Pendaftaran Online PTDI STTD 2024/2025 (Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD)

ptdisttd.ac.id 2024 -- Penerimaan Sipencatar PTDI STTD, Pendaftaran Online PTDI STTD, Pendaftaran Sekolah Tinggi Kedinasan PTDI STTD, Pendaftaran Calon Taruna Baru PTDI STTD, Pendaftaran Kuliah Ikatan Dinas di PTDI STTD, Seleksi Penerimaan Taruna Baru PTDI STTD, Sekolah Tinggi Transportasi Darat, PTDI STTD. jadwal pendaftaran sttd, pembukaan pendaftaran sttd, tanggal pendaftaran sttd, syarat pendaftaran sttd, persyaratan sttd, persyaratan masuk sttd, tes masuk sttd. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online PTDI STTD 2024/2025 (Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD). Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda alam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STTD. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) atau yang sekarang bernama Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD yang disingkat PTDI - STTD adalah sebuah Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik di bidang transportasi darat.

Lokasi PTDI STTD yaitu di Jl. Raya Setu KM. 3,5 Cibuntu, Cibitung Bekasi, Telp. (021) 8254640, 82608995-6.

PTDI STTD pertama kali didirikan dengan nama Akademi Lalu Lintas yang dikenal dengan singkatan ALL dan diresmikan oleh Presiden RI pertama, Bapak Ir. Soekarno pada tanggal 8 September 1951. Kemudian mengalami kendala sehingga tidak dioperasikan. Siring perkembangan teknologi transportasi dan pertumbuhan lalu lintas, maka STTD kembali dioperasikan.

Pada tanggal 5 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas kembali dioprasikan dan memilik nama bar yaitu Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR).

Pada tanggal 10 Maret 2000, atas dasar Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

Pada Desember 2019, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) resmi menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) - STTD yang didasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 50 tahun 2019.

Pada saat ini, PTDI STTD telah menyelenggarakan beberapa program studi yaitu sebagai berikut :
  • Diploma IV Transportasi Darat
  • Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
  • Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian

Dari sejumlah program studi yang diselengarakan oleh PTDI STTD, mungkin ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon taruna baru PTDI STTD.

Pada tahun ini, PTDI STTD kembali memberikan kesempatan kepada putra putri Indonesia untuk menjadi taruna baru melalui seleksi penerimaan taruna baru.

Bagi anda yang berminat untuk menjadi calon taruna baru PTDI STTD, maka anda dapat melakukan pendaftaran. Namun sebelumnya anda harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran berikut ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. D-IV Transportasi Darat, persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA IPA sederajat
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

2. D-III Manajemen Transportasi Jalan (MTJ), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA IPA sederajat
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

3. D.III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MT), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA IPA sederajat
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika

B. Persyaratan Pendaftaran PTDI STTD

Selain harus memenhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni baru juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

B. Alur Pendaftaran PTDI STTD
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id  (buka disini) untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk penjelasan mengenai tata cara pendaftarannya, silahkan baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Jenis dan Tahapan Seleksi PTDI STTD

D. Biaya Pendaftaran PTDI STTD

Biaya pendaftaran ditanggung oleh calon taruna yang dibayarkan melalui Bank. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap disimpan dengan baik bukti pembayaran tersebut karena berguna sebagai bukti.

E. Jadwal Pelaksanaan PTDI STTD dan Lokasi Tes

G. Pengumuman Hasil Seleksi PTDI STTD

Pengumuman hasil seleksi Poltekip & Poltekim , serta sekolah ikatan dinas lainnya dapat dilihat pada artikel : Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas.

H. Lain-lain
  • Keterangan lain yang belum dimuat disini dapat anda lihat langsung di website STTD di alamat www.ptdisttd.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PTDI STTD.

Informasi Lanjutan, untuk sekolah tinggi, politeknik, dan akademik lainnya, baca selengkapnya di artikel ini : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online PTDI STTD (Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD). Semoga informasi yang telah diberikan di atas dapat bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk PTDI STTD. Admin juga mengucapkan terima kasih untuk anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini.

Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses selalu untuk kita semua. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih dan salam sukses.