Pendaftaran Online IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2024/2025

www.syekhnurjati.ac.i 2024 -- SPMB IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cara Pendaftaran Online IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / PMB Jalur Mandiri IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Bidikmisi, KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Informasi Pendaftaran Kuliah Jenjang Diploma / S1 / S2 / S3 IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Online IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke IAIN Tulungagung. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah salah satu PTKIN di Indonesia yang berada di Kota Cirebon, tepatnya di Jalan Perjuangan, Sunyaragi, Kesambi, Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon :

Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi :
  • Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI), Jurusan Tadris Matematika (TMTK), Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam Biologi (IPA-Biologi), Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiah (PGMI), Jurusan Pendidikan Radhotul Afla (PGRA), Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBInd)
Fakultas Syariah terdiri dari program studi :
  • Jurusan Akhwal Asy-Syakhsiyah (AAS), Jurusan Muamalat/Ekonomi  (MA), Jurusan Perbankan Islam (PS)
Fakultas Ussuludin Adab dan Dakwah terdiri dari program studi :
  • Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Jurusan Filsafat  Agama (FA), Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT), Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Ilmu Hadis (IH)
Program Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syari`ah, Perdata Islam, dan Konsentrasi Psikologi Pendidikan Islam.

Dari beberapa program studi yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, mungkin salah satunya ada yang diminat, untuk itu silahkan pilih salah satu program studi tersebut pada saat kamu mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ayo kita simak informasinya berikut ini.

A. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa-siswinya secara online di alamat web www.span-ptkin.ac.id . Setelah itu, siswa akan diberi kode akses pendaftaran untuk melakukan pengisian data pendaftaran secara online di alamat tersebut.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, biaya, tahapan seleksi, jumlah pilihan PTKIN, daftar PTKIN di Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN
B. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia. 

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Sebelum mendaftar online, terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan kode akses pendaftaran. Setelah mendapatkan kode akses, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran.

Informasi lengkap seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal, biaya, daftar PTKIN pilihan, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :
C. Pendaftaran IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jalur SPMB Mandiri 

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang diadakan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

1. Persyaratan Pendafaran
  1. Lulusan SMA / MA / SMK / MAK / Paket C / Pesantren Mu’adalah yang merupakan lulusan 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran;
  3. Pembayar biaya pendaftaran

2. Persyaratan Penerimaan
  1. Lulus SLTA sederajat dibuktikan dengan salinan Ijazah & SKHUN legalisir;
  2. Lulus seleksi SPAN-UM PTKIN atau SPMB Mandiri;
  3. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKKB atau SKCK;
  4. Sehat jasmani rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas;
  5. Mengisi biodata online di sc.syekhnurjati.ac.id/spmb
  6. Membayar UKT yang telah ditetapkan

3. Prosedur Pendaftaran
  1. Calon Mahasiswa mendaftarkan diri secara online melalui laman sc.syekhnurjati.ac.id/spmb dengan cara memilih menu Pendaftaran Mahasiswa Baru lalu mengisi NIK, Nama, Email dan Pilihan Jurusan yang menjadi prioritas kemudian klik Simpan Pendaftaran. 
  2. Kemudian melanjutkan pendaftaran online dengan memilih menu Login kemudian memasukkan ID Pendaftaran dan Password dan klik Submit.
  3. Melengkapi biodata, data sekolah, data orang tua, dan kondisi ekonomi secara lengkap. 
  4. Kemudian mencetak bukti pendaftaran online untuk mendapatkan kode biller pembayaran biaya pendaftaran
  5. Calon Mahasiswa membayar biaya pendaftaran di Bank Mandiri sesuai kode biller yang tertera pada bukti pendaftaran online
  6. Calon Mahasiswa mencetak Kartu Ujian melalui sc.syekhnurjati.ac.id/spmb dengan User ID dan Password yang tertera pada bukti pendaftaran online 3 (tiga) hari setelah pembayaran.
  7. Calon Mahasiswa mengikuti Ujian Tertulis dan Ujian Lisan/Wawancara sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Ujian dan membawa Kartu Ujian, Kartu Identitas, Ijazah/SKL dan Alat Tulis yang diperlukan.

4. Biaya Pendidikan (UKT)

Mahasiswa membayar UKT paling mahal Rp 1.750.000,00 setiap semester. Untuk tingkat ekonomi rendah, mahasiswa hanya dikenakan UKT sebesar Rp 400.000,00

D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Syekh Nurjati Cirebon

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi serta memiliki potensi akademik baik.

Informasi lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

D. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Untuk  info lebih lanjut bisa datang langsung ke sekertariatan Program Pascasarjana  IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jl. Perjuangan.


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi IAIN Syekh Nurjati Cirebon di alamat web.syekhnurjati.ac.id atau www.syekhnurjati.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IAIN Syekh Nurjati Cirebon tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan di atas dapat memberikan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Disini admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Aamiin. Terima kasih dan salam sukses.