Pendaftaran Online UNMER Malang 2024/2025

pmb.unmer.ac.id 2024 -- PMB UNMER Malang, Pendaftaran Online UNMER Malang, Penerimaan Mahasiswa Baru UNMER Malang, Pendaftaran D3 / S1 / S2 / S3 UNMER, Pendaftaran Jalur UNMER Malang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMER Malang, Cara Pendaftaran Kuliah UNMER Malang, Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru Universitas Merdeka Malang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online UNMER Malang 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di UNMER. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

UNMER Malang atau Universitas Merdeka Malang adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Malang, tepatnya berada di Jl. Terusan Raya Dieng 62-64 Malang.

Universitas Merdeka Malang (UNMER Malang) telah berdiri sejak tanggal 29 Januari 1964, yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang (YPTMPM) di Malang (Akta Nomor 5.a tanggal 5 Juli 1964). 

Di tahun 2017, UNMER Malang telah meraih prestasi yang luar biasa yaitu masuk dalam peringkat 44 PTN / PTS Tebaik nasional (versi dirjen dikti), dan 8 PTS terbaik nasional. Selain itu, tentunya masih ada prestasi-prestasi lainnya.

Begitu banyaknya prestasi yang diraih UNMER Malang, tentunya bisa menjadi daya tarik bagi kamu yang ingin kuliah di UNMER Malang.

Ada beberapa program studi yang bisa dipilih di UNMER Malang pada saat kamu mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru. Berikut daftar program studi di UNMER Malang.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari program studi S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Ekonomi Bisnis dan Syariah, D3 Keuangan dan Perbankan, D3 Akuntansi dan Perpajakan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari program studi S1 Ilmu Administrasi Publik, S1 Ilmu Administrasi Bisnis, S1 Ilmu Komunikasi, D3 Bahasa Inggris
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi S1 Teknik Arsitektur, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Elektro
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari program studi S1 Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi S1 Psikologi dengan konsentrasi : Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi S1 Ilmu Hukum
  • Program Diploma Kepariwisataan dengan konsentrasi DIV Pariwisata, DIII Pariwisata, Diklat Pariwisata 1 Tahun
  • Program Magister terdiri dari program studi Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, Magister Arsitektur
  • Program Doktor terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial

Itulah beberapa progam srudi yang ada di UNMER Malang. Silahkan pilih salah satu program studi tersebut pada saat kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru UNMER Malang. Pilihlah program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan bakat yang kamu miliki.

Selanjutnya kamu perlu mengetahui jalur-jalur apa yang dibuka oleh UNMER Malang untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut informasi selengkapnya.

A. Jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UNMER Malang

1. Pendaftaran UNMER Malang Jalur Undangan

Jalur undangan merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi terutama dilihat dari nilai raport-nya.

Seleksi jalur undangan dilakukan tanpa test, namun menggunakan nilai raport. Jika nantinya diterima melalui jalur undangan ini, maka akan mendapat Potongan DPP sampai dengan 50%.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi jalur undangan yaitu :
  • Siswa kelas XII SMA / MA/ SMK
  • Nilai raport semester  I - V rata-rata 82,5 atau 3,30
  • Rata-rata UN yaitu 85

2. Pendaftaran UNMER Malang Jalur SUKSES Vokasi

Jalur SUKSES Vokasi adalah jalur seleksi masuk UNMER Malang untuk program Diploma yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi terutama dilihat dari nilai raport-nya.

Seperti jalur undangan, seleksi jalur SUKSES Vokasi juga dilakukan tanpa tes. Mahasiswa baru yang lulus seleksi melalui jalur ini akan mendapatkan Bebas Biaya Pendidikan sampai dengan 100%.

Hal itu tentunya menjadikan salah satu motivasi untuk bisa lulus seleksi melalui jalur SUKSES Vokasi. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus melalui jalur ini dan akhirnya bisa kuliah gratis.

Persyaratan Jalur SUKSES VOKASI yaitu :
  • Siswa kelas XII SMK
  • Raport semester  I – V rata-rata 80 atau 3,20

3. Pendaftaran UNMER Malang Jalur Prestasi Akademik

Jalur prestasi akademik adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER Malang yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik atau rangking di sekolah.

Seleksi jalur prestasi akademik dilakukan tanpa tes. Nantinya mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini akan mendapatkan Potongan DPP sampai dengan 50 %.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftarkan diri pada jalur pretasi akademik yaitu :
  • Siswa kelas XII atau lulusan SMA / MA/ SMK
  • Nilai rata rata Raport atau ijasah > 85 atau 3,40 
  • Nilai rata-rata UN yaitu 90
  • Rangking di sekolah

4. Pendaftaran UNMER Malang Jalur Prestasi Non Akademik

Jalur Prestasi Non Akademik adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER Malang yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang non akademik seperti di bidang olahraga atau seni.

Bagi kamu yang memiliki prestasi di bidang non akademik, maka silahkan lakukan pendaftaran. Ada pun persyaratan dan ketentuan pendaftaran yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut :

Syarat:
  • Siswa kelas XII atau lulusan SMA/ MA/ SMK
  • Prestasi minat dan bakat olah raga atau seni
Ketentuan :
  • Juara I Tingkat  Kota / Kabupaten
  • Minimal Juara II Tingkat Propinsi, 
  • Minimal Juara III Tingkat Nasional
  • Minimal Juara IV Tingkat Internasional.

