Pendaftaran Online UNISMA 2024/2025 (Universitas Islam Malang)

unisma.ac.id 2024 -- PMB UNISMA, Pendaftaran Online UNISMA, Penerimaan Mahasiswa Baru UNISMA, Pendaftaran S1 / S2 / S3 UNISMA, Pendaftaran Jalur PMDK / USM / Pasca UNISMA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNISMA, Cara Pendaftaran Kuliah UNISMA, Informasi Pendaftaran UNISMA. Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru Universitas Islam Malang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online UNISMA 2024/2025 (Universitas Islam Malang). Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SLTA yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke UNISMA. Sebelum membahas mengenai informasi pendaftarannya, mari kita simak terlebih dahulu ulasan singkat mengenai kampus UNISMA.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

UNISMA atau Universitas Islam Malang adalah salah satu perguruan tinggi islam swasta yang berada di kota Malang, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144.

Universitas Islam Malang (UNISMA) telah didirikan pada 27 Maret 1981. UNISMA merupakan salah satu perguruan tinggi islam yang bernaung dibawah Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama.

Adapun visi dan misi UNISMA yaitu sebagai berikut :

a. Visi Universitas Islam Malang adalah :
  • Menjadi Universitas unggul bertaraf internasional, berorientasi masa depan dalam IPTEK dan budaya, untuk kemaslahatan umat yang berakhlaqul karimah, berlandaskan Islam Ahlussunnah waljama’ah An-Nahdliyah

b. Misi Universitas Islam Malang adalah :
  • Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, yang berpihak pada kemaslahatan umat menuju universitas berkualifikasi internasional (world class university)
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan akses pendidikan dan ajaran Islam Ahlussunnah waljama’ah An-Nahdliyah.
  • Mengembangkan manajemen universitas yang akuntabel dengan pencitraan publik dan tata kelola yang baik (good university governance)

Melihat visi dan misi yang bagus sekali, tersebut tentunya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kamu yang berminat untuk kuliah di kampus UNISMA.

Ada beberapa pilihan program studi yang bisa kamu pilih saat mendaftarkan diri di UNISMA. Program studi yang ada di UNISMA yaitu :
  • Fakultas Agama Islam terdiri dari program studi : Pendidikan Agama, Ahwal Al Syakhsyiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah (PGMI), Pendidikan Guru Roudlotul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi : Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi : Agro Teknologi, Agribisnis
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi : Ilmu Peternakan
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi : Biologi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi : Prodi Manajemen, Akuntansi, Perbankan Syari'ah
  • Fakultas Ilmu Administrasi terdiri dari program studi : Administrasi Publik, dan Administrasi Bisnis
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi : Pendidikan Dokter
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Hukum Islam, Magister Manajemen, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Ilmu Administrasi, Magister Kenotariatan, Magister Peternakan, Program Doktor Pendidikan Islam Multikultural
  • Program studi pada jenjang Diploma terdiri dari Teknik Mesin, dan Teknik Listrik

Dari beberapa program studi yang ada di UNISMA, mungkin salah satunya ada yang kamu minat, untuk itu silahkan pilih salah satu program studi tersebut pada saat kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNISMA. Mari kita simak dengan baik.

I. Ketentuan Pendaftaran Jalur Umum Program Pendidikan S1 dan Politeknik

A. Syarat Pendaftaran :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI). Untuk Warga Negara Asing, harus memiliki ijin dari Kemenristekdikti. 
  2. Telah lulus tingkat SLTA.
  3. Membayar biaya pendaftaran di tempat kampus UNISMA, atau membayar melalui Bank BRI untuk mendapat kode pembayaran bagi yang mendaftar secara online.
  4. Mengisi formulir pendaftaran dibagian Pendaftaran Mahasiswa Baru UNISMA pada jam kerja yaitu jam 7.30 - 16.00 WIB atau via online melalui alamat www.unisma.ac.id

