Pendaftaran Online IAIN Palopo 2024/2025

iainpalopo.ac.id 2024 -- PMB IAIN Palopo, Cara Pendaftaran IAIN Palopo Online, Informasi Pendaftaran Maba IAIN Palopo, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palopo, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Palopo, Pendaftaran Kuliah IAIN Palopo, Jalur Mandiri, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Online PTKIN ; IAIN Palopo. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin bagikan berjudul Pendaftaran Online IAIN Palopo 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di IAIN Palopo. Namun sebelum membagikan informasi tersebut, admin akan memberikan sedikit informasi tentang IAIN Palopo. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Palopo atau Institut Agama Islam Negeri Palopo adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di di Palopo provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Sejarah pendirian diawali dengan pendirian Fakultas Ushuluddin yang diresmikan berdirinya pada tanggal 27 Maret 1968 dengan status filial dari IAIN Alauddin di Ujung Pandang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 168 tahun 1968, status tersebut ditingkatkan menjadi fakultas cabang, dengan sebutan Fakultas Ushuluddin IAIN Alauddin Cabang Palopo.

Selanjutnya mulai tahun akademik 1997/1998 Fakultas Ushuluddin IAIN Alauddin di Palopo dibenahi penataan kelembagaannya dan dialihstatuskan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo dan berdiri sendiri.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo resmi didirikan dengan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H.

Kemudian berubah status menjadi Institut Agama Islam Negeri Palopo (IAIN Palopo) pada 14 Oktober 2014 berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 141 Tahun 2014 dan diresmikan oleh Menteri Agama RI Bapak Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin pada tanggal 23 Mei 2015.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Palopo :
  • Fakultas Ushuluddin, Adab, & Dakwah terdiri dari program studi : Ilmu Al-Quran dan Tarsir, Sosiologi Agama, Bimbingan dan Konseling Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudatul Athfal, Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, dan Manajemen Pendidikan Islam
  • Fakultas Syariah terdiri dari program studi : Hukum Keluarga (Akhwal Syaksiyyah), Hukum Tata Negara, dan Hukum Ekonomi Syariah

Itulah sedikit informasi mengenai IAIN Palopo. Dilihat dari program studi yang ada di IAIN Palopo, mungkin salah satunya ada yang kamu minati. Oleh karena itu, silahkan daftarkan dirimu pada saat penerimaan mahasiswa baru IAIN Palopo dibuka.

Ada beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palopo, jalur-jalur seleksi tersebut dapa dipahami selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang diselenggarakan serentak untuk menyeleksi siwa-siswi berprestasi menggunakan data prestasi untuk masuk ke UIN / IAIN / STAIN, salah satunya masuk ke IAIN Palopo.

Pendaftaran SPAN-PTKIN diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data siswa di PDSS SPAN-PTKIN melalui alamat www.span-ptkin.ac.id

Setelah direkomendasikan, siswa-siswi akan mendapatkan kode akses pendaftaran untuk login ke alamat tersebut. Setelah login, lengkapi data hingga mencetak kartu peserta SPAN-PTKIN.

Informasi penting seperti persyaratan, jadwal, biaya, mekanisme seleksi, daftar PTKIN pilihan dan program studinya, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut :
Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN
B. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN juga adalah jalur seleksi nasional yang diselenggarakan bersamaan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis masuk ke UIN / IAIN / STAIN di Indonesia, salah satunya yaitu IAIN Palopo.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Calon peserta mengakses alaat tersebut kemudianmengisi data hingga mendapatkan kode bayar. Kemudian membayar biaya pendaftaran di Bank dan selanjutnya kembali mengakses alamat tersebut untuk melengkapi data pendaftaran.

Informasi penting seperti persyaratan, jadwal, biaya, ujian, jumlah pilihan PTKIN dan program studinya, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lainnya dapat dibaca pada artikel berikut :
Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM-PTKIN
C. Pendaftaran IAIN Palopo Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi lokal yang diadakan oleh IAIN Palopo untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi masuk melalui ujian tertulis.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri :
  • Membayar biaya pendaftaran di BRI
  • Mendaftar di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru di Kampus IAIN Palopo dengan melihatkan bukti bayar dari Bank
  • Memperoleh kartu ujian lalu mengikuti ujian
  • Melihat pengumuman kelulusan
Baca juga : Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTKIN di Indonesia
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Palopo

IAIN Palopo adalah salah satu kampus yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa barunya yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah di IAIN Palopo harus terdaftar pada salah satu jalur seleksi masuk IAIN Palopo yaitu jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, atau jalur Mandiri. Selain itu, tentunya harus dapat memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh panitia seleksi.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Palopo

IAIN Palopo juga membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program Pascasarjana. Bagi kamu yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana, maka bisa mendaftarkan diri di IAIN Palopo. Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan ini dapat dilihat di website di alamat pascasarjana.iainpalopo.ac.id


Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Palopo. Silahkan pilih salah satu jalur yang kamu minati sesuai kemampuan, minat, prestasi, dan keunggulan lain yang kamu miliki.

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di website resmi IAIN Palopo. Apabila nantinya ada perubahan atau perbedaan informasi dengan yang ada disini, maka yang diikuti adalah yang ada di website resmi IAIN Palopo.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Palopo. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu yang ingin kuliah di kampus ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan semoga kamu diterima disini.