Pendaftaran IAIN Lhokseumawe 2024/2025

spmb.iainlhokseumawe.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Lhokseumawe, Jalur SPAN PTKIN IAIN Lhokseumawe, Jalur UM PTKIN IAIN Lhokseumawe, Jalur Mandiri IAIN Lhokseumawe, Jalur Lokal IAIN Lhokseumawe, Jalur Seleksi - PMB IAIN Lhokseumawe, Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Jurusan IAIN Lhokseumawe, Jadwal,  Pendaftaran S1 / S2 IAIN Lhokseumawe, Pendaftaran Kuliah IAIN Lhokseumawe. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran IAIN Lhokseumawe 2024/2025. Informasi ini khususnya ditujukan bagi lulusan SMA / MA sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus IAIN Lhokseumawe. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.



Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe adalah perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang berada di Lhokseumawe tepatnya di Jl. Medan-Banda Aceh Km. 275 No. 1 Alue Awe, Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kode Pos: 24352.

Awal berdiri kampus ini merupakan Akademi Ilmu Agama (AIA) yang kemudian seiring berjalannya waktu yang sangat panjang bertransformasi menjadi STAIN Malikusaleh Lhokseumawe dan kini menjadi IAIN Lhokseumawe.

Adapun jenjang pendidikan yang diselenggarakan yaitu jenjang pendidikan di tingkat sarjana dan pascasarjana. Untuk fakultas dan program studinya dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas Syariah, terdiri dari program studi :
  • S1 Ilmu Falaq
  • S1 Hukum Ekonomi Syari`ah (Mua`malah)
  • S1 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah)
  • S1 Hukum Tatanegara (Siyasah)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdiri dari program studi :
  • S1 Ekonomi Syariah
  • S1 Perbankan Syariah
  • S1 Akuntansi Syariah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terdiri dari program studi :
  • S1 Tadris Matematika
  • S1 Pendidikan Agama Islam
  • S1 Manajemen Pendidikan Islam
  • S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  • S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • S1 Pendidikan Bahasa Arab
  • S1 Tadris Bahasa Indonesia
  • S1 Tadris Bahasa Inggris

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, terdiri dari program studi :
  • S1 Bimbingan dan Konseling Islam
  • S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S1 Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir

Program Pascasarjana, terdiri dari program studi :
  • S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
  • S2 Hukum Keluarga Islam (Ahwal Al-Syakhshiyyah)
  • S2 Pendidikan Agama Islam
  • S2 Manajemen Pendidikan Islam

Dari beberapa program studi yang ada tersebut mungkin ada salah satu program studi yang kalian minati, maka dari itu silahkan pilih kampus IAIN Lhokseumawe untuk dijadikan sebagai tempat belajar dalam menuntut ilmu dan pengetahuan.

Bagi kalian yang berminat untuk menuntut ilmu di kampus IAIN Lhokseumawe, maka setelah lulus dari SLTA sederajat bisa langsung mendaftar di kampus tersebut.

Proses pendaftaran kuliah pada zaman sekarang sudah canggih, yaitu mendaftar secara online. Calon peserta tidak perlu repot-repot datang ke kampus hanya sekedar untuk mendaftar.

Proses pendaftaran dilakukan secara online hingga pengumumannya pun akan diumumkan secara online. Tapi mungkin untuk jalur seleksi tertentu ada seleksi yang dilakukan secara langsung bukan melalui online.

Di bawah ini akan disampaikan secara terpisah jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Lhokseumawe agar kalian lebih mudah dalam memahaminya.

Sebagai gambaran bahwa ada 3 jalur seleksi masuk ke IAIN Lhokseumawe yaitu jalur SPAN PTKIN, jalur UM PTKIN, dan jalur lokal. Ketiga jalur seleksi tersebut diperuntukkan bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan jenjang sarjana (S1). Sedangkan untuk jalur seleksi masuk ke program pascasarjana IAIN Lhokseumawe dibuka melalui jalur tersendiri.

Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur SPAN PTKIN

SPAN PTKIN merupakan jalur prestasi masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah IAIN Lhokseumawe. Jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Seleksinya berdasarkan prestasi siswa terutama dilihat dari nilai rapot.

Pendaftaran SPAN PTKIN diawali oleh pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa berprestasinya kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran oleh siswa.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman span-ptkin.ac.id. Secara singkat alur pendaftarannya yaitu Sekolah -> Siswa -> Seleksi -> Pengumuman.

Informasi pendaftaran dan keterangan penting lainnya seperti persyaratan, cara mendaftar, biaya, jadwal, dan lain-lain bisa ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran Online SPAN PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN PTKIN.

B. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur UM PTKIN

UM PTKIN merupakan jalur masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia salah satunya IAIN Lhokseumawe. Berbeda pada jenis seleksinya dengan SPAN PTKIN, seleksi pada jalur UM PTKIN dilakukan melalui tes tertulis.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa lulus tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi. 

Untuk siswa yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN PTKIN tetapi tidak lulus maka bisa mengikuti jalur UM PTKIN. Bagitu juga dengan siswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SPAN PTKIN maka bisa mengikuti jalur UM PTKIN ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman um-ptkin.ac.id. Untuk informasi lebih lanjut maka dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online UM PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM PTKIN

C. Pendaftaran IAIN Lhokseumawe Jalur SPMB Lokal

Untuk kalian yang tidak lulus dari jalur-jalur di atas atau tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi di atas, maka bisa mengikuti jalur SPMB lokal yang dibuka oleh IAIN Lhokseumawe.

Jalur SPMB lokal ini seleksinya melalui ujian tertulis. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin karena inilah kesempatan terakhir untuk bisa masuk kuliah di kampus IAIN Lhokseumawe. Setelah jalur ini berakhir maka tidak ada lagi jalur lainnya yang buka di tahun ini. Jika sabar maka bisa mendaftar di tahun depan.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa mendaftar yaitu mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran dan ketentuan lainnya yang berhubungan dengan proses pendaftaran dapat dilihat langsung di laman web resmi : spmb.iainlhokseumawe.ac.id

D. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Lhokseumawe 

Untuk kalian yang ingin menempuh pendidikan jenjang Pascasarjana maka bisa menelusuri lebih lanjut mengenai informasi pendaftarannya di laman spmb.iainlhokseumawe.ac.id. Silahkan kunjungi alamat web tersebut untuk menemukan informasi penting terkait pendaftaran.

E. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Lhokseumawe

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga memiliki prestasi baik.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag


Itulah informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa baru jenjang sarjana ataupun pascasarjana untuk jalur nasional (SPAN PTKIN & UM PTKIN) serta jalur mandiri dan jalur pascasarjana.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka ikuti yang ada di website resmi.

Sumber : 
  • https://www.iainlhokseumawe.ac.id/
  • https://spmb.iainlhokseumawe.ac.id/

Baca Juga :

Demikian informasi penting mengenai Pendaftaran IAIN Lhokseumawe. Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran untuk kalian yang ingin kuliah di kampus ini. 

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ada di blog ini, serta bagian informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih dan semoga bisa diterima di kampus IAIN Lhokseumawe.