Pendaftaran Online IAIN Manado 2024/2025

pmb.iain-manado.ac.id 2024 -- Cara Pendaftaran IAIN Manado Online, PMB IAIN Manado, Informasi Pendaftaran Maba IAIN Manado, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Manado, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Manado, Pendaftaran Kuliah IAIN Manado, Jalur Mandiri, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Online PTKIN ; IAIN Manado. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Online IAIN Manado 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi yang berkeinginan untuk kuliah di IAIN Manado. Mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Manado atau Institut Agama Islam Negeri Manado adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia yang berada di Manado.

Lokasi kampus IAIN Manado berada di bagian timur Kota Manado, tepatnya di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paldua.

Sejarah pendirian IAIN Manado bermula dari pendirian Institut Agama Islam (IAI) Manado. Kemudian pada tahun 1990, IAI Manado diasiliasikan dengan Fakultas Syari’ah IAIN Alauddin (sekarang UIN) Makassar.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1997 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 197 Tahun 1997, Fakultas Syari’ah Filial IAIN Alauddin ini menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado dan resmi terpisah dari lembaga induknya, yakni IAIN Alauddin Makassar.

Pada bulan November tahun 2015, STAIN Manado beralih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 147 tentang Perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado.

Adapun Fakultas dan Program Studi di IAIN Manado yaitu :
  • Fakultas Syariah terdiri dari program studi : Ahwal Al Syakhsiyyah, Hukum Ekonomi Syariah, dan Zakat Wakaf.
  • Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, dan Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Ushuluddin terdiri dari program studi : Ilmu Alquran Dan Tafsir, Sosiologi Agama, Sejarah Peradaban Islam, Manajemen Dakwah, Komunikasi Penyiaran Islam, dan Psikologi Islam
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi : Ekonomi Syariah, dan Perbankan Syariah
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Ahwalul Syaksiyah, Ekonomi Syariah, dan Manajemen Pendidikan Islam

Dari beberapa program studi yang ada di IAIN Manado tersebut, mungkin salah satunya ada yang kamu minati, untuk itu, silahkan daftarkan diri di kampus ini pada saat penerimaan mahasiswa baru di buka.

Informasi berikutnya yang perlu diketahui yaitu mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Manado. IAIN Manado membuka jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, jalur Mandiri, dan Bidikmisi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru, serta penerimaan program Pascasarjana. Berikut admin berikan informasi selengkapnya.

A. Pendaftaran IAIN Manado Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN marupakn jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke UIN/ IAIN / STAIN di Indonesia, salah satunya IAIN Manado.

Seleksi jalur ini dilakukan tanpa tes, tetapi didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport dan prestasi relevan lainnya.

Berdasarkan keterangan tersebut, dapat diketahui bahwa yang bisa mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN hanyalah siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini, serta memenuhi persyaratan lainnya.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat span-ptkin.ac.id . Kepala Sekolah memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS SPAN-PTKIN melalui alamat web tersebut.

Siswa-siswi yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses untuk melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta melalui alamat web di atas.

Informasi penting lainnya seperti persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, mekanisme seleksi, jadwal pelaksanaan, pilihan PTKIN dan program studi, serta keterangan lainnya dapat di baca pada artikel yang telah admin siapkan berikut ini :
Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN-PTKIN
B. Pendaftaran IAIN Manado Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Manado.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, baik yang berprestasi maupun yang tidak berprestasi.

Pendaftaran UM-PTKIN dilaksanakan secara online melalui alamat um-ptkin.ac.id . Calon peserta mengakses alamat tersebut kemudian melakukan pendaftaran data awal hingga mencetak bukti pembayaran biaya pendaftaran.

Selanjutnya membayar biaya pendaftaran di Bank, dan akan mendapatkan kode untuk login kembali ke alamat web di atas untuk melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN seperti persyaratan, biaya, ujian seleksi, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, jadwal, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut ini :
Panduan Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN
C. Pendaftaran IAIN Manado Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang diadakan oleh IAIN Manado untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat akademik.iain-manado.ac.id dengan klik tombol "daftar" . Lakukan pengisian data pada alamat web tersebut hingga mencetak kartu peserta.

Jalur ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi calon peserta yang belum diterima di IAIN Manado karena jalur ini merupkan jalur terakhir. Jadi persiapkan diri dengan sebaik mungkin agar harapanmu untuk diterima di IAIN Manado dapat terwujudkan.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri IAIN Manado dapat dilihat pada alamat web tersebut dan untuk informasi jalur mandiri PTKIN lainnya dapat dibaca pada artikel berikut :
Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTKIN di Indonesia
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Manado

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi unggul.

IAIN Manado turut memberikan KIP Kuliah untuk calon mahasiswanya. Persyaratan khusus yang harus dipenuhi salah satunya yaitu calon peserta terdaftar pada salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Manado : jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, atau jalur Mandiri.

Selain harus terdaftar pada salah satu jalur tersebut, tentunya calon peserta juga harus memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh panitia seleksi.

Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel ini : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Manado

IAIN Manado juga melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Bagi Bagi anda yang berkeinginan untuk mendaftarkan diri di Pascasarjana IAIN Manado, maka silahkan baca terlebih dahulu informasi di alamat web berikut : pasca.iain-manado.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Manado, untuk infromasi lain yang diperlukan dapat dibaca secara langsung melalui website resmi IAIN Manado di alamat iain-manado.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Manado

Baca juga :

Demikian informasi mengenai Pendaftaran Online IAIN Manado. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu terutama yang ingin kuliah di kampus ini.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di IAIN Manado sebagai mahasiswa baru. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses dengan yang kamu lakukan. Aamiin.