Pendaftaran Online Telkom University 2024/2025

smb.telkomuniversity.ac.id 2024 -- Pendaftaran Mahasiswa Baru Telkom University, SMB Telkom University, PMB Telkom University, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Telkom University, Informasi Pendaftaran Sarjana / Diploma / Pascasarjana Telkom University, Jalur Masuk Telkom University, Jalur Prestasi Akademik (JPA), Program Lanjutan, Computer Based Test (CBT), Jalur Bidikmisi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Telkom University 2024/2025. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda terutama yang akan kuliah di Telkom University. Mari simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Telkom University (TEL-U)

Telkom University yang disingkat dengan TEL-U atau kadang juga disebut Universitas Telkom merupakan Perguruan Tinggi Swasta dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom.

Telkom University (TEL-U) merupakan penggabungan dari empat Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Telkom University telah didirikan pada 14 Agustus 2013. Lokasi Kampus utama Telkom University (TEL-U) terletak di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex. Sedangkan lokasi kampus lainnya terletak di daerah Gegerkalong Hilir, di kompleks perkantoran PT. Telkom, Bandung, Indonesia.

Moto dari Telkom University adalah Creating the Future atau dalam bahasa Indonesia adalah Menciptakan Masa Depan. 

Fakultas dan Program Studi untuk jenjang Sarjana (S1) maupun jenjang Magister (S2) yang ada di Telkom University yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Teknik Elektro (FTE) terdiri dari S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Elektro, S1 Sistem Komputer, S1 Teknik Fisika, S1 Teknik Telekomunikasi (International Class)
  • Fakultas Rekayasa Industri (FRI) terdiri dari S1 Teknik Industri, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Industri (International Class), S1 Sistem Informasi (International Class)
  • Fakultas Teknik Informatika (FIF) terdiri dari S1 Teknik Informatika, S1 Computational & Data Science, S1 Teknik Informatika (International Class)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari S1 International ICT Business, S1 MBTI, S1 Akuntansi
  • Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) terdiri dari S1 Ilmu Komunikasi, S1 Administrasi Bisnis, S1 Administrasi Bisnis (International Class)
  • Fakultas Industri Kreatif (FIK) terdiri dari S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Kriya Tekstil dan Mode (Fashion Desain), S1 Desain Interior, S1 Desain Produk, S1 Seni Rupa Intermedia
  • Fakultas Ilmu Terapan (FIT) terdiri dari D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Informatika, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Teknik Komputer, D3 Manajemen Informatika, D3 Komputerisasi Akuntansi, D3 Perhotelan, dan D4 Sistem Multimedia
  • Program Pascasarjana (S2) terdiri dari S2 Teknik Elektro dan Telekomunikasi, S2 Informatika, S2 Manajemen, dan S2 Teknik Industri

Itulah sekilas informasi tentang Telkom University (TEL-U). Dari salah satu program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati, untuk itu segera daftarkan diri anda agar bisa menjadi mahasiswa Telkom University (TEL-U). Kita lanjutkan kembali pembahasan tentang jalur-jalur penrimaan mahasiswa baru Telkom University (TEL-U).

Pada tahun ini, Telkom University (TEL-U) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur yaitu Jalur Prestasi Akademik (JPA), Jalur untuk Program Lanjutan, Computer Based Test (CBT), dan Jalur Bidikmisi, serta Program Pascasarjana.

Langsung saja kita bahas jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Telkom University (TEL-U). Simak dengan baik pembahasannya berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran untuk Semua Jalur Masuk Telkom University (TEL-U)
  1. Akses alamat pendaftaran : di http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba
  2. Verifikasi Email Pendaftaran
  3. Mengisi form biodata
  4. Pilih Jalur Seleksi dan Pesan Nomor transaksi
  5. Tukarkan nomor transaksi dengan kode aktivasi yang terdiri dari 8 digit kombinasi huruf dan angka di Bank Mandiri atau BNI.
  6. Siapkan Berkas Raport dan Surat Rekomendasi Perusahaan (Khusus USM) dan Foto dengan ukuran maksimal 500kb.
  7. Login kembali di smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba dengan menggunakan username (id portal) dan password sebelumnya.
  8. Masukan kode aktivasi.
  9. Isi semua form secara lengkap dan benar.
  10. Pendaftaran dinyatakan berhasil jika peserta telah mencetak kartu tanda peserta

Setelah memahami tata cara pendaftaran online di atas, selanjutnya admin akan memberikan penjelasan tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Telkom University (TEL-U).

A. Pendaftaran Online JPA Telkom University

Jalur Prestasi Akademik (JPA) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/ Sederajat lulusan tahun ini atau lulusan 1 tahun lalu dengan seleksi didasarkan pada nilai rapot dari semester 1 sampai semester 4 (kelas X sampai XI).

Biasanya jalur JPA ini dibuka untuk 2 gelombang, jadi yang belum lulus pada gelombang I, maka bisa mendaftar di gelombang II.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba dengan tata cara seperti yang telah dijelaskan di atas.

B. Pendaftaran Online CBT Telkom University

Computer Based Test (CBT) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru Telkom University yang ujian seleksinya menggunakan komputer.

Calon peserta yang boleh mendaftar adalah siswa-siswi SMA / SMK / MA Kelas 12 atau yang sudah lulus sekolah maksimal 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan secara online melalui alamat http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba. Tata cara pendaftarannya bisa dilihat kembali di atas. 

C. Pendaftaran Online Program Lanjutan D3 Ke S1

Program Lanjutan merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru untuk menerima peserta Program Pindahan / Ekstensi dari jenjang Diploma-3 (D3) ke jenjang Sarjana (S1), dengan salah satu syaratnya adalah maksimal lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Tata cara pendaftarannya bisa dilihat kembali di atas dengan pendaftaran online melalui alamat : http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba

D. Pendaftaran Online Bidikmisi Telkom University

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan juga memiliki potensi akademik yang baik.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat website resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Lengkapi semua persyaratan yang diminta dan ikuti prosedur yang ada. Informasi selengkapnya tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan, tata cara pendaftaran dan hal-hal lainnya bisa dibaca pada Panduan Pendaftaran Bidikmisi

Selain bantuan pendidikan berupa bidikmisi, Telkom University juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berupa Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Pintar. Selengkapnya bisa dibaca di website Telkom University.

E. Pendaftaran Online Program Pacasarjana Telkom University

Pada tahun ini, Telkom University kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Bagi anda yang berminat untuk menjadi mahasiswa pascasarjana Telkom University, segera daftarkan diri anda dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Pendaftaran dilakukan melalui alamat website http://smb.telkomuniversity.ac.id/porsimaba . Ikuti langkah-langkah pendaftaran seperti yang telah dijelaskan di atas.

Untuk jenis kelas di Program Pascasarjana Telkom University terdapat beberapa kelas pilihan yaitu kelas reguler, kelas reguler khusus, kelas non reguler, dan ada juga pembelajaran jarak jauh (PJJ). Silahkan anda memilih yang sesuai dengan keinginan anda. Informasi lainnya dapat dilihat pada alamat web Telkom University.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk Telkom University. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Telkom University.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online Telkom University. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi anda. Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. 

Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.