Pendaftaran Online IAIN Pontianak 2024/2025

iainptk.ac.id/sipenmaru 2024 -- PMB IAIN Pontianak, Cara Pendaftaran Online IAIN Pontianak, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / Bidikmisi / PMB Mandiri IAIN Pontianak, KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Pontianak, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Pontianak, Pendaftaran Kuliah IAIN Pontianak, Penerimaan Pendaftaran Maba. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Pontianak 2024/2025. Informasi ini diharapkan dapat membantu calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Pontianak. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Pontianak atau Institut Agama Islam Negeri Pontianak adalah salah satu PTKIN yang ada di Indonesia yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat, di Jl. Letnan Jendral Soeprapto No. 19.

Pendiriannya dilakukan pada 12 Dzulqaidah 1417 H / 21 Maret 1997 M dengan didasarkan pada SK Presiden RI No. 11, tahun 1997.

Visi IAIN Pontianak :
  • Ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman serta kebudayaan Borneo.

Misi IAIN Pontianak adalah:
  • Menyelenggarakan pendidikan yang ulung dalam bidang kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo;
  • Mengembangkan kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo dengan basis riset;
  • eningkatkan peran pengabdian dalam upaya menyelesaikan persoalan kemasyarakatan;
  • Membentuk insan akademik yang mandiri dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan;
  • Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama institusional dalam upaya mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni keagamaan Islam Borneo.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Pontianak :
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dengan Jurusan: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA)
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan Jurusan: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Manajemen Dakwah (MD), Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT), Perbandingan Agama (PA)
  • Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam dengan Jurusan:, Ekonomi Islam (EI), Muamalah, Perbankan Islam (PI), Akhwalus Syakhsiyah (AS)
  • Pasca Sarjana dengan Jurusan: Magister Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi: Guru Pendidikan Agama Islam, Pengawas Pendidikan Agama Islam

Itulah beberapa program studi yang ada di IAIN Pontianak. Bagi kamu yang ingin kuliah di IAIN Pontianak, maka dapat memilih program studi yang ada tersebut dan disesuaikan dengan kemampuan, minat, dan bakatmu.

Berikut ini admin berikan informasi jalur-jalur seleksi peneriman mahasiswa baru IAIN Pontianak. Silahkan disimak dan ikuti jalur yang kamu inginkan.

A. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport. Jalur ini merupakan salah satu jalur masuk ke IAIN Pontianak.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah.

Pemberian rekomendasi dilakukan dengan cara Kepala Sekolah mengisi data siswa di PDSS SPAN-PTKIN di alamat www.span-ptkin.ac.id. Setelah itu, masing-masing siswa akan mendapatkan kode akses pendaftaran.

Siswa menggunakan kode akses tersebut unuk login ke alamat di atas kemudian melakukan pengisian data pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta SPAN-PTKIN.

Panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, tahapan seleksi, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah PTKIN dan program studi pilihan, dan keterangan lainnya dapat dibaca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini juga merupakan salah satu jalur masuk ke IAIN Pontianak.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh calon peserta. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui alamat web www.um-ptkin.ac.id kemudian pilih menu daftar.

Sebelum mendaftar online, terlebih dahulu calon peserta membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Setelah mendapatkan kode akses, maka dapat mendaftar online ke alamat web di atas.

Informasi seperti persyaratan pendaftaran, biaya pendataran, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, jumlah PTKIN dan program studi pilihan, dan informasi penting lainnya dapat dibaca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN.

C. Pendaftaran IAIN Pontianak Jalur SPMB Mandiri

Jalur SPMB Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang dibuka oleh IAIN Pontianak untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dan sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak lulus pada jalur sebelumnya.

Calon mahasiswa langsung mendaftar di Sub. Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Gedung Biro AUAK IAIN Pontianak atau mendaftar secara online melalui alamat iainptk.ac.id/sipenmaru

Informasi penting lainnya dapat dilihat dan dibaca pada alamat iainptk.ac.id
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Pontianak

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi untuk melanjutkan studi pada jenjang D3 dan S1.

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat di website resmi IAIN Pontianak atau silahkan baca pada artikel ini : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Pontianak

Selain menerima mahasiswa baru jenjang S1 dan Diploma, IAIN Pontianak juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk Program Magister yaitu sebagai berikut ini:
  • Fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Surat Keterangan atasan langsung (bagi yang bekerja)
  • Pas foto berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Berkas-berkas tersebut di atas kemudian diserahkan langsung kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Pontianak, Lantai II Gedung Prof. Saifuddin Zuhri IAIN Pontianak, Jl. Letjend Soeprapto No. 19 Pontianak

Kontak :
Fax: 0561-734170, HP/WA: 081253594710, email: pascaiainpontianak@gmail.com
Setelah terdaftar sebagai calon mahasiswa baru Pascasarjana IAIN Pontianak, kemudian calon mahasiswa baru mengikuti tes masuk yang diadakan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Untuk informasi lebih lanjut yang diperlukan dapat dilihat dan dibaca pada alamat iainptk.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Pontianak. Untuk infomasi penting lainnya yang diperlukan dapat dibaca pada alamat iainptk.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Pontianak.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Pontianak. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang ingin kuliah di kampus ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share this article.