Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online IAIN Surakarta 2017/2018

www.iain-surakarta.ac.id 2017 -- IAIN Surakarta, Pendaftaran IAIN Surakarta Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Surakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Surakarta, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Surakarta, Jalur SPAN-PTKIN, UM PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2019. 2020.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi Pendaftaran Online IAIN Surakarta 2017/2018. Sebelum menjelaskan hal tersebut, admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang IAIN Surakarta

Institut Agama Islam Negeri Surakarta atau yang sering disebut dengan IAIN Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di dibawah Naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

IAIN Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang berlokasi di Jalan Pandawa Pucangan Kartasura Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. 

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta ini pada mulanya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Pergantian nama tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2011.

IAIN Surakarta telah mempunyai beberapa Fakultas, yaitu :  
  • Fakultas Ushuludin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan Pascasarjana terdiri dari Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Manajemen Keuangan dan Perbankan syariah (MKPS), dan Ilmu Qur'an dan Tafsir (IQT).

Itulah sekilas informasi tentang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan anda terutama yang akan kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Pada tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta membuka beberapa jalur seleksi, baik jalur seleksi Nasional yng terdiri dari SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, maupun jalur seleksi Mandiri dan juga ada jalur Bidikmisi.

Anda harus lulus seleksi melalui salah satu jalur di atas agar bisa menjadi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus melakukan persiapan diri semaksimal mungkin dan juga harus diiringi dengan doa. Semoga dengan doa dan usaha sungguh-sunggung yang anda lakukan bisa menghasilkan sesuatu yang anda harapkan.

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Pahami penjelasannya berikut ini.

I. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN IAIN Surakarta

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang yang didasarkan ada prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah. Siswa yang berprestasi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya itu berkesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Jalur SPAN-PTKIN ini merupakan jalur seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Agama Keagamaan Islam Negeri seperti UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indoensia.

Pendaftaran dilakukan melalui website resmi SPAN-PTKIN yaitu www.span-ptkin.ac.id. Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mengisikan data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran. Kemudian Kepala sekolah/madrasah mendapatkan User ID dan Password yang diberikan kepada siswa untuk melakukan pendaftaran online.

Siswa login ke alamat website di atas menggunakan User ID dan Password yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah. Kemudian mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan mencetak kartu pendaftaran.

Informasi selengkapnya tentang SPAN-PTKIN seperti jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, persyaratan, nama-nama PTKIN, dan hal lainnya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN.

II. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Surakarta

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri seperti UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia melalui ujian tertulis.

Pendaftaran jalur UM-PTKIN dilakukan sendiri oleh peserta melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Setelah login ke alamat website tersebut, kemudian lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar. Anda bisa memilih IAIN Surakarta sebagai Perguruan Tinggi yang anda minati. Setelah selesai mengisi data, jangan lupa untuk mencetak kartu ujian.

Informasi selengkapnya tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya seleksi, jadwal lengkap pelaksanaan, kelompok ujian, kriteria penerimaan, nama-nama PTKIN, dan hal terkait lainnya dapat anda baca pada Panduan Pendaftaran UM-PTKIN.

III. Pendaftaran Online Jalur Mandiri IAIN Surakarta

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan secara khusus oleh panitia lokal dari IAIN Surakarta yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di IAIN Surakarta.

Jalur seleksi ini bisa disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang tidak lulus seleksi jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN. 

Persyaratan Peserta
  • Calon peserta merupakan lulusan dari SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Untuk lulusan 2 tahun yang lalu sudah harus memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara
  • Untuk lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap dari sekolah/madrasah.

Tata Cara Pendaftaran
  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://administrasi.iain-surakarta.ac.id/pmb
  • Calon peserta mengisi biodata, mengunggah foto (File foto ukuran 400 x 600 pixel), memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran.
  • Calon peserta menggunakan User ID dan Password yang sudah diperoleh untuk melakukan pembayaran di Bank BRI.
  • Selanjutnya mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SPMB Jalur Mandiri.

Informasi lainnya yang belum dimuat disini dapat anda baca secara langsung di alamat www.iain-surakarta.ac.id

IV. Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi IAIN Surakarta

Bidikmisi merupakan dana bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Ketentuan Umum
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat yang lulus pada tahun ini.
  • Lulusan 1 tahun lalu yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku;
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp.3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir dan atau;
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp.750.000,00 setiap bulannya;
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.

Ketentuan Khusus

Lulus atau Diterima sebagai mahasiswa IAIN Surakarta melalui salah satu jalur seleksi :
  • Jalur SPAN-PTKIN
  • Jalur UM-PTKIN
  • Jalur Mandiri

Persyaratan Dokumen
  • Formulir pendaftaran (download di : bidikmisi.iain-surakarta.ac.id) dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar dan foto rumah 1 lembar ;
  • Bukti Lulus/Diterima SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, MANDIRI tahun ini
  • Fotokopi ijazah legalisir/surat keterangan lulus (bagi lulusan tahun ini);
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir Kepala Sekolah;
  • Surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah atau penjabat yang berwenang;
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  • Fotokopi Kartu Keluarga;
  • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran).

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.iain-surakarta.ac.id. IAIN Surakarta. Informasi selengkapnya tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan, tata cara pendaftaran dan hal terkait lainnya bisa anda baca pada alamat website IAIN Surakarta di alamat www.iain-surakarta.ac.id

V. Pendaftaran Online Pascasarjana IAIN Surkarta

IAIN Surakarta kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda melalui alamat www.iain-surakarta.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca melalui alamat tersebut.

Baca juga : Pendaftaran Online PTKIN Lainnya

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Surakarta. Semoga informasi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru IAIN Surakarta yang telah admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin trurut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. Terima kasih admi ucapkan atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.