Pendaftaran Online STTD 2018/2019 (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

www.sttd.ac.id 2018 -- Sipencatar STTD, Pendaftaran Online STTD, Pendaftaran Sekolah Tinggi Kedinasan STTD, Pendaftaran Calon Taruna Baru STTD, Pendaftaran Kuliah Ikatan Dinas di STTD, Seleksi Penerimaan Taruna Baru STTD, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, STTD. 2020. 2021.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online STTD 2018/2019 (Sekolah Tinggi Transportasi Darat). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda alam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STTD. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah sebuah Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik di bidang transportasi darat.

Lokasi STTD yaitu di Jl. Raya Setu KM. 3,5 Cibuntu, Cibitung Bekasi, Telp. (021) 8254640, 82608995-6.

STTD pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan singkatan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 8 September 1951. Kemudian mengalami kendala sehingga tidak dioperasikan. Siring perkembangan teknologi transportasi dan pertumbuhan lalu lintas, maka STTD kembali dioperasikan.

Pada tanggal 5 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas kembali dioprasikan dan memilik nama bar yaitu Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR).

Pada tanggal 10 Maret 2000, atas dasar Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang berlaku hingga saat ini.

Pada saat ini, STTD telah menyelenggarakan beberapa program studi yaitu sebagai berikut :
  • Diploma II PKB, Diploma III LLAJ, Diploma III LLASDP, Diploma III Perkeretaapian, dan Diploma IV Transportasi Darat

Dari sejumlah Program Diploma yang diselengarakan oleh STTD, mungkin ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon taruna baru STTD.

Pada tahun ini, STTD kembali memberikan kesempatan kepada putra putri Indonesia untuk menjadi taruna baru melalui seleksi penerimaan taruna baru.

Bagi anda yang berminat untuk menjadi calon taruna baru STTD, maka anda dapat melakukan pendaftaran. Namun sebelumnya anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. D-IV TRANSDAR (Transportasi Darat), persyaratan ijazahnya :
  • SMU/MA IPA, 
  • Paket C (IPA),
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

2. D-III LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), persyaratan ijazahnya :
  • SMU/MA IPA,
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

3. D.III Perkeretaapian, persyaratan ijazahnya :
  • SMU/MA IPA,
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni baru juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

B. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id  (buka disini) untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk penjelasan mengenai tata cara pendaftarannya, silahkan baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Jenis dan Tahapan Seleksi STTD

D. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran ditanggung oleh calon taruna yang dibayarkan melalui Bank. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apaun. Harap disimpan dengan baik bukti pembayaran tersebut karena berguna sebagai bukti.

E. Jadwal Pelaksanaan STTD dan Lokasi Tes

G. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil seleksi Poltekip & Poltekim , serta sekolah ikatan dinas lainnya dapat dilihat pada artikel : Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas.

H. Lain-lain
  • Keterangan lain yang belum dimuat disini dapat anda lihat langsung di website STTD di alamat www.sttd.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STTD.

Informasi Lanjutan, untuk sekolah tinggi, politeknik, dan akademik lainnya, baca selengkapnya di artikel ini : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online STTD. Semoga informasi yang telah diberikan di atas dapat bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk STTD. Admin juga mengucapkan terima kasih untuk anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini.

Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses selalu untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) informasi ini atau share (FB) pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.