B. Kelengkapan Berkas Pendaftaran :
  1. Foto copy ijin dari Kemenristekdikti, visa pelajar, surat keterangan jaminan biaya hidup dan jaminan orang tua / instansi penjamin dana (1 lembar), bagi calon mahasiswa berwarganegara asing
  2. Foto copy ijazah SLTA dan SKHU berlegalisir (3 lembar)
    • Bagi pendaftar yang belum memperoleh ijazah asli, untuk sementara boleh menyerahkan ijazah SLTP berlegalisir (3 lembar) dan surat keterangan lulus (SKL), disertai surat keterangan hasil ujian (SKHU), atau Foto copy raport semester I s/d VI / V
    • Bagi calon mahasiswa lulusan paket C, wajib melampirkan ijazah paket C
    • Fakultas kedokteran tidak menerima ijazah mu'adallah
  3. Foto copy kartu keluarga atau KTP (1 lembar), 6 lembar (fakultas kedokteran)
  4. Foto copy bukti pembayaran biaya pendaftaran atau bukti setoran dari BRI
  5. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (1 lembar)
  6. Foto copy raport semester I s/d VI / V berlegalisir 1 bendel dan SKHU berlegalisir 3 lembar (khusus fakultas kedokteran)
  7. Untuk mahasiswa pindahan (tidak berlaku untuk fakultas kedokteran) :
    • Sertakan surat pindah dari perguruan tinggi asal yang ditujukan kepada dekan yang dituju
    • Foto copy transkip dari perguruan tinggi asal berlegalisir 1 lembar

C. Sistem Seleksi dan Pengumuman :
  1. Seleksi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik dan S1 Universitas Islam Malang non Fakultas Kedokteran menggunakan sistem pertimbangan prestasi akademik si sekolah tingkat SLTA, baik nilai ijazah, SKHU, SKL, atau nilai raport semester I s/d VI / V.
  2. Bagi pendaftar yang melakukan pendaftaran secara langsung, penetapan kelulusan dilakukan secara langsung melalui sistem komputer setelah pendaftaran menyerahkan formulir pendaftaran dan seluruh kelengkapan berkas.
  3. Bagi pendaftar secara online, seleksi pertimbangan prestasi akademik dan pengumuman dilaksanakan setiap hari sabtu setelah mengirim berkas persyaratan ke pmb@unisma.ac.id
  4. Khusus fakultas kedokteran, seleksinya dilakukan melalui 3 tahap :
    • tahap 1 : tes psikologi dan tes tertulis
    • tahap 2 : tes kesehatan
    • tahap 3 : tes wawancara

II. Ketentuan Pendaftaran Program Pascasarjana (S2 / S3)

A. Syarat Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Telah lulus dari :
    • jenjang S1 bagi pelamar jenjang S2
    • jenjang S1 dan S2 bagi pelamar jenjang S3
  3.  Membayar biaya pendaftaran di tempat pendaftaran program pascasarjana

B. Kelangkapan Berkas Pendaftaran
  1. Bagi calon mahasiswa berwarganegara asing wajib menyerahkan foto copy ijin dari Kemenristekdikti, visa pelajar, surat keterangan jaminan biaya hidup dan jaminan orang tua / instansi penjamin dana (1 lembar)
  2. Foto copy kartu keluarga 1 lembar)
  3. Foto copy  KTP (1 lembar)
  4. Foto copy ijazah S1 bagi pelamar program Magister, atau Foto copy ijazah S1 dan S2 bagi pelamar program Doktor
  5. Foto copy bukti pembayaran biaya pendaftaran
  6. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 (1 lembar)
  7. Foto copy raport semester I s/d VI / V berlegalisir 1 bendel dan SKHU berlegalisir 3 lembar (khusus fakultas kedokteran)
  8. Untuk mahasiswa pindahan (tidak berlaku untuk fakultas kedokteran) :
    • Sertakan surat pindah dari perguruan tinggi asal yang ditujukan kepada direktur Pascasarjana UNISMA
    • Foto copy transkip dari perguruan tinggi asal berlegalisir 1 lembar

C. Sistem Seleksi dan Pengumuman

Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana UNISMA menggunakan sistem seleksi ujian tertulis dan melalui pertimbangan sertifikast TPA dan Toefl.

