Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Universitas Swasta 2017/2018

Pendaftaran Universitas Swasta 2017/2018

Pendaftaran Universitas Swasta 2017 -- PMB Universitas Swasta, PMB PTS, Penerimaan Universitas Swasta, Pendaftaran Online Universitas Swasta, Info Pendaftaran Universitas Swasta, Pembukaan Pendaftaran Perguruan Tinggi Swasta, Jalur PMDK, UMB-PTS, Prestasi, Tes Tulis, Reguler, PMB Universitas Swasta di Indonesia, 2019. 2020.

Pada kesempatan ini, seperti biasanya admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Universitas Swasta 2017/2018. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Swasta. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Menurut Dikti Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Universitas dibedakan menjadi 2, yaitu Universitas Negeri dan Universitas Swasta. Fokus pembahasan  kita kali ini adalah Universitas Swasta, dalam hal ini yaitu Pendaftaran Universitas Swasta.

Universitas Swasta adalah Universitas yang dikelola oleh Yayasan atau lembaga nonpemerintah. Semua Universitas Swasta di Indonesia dikoordinasikan oleh badan yang disebut Koordinator Perguruan Tinggi Swasta, disingkat Kopertis. Kopertis ini bukan hanya menaungi Univeritas Swasta saja, tetapi juga Institut Swasta, dan Sekolah Tinggi Swasta lainnya.

Bagi anda lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Swasta, maka anda dapat mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh Universitas Swasta tujuan anda. Atau mungkin anda yang telah bekarja tetapi ingin sambil kuliah, maka anda dapat memilih Universitas Swasta yang menyelenggarakan program pendidikan sambil kerja.

Dalam rangka melakukan penerimaan mahasiswa baru, Universitas Swasta membukanya beberapa jalur penerimaan, diantaranya jalur undangan ke masing-masing sekolah mitra, jalur PMDK, jalur prestasi, jalur tes tertulis, jalur USM, jalur reguler dan ada pula yang menggunakan sistem one day service (pelayanan dalam satu hari), serta jalur lainnya. Selain itu, ada beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UMB-PTS.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua Universitas Swasta membuka keseluruhan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, mungkin hanya beberapa jalur saja. Untuk mengetahui informasi mengenai jalur-jalur di tersebut, mari kita bahas selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur PMDK

PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan tanpa tes tertulis. Penerimaan jalur PMDK ini didasarkan pada prestasi siswa, baik prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, atau prestasi lainnya sesuai ketentuan Universitas Swasta tujuan anda.

Bagi anda yang ingin kuliah di Universitas Swasta dengan mengikuti jalur PMDK ini, maka anda harus termasuk siswa-siswa yang berprestasi di Sekolah. Untuk siswa-siswi yang tidak memiliki prestasi, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya yang dibuka oleh Universitas Swasta.

Beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK, yaitu :

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis

Jalur ujian tertulis adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang dilakukan oleh semua peserta. Peserta harus datang ke lokasi ujian dengan membawa beberapa perlengkapan untuk mengikuti tes tertulis.

Penentuan kelulusan melalui jalur Tes Tertulis ini didasarkan pada nilai akhir yang diperoleh peserta setelah di rangking dari yang terbesar hingga terkecil. Jika Universitas Swasta tersebut menerima 100 orang, seandainya anda ada diperingkat dibawah 100, maka anda dipastikan lulus seleksi. Namun seandainya anda ada diperingkat lebih dari 100, maka anda tidak akan dinyatakan lulus seleksi.

Seleksi ujian tertulis ini dibuka oleh semua Universitas Swasta di Indonesia.Seandainya anda tidak lulus seleksi di Universitas Swasta A, maka anda dapat mengikuti seleksi di Universitas Swasta B jika masih dibuka. Untuk lebih jelasnya dapat melihat jadwal pelaksanaan di masing-masing Universitas Swasta tersebut.

Salah satu tujuan dibukanya jalur tes tertulis ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang mungkin telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, atau yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi, maka dapat mengikuti seleksi jalur Ujian Tertulis.

Agar bisa lulus seleksi, maka anda harus mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin. Mudah-mudahan dengan usaha dan doa anda tersebut, maka dapat mewujudkan keinginan anda.

Informasi tambahan : dibeberapa Universitas Swasta lain, bahwa Jalur Tes Tertulis ini disebut dengan jalur Ujian Saringan Masuk (USM), Jalur Tes Umum, Jalur Reguler dan mungkin masih ada sebutan lainnya.

3. Pendaftaran Jalur Prestasi

Jalur Prestasi adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, baik prestasi olahraga, seni, olimpiade sains ataupun akademik. Seleksi jalur prestasi dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa.

Beberapa Universitas Swasta menyebut jalur prestasi sebagai jalur PMDK, namun pada Universitas lainnya tetap menyebut dengan jalur prestasi.

Beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Prestasi yaitu :

4. Pendaftaran Jalur One Day Service

Jalur One Day Service merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan selesai dalam satu hari, yaitu mulai dari pendaftaran, ujian dan pengumuman kelulusan dapat diketahui dalam satu hari.

Peserta datang langsung ke Universitas Swasta yang ditujunya dan yang membuka jalur ini untuk melakukan pendaftaran dengan membawa berkas-berkas pendaftaran. Setelah mendaftar, kemudian peserta dapat langsung mengikuti tes yang biasanya dilakukan menggunaakan Komputer. Setelah menyelesaikan soal tes, peserta bisa langsung mengetahui hasil tesnya. Hasil tes tersebutlah yang akan menjadi dasar pakan peserta dinyatakan lulus atau tidak.

5. Pendaftaran Jalur Internasional

Jalur Internasional merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Swasta dalam rangka menerima mahasiswa baru internasional. Hanya ada beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur ini. Anda dapat melihat informasinya di website Universitas Swasta yang membuka jalur ini.

6. Pendaftaran Jalur UMB-PTS

UMB-PTS atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

UMB-PTS ini merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara, atau disingkat P-SPMBN.

Hanya ada beberapa Universitas Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS, yaitu :

Untuk kedepan, semoga Universitas Swasta lain bisa bergabung dalam UMB-PTS ini sehingga peserta yang memilih jalur UMB-PTS dapat memiliki pilihan Universitas Swasta lebih banyak. Informasi lengkap mengenai UMB-PTS dapat anda baca di www.spmb.or.id. Selain itu, dapat pula dibaca pada artikel : Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran UMB-PTS

Selain jalur-jalur yang telah dibahas di atas, masih ada lagi jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang dibuka oleh Universitas Swasta. Anda dapat melihatnya langsung diwebsite resmi masing-masing Universitas Swasta.

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Universitas Swasta. Semoga informasi yang telah dibahas bisa memberikan pencerahan tersebut bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang telah tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan bisa diterima menjadi mahasiswa di  Universitas Swasta pilihan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Amin.

Ayo turut berbagi ini pada teman lainnya dan sukai juga halaman web kami.