Pendaftaran Online IAIN Ternate 2024/2025

pmb.iain-ternate.ac.id 2024 -- PMB IAIN Ternate, Cara Pendaftaran IAIN Ternate Online, Informasi Pendaftaran Maba IAIN Ternate, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ternate, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Ternate, Pendaftaran Kuliah IAIN Ternate, Jalur Mandiri, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Online PTKIN ; IAIN Ternate. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Ternate 2024/2025. Informasi ini disampaikan bagi siswa-siswi yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Ternate. Langsung kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Ternate atau Institut Agama Islam Negeri Ternate adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Ternate provinsi Maluku Utara, tepatnya di Jl. Lumba-Lumba Kelurahan Dufa-Dufa, Kota Ternate, Maluku Utara, Bendera Indonesia.

IAIN Ternate didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417.

Program Studi di IAIN Ternate, yaitu :
Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah, Muamalat, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Sejarah dan Peradaban Islam, dan D3 Perbankan Syari'ah
Dari sejumlah program studi yang ada di IAIN Ternate, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Maka dari itu, silahkan pilih salah satu program studi yang kamu minati tersebut pada saat pendaftaran mahasiswa baru.

Pada tiap tahun ajaran baru, IAIN Ternate membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur seleksi nasional ataupun jalur mandiri. Untuk mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi tersebut, mari simak di bawah ini.

A. Pendaftaran IAIN Ternate Jalur SPAN-PTKIN

Jalur pertama yang dibuka di IAIN Ternate adalah jalur SPAN-PTKIN. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Seleksi jalur SPAN-PTKIN dilakukan tanpa tes, namun didasarkan pada prestasi siswa sesuai ketentuan.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data pendaftaran di PDSS SPAN-PTKIN melalui alamat www.span-ptkin.ac.id . Siswa yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses untuk login pendaftaran atau melengkapi data di alamat web tersebut.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, biaya, mekanisme seleksi, daftar PTKIN, dan lain sebagainya telah admin siapkan pada artikel berikut ini :
Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN
B. Pendaftaran IAIN Ternate Jalur UM-PTKIN

Jalur selanjutnya yang dibuka yaitu jalur UM-PTKIN. Jalur ini seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Calon peserta yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, baik yang berprestasi ataupun yang tidak.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Calon peserta mengakses alamat tersebut kemudian mengisi data hingga mendapatkan kode bayar. Lalu membayar biaya pendaftaran, dan kembali lagi mengakses alamat tersebut untuk melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN seperti persyaratan, cara mendaftar, biaya, jadwal, ujian seleksi, daftar PTKIN dan program studi, serta keterangan lainnya dapat dibaca pada artikel berikut :
Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM-PTKIN
C. Pendaftaran IAIN Ternate Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang diadakan oleh IAIN Ternate untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis. Jalur ini dibuka setelah jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN berakhir.

Bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi atau yang tidak lulus seleksi jalur sebelumnya, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat web pmb.iain-ternate.ac.id. Biasanya pendaftaran dibuka untuk 2 gelombang. Gelombang pertama sekitar bulan Mei dan gelombang kedua sekitar bulan Agustus. Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung melalui alamat pmb.iain-ternate.ac.id
Baca juga : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN di Indonesia
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Ternate

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. IAIN Ternate turut membantu calon mahasiswa yang demikian itu. 

Silahkan baca informasi lanjutan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Ternate

IAIN Ternate juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri pada program Pascasarjana ini, silahkan baca terlebih dahulu informasi di website resmi IAIN Ternate di alamat pmb.iain-ternate.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Ternate. Silahkan pilih jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk lulus seleksi. Untuk informasi penting terkait jalur seleksi masuk ke IAIN Ternate, silahkan baca lebih lanjut di alamat pmb.iain-ternate.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Ternate

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Ternate. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di IAIN Ternate. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan salam sukses.