III. Jalur Seleksi Masuk UNISMA

1. Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah jalur seleksi masuk ke UNISMA yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa S1 yang memiliki prestasi akademik atau non akademik saat masih sekolah di tingkat SLTA. Calon mahasiswa tersebut boleh memiliki program studi selain program pendidikan dokter.

Mahasiswa baru yang diterima melalui jalur prestasi akan mendapatkan fasilitas berupa bebas SPP semester 1 dan potongan DPP hingga 50%.

Pendaftaran melalui jalur prestasi :
  1. Tempat pendaftaran dan kelengkapan harus disertakan bersama formulir pendaftaran yang sama dengan ketentuan pendaftaran jalur umum program S1 dan politeknik, ditambah dengan :
    • Foto copy raport yang ditandatangi kepala sekolah (nilai raport rata-rata minimal 7.50 pada semester I s/d V. Untuk kelas akselerasi nilai raport semester I s/d III
  2. Pengumuman hasil seleksi diumumkan mellaui web UNISMA
  3. Bagi yang dinyatakan lulus, wajib melakukan pendaftaran ulang

2. Jalur Beasiswa

Jalur beasiswa diperuntukkan bagi calon mahasiswa S1 dengan kategori berikut :
  1. Keluarga fakir / miskin dan anak yatim
  2. Kader aswaja
  3. Putra-putri dosen / karyawan UNISMA dan Hafidz / Hafidzah

Bagi yang memenuhi syarat dan lolos seleksi akan diberi beasiswa (bebas DPP dan SPP selama delapan semester) dengan memilih program studi Ahwal Al Syakhsyiyah, PGMI, Biologi, Peternakan, Agoteknologi, dan Administrasi Publik.

Syarat dan kelengkapan berkas pendaftaran dapat diakses di alamat www.unisma.ac.id dan pengumuman dapat dilihat di kampus di bagian PMB.

3. Jalur Seleksi Masuk Fakultas Kedokteran UNISMA

Jalur seleksi masuk fakultas kedokteran merupakan jalur seleksi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memilih program studi di fakultas kedokteran UNISMA.

Ketentuan Pendaftaran Fakultas Kedokteran :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Lulus SMA / MA jurusan IPA yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  3. Membayar biaya pendaftaran di kampus UNISMA
  4. Pendaftaran dilakukan secara langsung di kampus UNISMA (tidak bisa diwakilkan)

Kelengkapan Berkas Pendaftaran :
  • Kelengkapan berkas pendaftaran dapat dilihat di bagian atas

IV. Tempat Pendaftaran
  • Tempat pendaftaran program S1 dan Politeknik bertempat di kantor pusat UNISMA Jln. Mayjen Haryono 193 Malang telp. (0341) 551932
  • Tempat pendaftaran S2 dan S3 bertempat digedung Pascasarjana UNISMA Jln. Mayjen Haryono 193 Malang telp. (0341) 565544

V. Waktu Pendaftaran
  • Waktu pendaftaran pada Politeknik, S1, S2, dan S3 dilakukan setiap hari kerja dari Senin - Sabtu pukul 07.30 - 16.00 WIB

Itulah informasi mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru UNISMA. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dibaca secara langsung di situs resmi UNISMA di alamat unisma.ac.id atau bertanya langsung pada panitia PMB UNISMA. 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi UNISMA

Baca juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online UNISMA (Universitas Islam Malang). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu terutama yang akan kuliah di UNISMA.

Admin turut mendoakan semoga kamu diterima sebagai mahasiswa baru UNISMA pada tahun ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua.