Pendaftaran Online UIN SMH Banten 2024/2025

pcmb.uinbanten.ac.id 2024 -- PCMB UIN "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten, Pendaftaran UIN SMH Banten Online, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN, PCMB Mandiri UIN SMH Banten, Bidikmisi, KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SMH Banten, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UIN SMH Banten, Pendaftaran Kuliah UIN SMH Banten-Serang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online UIN SMH Banten 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi SMA / MA / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke perguruan tinggi keagamaan islam negeri di UIN "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sejarah berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “Sultan Maulana Hasanuddin” (SMH) Banten mereflesikan semangat perjuangan ummat Islam Banten yang dimulai sejak tahun 1961 ketika pertama kali Universitas Maulana Yusuf dibuka sampai dengan diresmikannya IAIN “SMH” Banten pada tahun 2004.

Pada saat ini, IAIN Banten telah berubah statusnya menjadi UIN "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten atau yang dikenal pula dengan nama UIN SMH Banten. Perubahan status tersebut didasarkan pada Perpres No 39/2017.

UIN "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten atau UIN SMH Banten adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di provinsi Banten, tepatnya berada di Jl. Jendral Sudirman No. 30, Serang - Banten 42118.

Adapun Fakultas dan Program studi yang ada di UIN SMH Banten yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa ketika ingin mendaftarkan diri di UIN SMH Banten yaitu sebagai berikut :

Fakultas Syariah terdiri dari program studi :
  • Hukum Keluarga (Al Ahwal Al Syaksiyah), Hukum Tata Negara (Siayasah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Agama Islam, Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudlatul Athfal
Fakultas Ushuluddin dan Adab terdiri dari program studi :
  • Sejarah Peradaban Islam, Filsafat Agama, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Ilmu Hadis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi :
  • Asuransi Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah
Fakultas Dakwah terdiri dari program studi :
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam
Program Pascasarjana terdiri dari program Studi :
  • Ekonomi Syari'ah, Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam, Manajemen Pendidikan Islam

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN SMH Banten yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru ketika mendaftar di UIN SMH Banten. 

Selanjutnya calon mahasiswa harus mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dbuka oleh UIN SMH Banten dalam rangka menerima calon mahasiswa baru. Berikut admin berikan informasinya.

1. Pendaftaran Online UIN SMH Banten Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia. Salah satunya merupakan jalur masuk ke UIN SMH Banten.

Jalur SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi tanpa tes, seleksinya didasarkan pada prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport. Bagi kamu yang berprestasi, maka dapat mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN ini.

Proses pendaftaran diawali oleh kepada sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran secara online di span-ptkin.ac.id pada menu sekolah, dan kemudian dilanjutkan oleh siswa dengen mendaftar pada menu siswa.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, pilihan PTKIN, jadwal, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran Online UIN SMH Banten Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya yang dibuka yaitu jalur UM-PTKIN. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia, salah satunya jalur masuk ke UIN SMH Banten.

Tidak seperti jalur SPAN-PTKIN yang hanya dikhususnya untuk siswa berprestasi, jalur ini (UM-PTKIN) dapat diikuti oleh siswa berprestasi ataupun siswa yang tidak berprestasi. 

Untuk siswa yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti kembali seleksi melalui jalur UM-PTKIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui situs resminya yaitu um-ptkin.ac.id . Calon peserta melakukan pendaftaran sendiri tanpa melalui pihak sekolah. 

Untuk panduan pendaftaran, persyaratan, jadwal, dan ketentuan terkait lainnya dapat dibaca pada artikel berikut : Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN

3. Pendaftaran Online UIN SMH Banten Jalur PCMB Mandiri

Selain membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional seperti SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, UIN SMH Banten juga membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang dikenal dengan nama PCMB Mandiri.

PCMB Mandiri atau Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri jenjang S1 masuk ke UIN SMH Banten yang dikelola langsung oleh panitia UIN SMH Banten yang mana seleksinya didasarkan pada hasil ujian tertulis. Berikut ketentuan-ketentuanya :

a. Persyaratan
  1. Lulus tahun ini (Surat Keterangan Lulus) dan sebelumnya untuk luluasan : MA, MA Keagamaan (MAK), SMA, SMK, Pesantren Muadalah (disertakan);
  2. Membayar biaya pendaftaran di Bank BTN seluruh Indonesia
  3. Sehat Jasmani dan Rohani
  4. Nomor Tes (Print Out 2 lembar) untuk divalidasi oleh panitia lokal (Akademik Rektorat Lt.2);
    • Fakultas Syariah Map Merah.
    • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Map Hijau.
    • Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Adab Map Kuning.
    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Map Biru.

b. Penerimaan
  1. Lulus satuan pendidikan (MA / SMA / SMK / Pesantren Muadalah) Tahun 2016 dan sebelumnya;
  2. Lulus seleksi PCMB Mandiri;
  3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (puskesmas);
  4. Surat Keterangan Kelakuan Baik :
    • Lulus tahun ini dari Kepala Madrasah / Sekolah
    • Lulus tahun sebelumnya dari Kepolisian / Polsek setempat
  5. Membayar Daftar Ulang (Registrasi di Bank BTN seluruh Indonesia)

c. Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta membayar biaya pendaftaran di Bank BTN
  2. Kemudian mendaoatkan no daftar dan kode akses yang tertra di bukti pembayaran
  3. Lalu login ke pcmb.uinbanten.ac.id menggunakan no. daftar dan kode akses tersebut
  4. Mengisi biodata pendaftaran, pilihan jurusan, lokasi tes, dan lainnya
  5. Selanjutnya cetak kartu ujian
  6. Validasi kartu ujian di bagian Akademik Rektorat (Panitia PCMB)
  7. Mengikuti ujian tertulis dan lisan sesuai jadwal
  8. Melihat pengumuman di pcmb.uinbanten.ac.id
  9. Bagi yang dinyatakan lulus silahkan melakukan pendaftaran ulang
4. Pendaftaran KIP Kuliah UIN SMH Banten

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Proses pendaftaran dilakukan bersamaan dengan pendaftaran jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN SMH Banten.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

5. Pendaftaran Online Program Pascasarjana UIN SMH Banten

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana, UIN SMH Banten juga melakukan penerimaan mahasiswa jenjang Pascasarjana.

Bagi kamu yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UIN SMH Banten, silahkan melakukan pendftaran melalui alamat website pmb-pascasarjana.uinbanten.ac.id

Untuk alur pendaftaran dilakukan sama seperti alur pendaftaran pada jalur PCMB Mandiri S1. Silahkan lihat kembali di atas. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website resmi Pascasarjana UIN SMH Banten di alamat pascasarjana.uinbanten.ac.id atau pmb-pascasarjana.uinbanten.ac.id


Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UIN SMH Banten. Silahkan pilih salah satau yang memiliki peluang paling besar untuk kelulusanmu diterima sebagai mahasiswa baru.

Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat di website resmi UIN SMH Banten. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN SMH Banten.

Baca juga :
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online UIN SMH Banten. Semoga informasi tersevut dapat memberikan pencerahan untuk kamu semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kamu bisa diterima sebagai mahasiswa baru di UIN SMH Banten. Please share to your friends.