5. Pendaftaran UNMER Malang Jalur Non Tes

Jalur Non Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER yang seleksinya dilakukan tanpa tes. Jalur ini hampir sama dengan jalur undangan. Hanya saja, pada jalur undangan, hanya siswa yang mendapat undangan yang bisa mengikutinya. Sedangkan jalur non tes dapat diikuti oleh siswa tanpa harus mendapatkan undangan yang penting memiliki prestasi terutama dilihat dari nilai raport / ijazah, dan nilai UN.

Persyaratan Jalur Non Tes yaitu :
  • Siswa kelas XII atau lulusan SMA / MA/ SMK
  • Nilai rata rata Raport atau ijasah > 80 atau 3,20
  • Nilai rata-rata UN 85

6. Pendaftaran UNMER Jalur Tes

Jalur Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER yang diperuntukkan bagi siswa yang tidak memenuhi persyaratan jalur-jalur di atas. Sesuai namanya, seleksi jalur ini dilakukan melalui tes.

Persyaratan jalur tes yaitu :
  • Siswa kelas XII atau lulusan SMA / MA / SMK yang tidak memenuhi syarat jalur lainnya

7. Pendaftaran Program Pascasarjana UNMER Malang

Selain menerima calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNMER Malang juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Magister dan Doktor. Bagi kamu yang ingin kuliah program pasasarjana, maka UNMER Malang adalah salah satu kampus yang bisa dipilih. Pendaftaran online dilakukan mellau alamat pmb.unmer.ac.id .Informasi pendaftaran lebih dapat kamu baca terlebih dahulu di alamat pasca.unmer.ac.id atau alamat di PMB UNMER Malang.

B. Alur Pendaftaran

Pendaftaran calon mahasiswa baru UNMER Malang dilakukan dengan alur berikut ini :
  1. Membeli token di BRI
  2. Mendaftar online di pmb.unmer.ac.id
  3. Mengikuti ujian / seleksi berkas pendaftaran
  4. Pengumuman kelulusan
  5. Pendaftaran ulang bagi yang lulus

C. Mekanisme Pendaftaran

1. Pendaftaran Online

Pendaftaran secara online diawali dengan cara calon peserta jenjang Diploma / S1 / S2 / S3 datang ke BRI untuk membayar biaya pendaftaran dan kemudian akan mendapatkan nomor token yang digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui laman pmb.unmer.ac.id . Berikut tahapan pendaftaran secara online lengkapnya :
  1. Beli token di teller BRI  cabang terdekat.
  2. Buka laman pmb.unmer.ac.id pilih menu jalur yang sesuai dan pilih daftar sarjana (untuk program S1 dan Diploma) atau pascasarjana (untuk program S2 dan S3)
  3. Masukkan nomor token, lanjutkan dengan pengisian form biodata secara lengkap dan benar dan simpan. Jika proses simpan berhasil maka akan muncul username dan password
  4. Log-in menggunakan username dan password, lakukan upload foto dan cetak kartu tanda peserta pendaftaran
  5. Kirimkan atau serahkan lampiran berkas pendaftaran ke Unmer Malang
  6. Ikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru sesuai jadwal
  7. Lihat pengumuman secara online di pmb.unmer.ac.id  dengan menggunakan username dan password atau lihat pengumuman langsung di kampus UNMER Malang.
  8. Bagi yang lulus, lakukan pendaftaran ulang dengan melakukan pembayaran Biaya Pendidikan melalui BRI cabang terdekat dengan menggunakan identitas nomor pendaftaran
  9. Datang ke UPT-Penerimaan Mahasiswa UNMER Malang untuk memperoleh NIM, Seragam Almamater, KTM, dan ATM.

2. Pendaftaran secara Langsung (Offline)

Pendaftaran secara langsung dilakukan dengan cara calon mahasiswa (Diploma / S1 / S2 /S3) datang langsung ke tempat pendaftaran di alamat berikut :

Program S1 / Diploma:
UPT-Penerimaan Mahasiswa,Gedung kantor Pusat
Jl. Terusan Raya Dieng no 62-64 Malang 65146
Telp. 0341-568395 ext. 324 dan 501
email: pmb@unmer.ac.id
contact person: Tiwi: 0822 3046 8912 & Diyah: 0822 3046 8921
Program Pascasarjana :
Bagian Administrasi Akademik dan Admisi
Gedung Pascasarjana  Jl. Terusan Raya Dieng no 59 Malang 65146
Telp. 0341-582881, 0341-568395 ext. 253
email: aris.siswati@unmer.ac.id
contact person: Aris: 081357778105 
Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNMER Malang berserta alur dan mekanisme pendaftarannya. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dibaca langsung di alamat pmb.unmer.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNMER Malang

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online UNMER Malang. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu terutama bagi kamu yang ingin kuliah di UNMER Malang.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di UNMER Malang pada tahun ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please share this article to your friends