS, Info  PMB Jalur Ujian Tertulis, Pembukaan Jalur Tes Tertulis. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, admin pendaftaranonline.web.id akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru melalui jalur ujian tertulis. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Mungkin sebelumnya anda telah membaca tentang Pendaftaran Jalur Undangan PTN. Kali ini akan membahas jalur ujian tertulis yang merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya.

Jalur ujian tertulis adalah salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi sebagai jalur alternatif jika ana sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur undangan tetapi tidak lulus seleksi, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur ujian tertulis.

Jalur ujian tertulis adalah salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta ujian tertulis tersebut.

Kelulusan calon mahasiswa baru melalui jalur ujian tertulis ditentukan dari hasil akhir nilai yang diperoleh oleh calon mahasiswa. Jika nilai tersebut tinggi, maka memiliki kemungkinan besar untuk lulus jalur ujian tertulis.

Jalur ujian tertulis yang dimaksud pada pembahasan kita kali ini adalah jalur ujian tertulis nasional. Mengapa disebut dengan jalur ujian tertulis nasional ?. Karena pelaksanaannya dilakukan secara nasional yaitu secara bersamaan oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang telah tergabung dalam jalur ujian tulis tersebut.

Ada pula jalur ujian tulis yang bukan jalur nasional, yaitu jalur mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru, baik oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Ada beberapa jalur ujian tertulis nasional yang akan dibahas pada kesempatan ini, yaitu jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN, jalur SPMB, Jalur UMPN, serta informasi tambahan untuk jalur tertulis PTS yang mungkin dapat berguna bagi anda.

Baiklah, kita akan memulai membahas masing-masing jalur ujian tertulis yang telah disebutkan di atas. Ayo perhatikan dengan baik pembahasannya berikut ini.

I. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis SBMPTN 2017/2018

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ujian tertulis SBMPTN harus diikuti oleh semua peserta. Untuk peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni atau Keolehragaan, maka harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Ujian Tertulis SBMPTN terdiri dari Materi
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan SBMPTN terdiri dari
  1. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga.  
Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:
  1. Kelompok Ujian Saintek dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.
Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian dari ketiga kelompok ujian di atas, baik kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi paling banyak 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan anda.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian
Jika anda berminat untuk mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi tertulis SBMPTN, silahkan anda melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran SBMPTN online dilakukan melalui alamat resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id

Informasi lengkap mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, biaya seleksi, daftar PTN se-Indonesia, serta ketentuan-ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel kami yang telah dirangkum secara khusus membahas Pendaftaran SBMPTN.

Silahkan kunjungi artikel berikut ini :

II. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis UM-PTKIN 2017/2018

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur ujian tertulis penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Ada beberapa kelompok ujian tertulis yang dapat anda pilih ketika mendaftar sebagai calon mahasiswa baru. Kelompok ujian tertulis tersebut akan diujikan ketika ujian tertulis berlangsung. Berikut info selengkpanya.

Kelompok Ujian Tertulis UM-PTKIN
  1. Kelompok Ujian IPA diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi dengan materi ujian :
    • Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, dan Ilmu Pengetahuan Alam 
  2. Kelompok Ujian IPS diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sosial, Humaniora, dan Keagamaan dengan materi ujian :
    • Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, dan Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. Kelompok UJian Campuran diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Sains dan Teknologi, bidang Sosial, bidang Humaniora dan bidang Keagamaan dengan materi ujian :
    • Potensi dan Sikap Akademik, Kebahasaan, Keislaman, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial, 
Berdasarkan informasi tersebut, jika anda akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi melalui jalur ujian tertulis UM-PTKIN, maka anda harus melakukan pendaftaran UM-PTKIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Informasi selengkapnya mengenai UM-PTKIN seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, serta ketentuan lainnya telah admin rangkum pada artikel berikut ini.

III. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis UMPN 2017/2018

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri adalah jalur ujian tertulis yang dilaksanakan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia. Pelaksanaan Ujian Tertulis UMPN ini dilaksanakan secara serentak oleh Politeknik Negeri di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur ujian tertulis UMPN dapat anda lihat di masing-masing website Politeknik Negeri se-indonesia atau dapat dilihat melalui jalur PMDK-PN.


IV. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis SPMB 2017/2018

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru adalah jalur ujian tulis yang dilaksanakan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. 

SPMB diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN). P-SPMBN menyelenggarakan seleksi yang disebut dengan SPMB. SPMB terbagi menjadi 3 jenis seleksi, yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI.
  • UMB-PT atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi adalah jalur ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.
  • UMB-PTS atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Swasta
  • TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu adalah tes tertulis untuk menjajaki minat dan bakat siswa. Tes ini diperuntukkan bagi siswa kelas XII semester 1 yang hasil tesnya dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penerimaan mahasiswa baru.

Berdasarkan informasi tersebut, jika anda tertarik untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SPMB, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat www.spmb.or.id

Informasi lebih rinci mengenai SPMB seperti jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, daftar PTN dan PTS yang tergabung, serta keterangan lainnya dapat anda baca pada artikel berikut ini :

V. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis PTS 2017/2018

Dalam rangka melakukan penerimaan calon mahasiswa baru, PTS atau Perguruan Tinggi Swasta membuka beberapa jalur penerimaan, salah satunya yaitu jalur ujian tertulis.

Semua Perguruan Tinggi Swasta melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis disamping jalur lainnya. Melalui jalur ujian tertulis ini, calon mahasiswa akan diuji kemampuannya untuk mengerjakan beberapa soal yang memuat beberapa materi.

Kelulusan melalui jalur ujian tertulis PTS ditentukan dari nilai nilai akhir yang diperoleh peserta. Jika nilai akhir yang dimiliki peserta tersebut tinggi, maka memiliki kemungkinan untuk lulus seleksi. 

Informasi lain mengenai jalur seleksi masuk Universitas Swasta di Indonesia dapat anda baca pada artikel berikut : Pendaftaran Universitas Swasta 

Demikianlah serangkaian informasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis. Semoga informasi tersebut dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya. Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Cara klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa masuk ke Perguruan Tinggi tujuan anda melalui jalur ujian tertulis yang anda ikuti. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan semoga kesuseksan an harapan kita dapat terwujudkan. Amin.