Pendaftaran Online IAIN Kediri 2024/2025

iainkediri.ac.id 2024 -- Pendaftaran IAIN Kediri, PMB Online IAIN Kediri, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kediri, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kediri, Pendaftaran Kuliah di IAIN Kediri, Jalur Masuk IAIN Kediri ; Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, KIP Kuliah, Mandiri, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran, KIP Kuliah, Registrasi Online Maba IAIN Kediri. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Kediri 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri kuliah di IAIN Kediri. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Institur Agama Islam Negeri Kediri atau dikenal pula dengan nama IAIN Kediri adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang berlokasikan di Jalan Sunan Ampel No.7, Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri, Rejomulyo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, IAIN Kediri menyelenggarakan pendidikan di bidang keagamaan islam pada jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

Sejarah Singkat Berdirinya IAIN Kediri :

Didirikannya perguruan tinggi agama Islam di Kediri dimulai dengan berkumpulnya para ulama yang didukung oleh oleh Bupati Kediri, Imam Koesoebagyo, pada tahun 1960. Setelah melalui berbagai proses, didirikanlah Sekolah Persiapan (SP) IAIN. Kemudian SP IAIN yang menginduk ke IAIN Sunan Kalijaga didirikanlah dan diresmikanlah menjadi Fakultas Ushuluddin. Pendirian Fakultas Ushuluddin di Kediri didasarkan pada Keputusan Menteri Agama RI No. 33 tahun 1964 tertanggal 16 Juli 1964.

Setelah Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Cabang Kediri berumur lebih kurang 32 tahun, pada tahun 1997 pemerintah menetapkan peraturan baru bahwa perguruan tinggi cabang harus berdiri sendiri. Fakultas Ushuluddin Sunan Ampel Cabang Kediri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 tahun 1997 secara resmi berdiri sendiri dan ditetapkan sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri.

Kemudian pada tahun 2018, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Kediri berubah statusnya menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Perubahan status STAIN Kediri menjadi IAIN Kediri merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 26/ 2018.

Jurusan dan Program Studi yang ada di IAIN Kediri, yaitu sebagai berikut :

1. Jurusan Ushuluddin & Ilmu Sosial, terdiri dari :
  • Prodi Perbandingan Agama, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Prodi Ilmu Hadits, Prodi Psikologi Islam, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Prodi Akhlak Tasawuf, Prodi Sosiologi Agama

2. Jurusan Tarbiyah, terdiri dari :
  • Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Tadris Bahasa Inggris, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Tadris Matematika

3. Jurusan Syari'ah, terdiri dari :
  • Prodi Ahwal Al-Syakhsiyah, Prodi Ekonomi Syari’ah, Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah, Prodi Perbankan Syariah

Itulah sekilas informasi mengenai sejarah berdirinya IAIN Kediri, jurusan kuliah yang ada di IAIN Kediri, dan lokasi kampus. Untuk informasi lainnya terkait kampus IAIN Kediri dapat kalian baca lagi di website resmi.

Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan tinggi di IAIN Kediri, maka dapat mendaftarkan diri pada saat penerimaan mahasiswa baru di buka.

IAIN Kediri membuka penerimaan mahasiswa baru di setiap tahun ajaran baru. Jalur seleksi yang bisa diikuti terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi nasional yang dibuka yaitu jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN.

Kalian sebagai calon mahasiswa dapat memilih salah satu jalur seleksi untuk diikuti hingga membaca kalian masuk ke IAIN Kediri. Dalam artian bahwa kalian diterima sebagai mahasiswa baru melalui jalur tersebut.

Bagi nantinya dinyatakan diterima melalui salah satu jalur seleksi yang diikuti, maka segera melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan. Sedangkan bagi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur seleksi tersebut, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Seleksi pada jalur-jalur di atas berbeda-beda. Untuk jalur SPN-PTKIN seleksinya didasarkan pada prestasi siswa, sehingga hanya siswa berprestasi yang bisa mengikuti jalur ini. Sedangkan pada jalur UM-PTKIN dna jalur mandiri seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis, jadi perlu persiapan yang matang untuk menghadapi ujian tertulis tersebut.

Berikut in langsung saja admin berikan informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke IAIN Kediri beserta ketentuan dan hal-hal penting lainnya.

1. Pendaftaran Online IAIN Kediri Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolah yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke pergurua tinggi keagamaan islam negeri (UIN / IAIN / STAIN) di Indonesia yang salah satunya IAIN Kediri.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran di PDSS SPAN-PTKIN di alamat pdss.span-ptkin.ac.id . Siswa yang telah direkomendasikan akan diberi kode akses untuk login ke alamat siswa.span-ptkin.ac.id

Setelah siswa login ke alamat tersebut, lakukan pengisian data pendaftaran secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi seperti persyarata, jadwal, biaya, mekanisme seleksi, pilihan progam studi, pilihan kampus IAIN, dan lain-lain dapat dipahami pada artikel berikut : Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

2. Pendaftaran Online IAIN Kediri Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang dilaksanakan bersamaan / serentak diwaktu yang sama yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini merupakan salah satu jalur masuk ke IAIN Kediri.

Pendaftaran dilakukan secara mandiri online melalui alamat um-ptkin.ac.id lalu pilih menu pendaftaran. Untuk penjelasan selengkapnya seperti persyaratan, jadwal cara mendaftar, pilihan prodi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN.

3. Pendaftaran Online IAIN Kediri Jalur Mandiri

Selain turut serta dalam jalur seleksi nasional di atas, IAIN Kediri juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan SMA / MA / SMK / MAK / Pesantren Mu`adalah atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk di dalamnya lulusan tahun ini (hitung mundur 3 tahun kebelakang dari tahun ini ; tahun ini, tahun kemarin, dan tahun kemarinnya lagi) dengan ketentuan:
    • Lulusan tahun kemaren dan kemarennya lagi harus sudah memiliki ijazah.
    • Lulusan tahun ini harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di IAIN Kediri.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Peserta membayar biaya pendaftaran ujian masuk sesuai ketentuan di Bank BRI
  2. Menyerahkan bukti pembayaran untuk mendapatkan UserID dan Password di Sekretariat SPMB IAIN Kediri, Jl. Sunan Ampel No. 7 Ngronggo Kediri. (Gedung Rektorat Lt. 1).
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online di laman siakad.iainkediri.ac.id
  4. Mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian
  5. Datang dan mengikuti ujian masuk sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Pendaftaran dapat dilakukan sekitar bulan Juni sampai dengan Juli. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat langsung di website resmi.


4. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Kediri

IAIN Kediri juga turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik baik untuk bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi melalui program KIP Kuliah

Bagi yang berminat, silahkan ikuti dan baca terlebih dahulu informasinya di website resmi atau baca  pada artikel berikut  Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

5. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Kediri

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru pada jenjang Sarjana, IAIN Kediri juga melakukan penerimaan mahasiswa baru pada jenjang Pascasarjana. Bagi yang ingin mendaftarkan, silahkan baca terlebih dahulu informasinya di pasca.iainkediri.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Kediri yang dapat kalian ikuti salah satu. Dengan mengikuti satu jalur yang tepat, mudah-mudahan harapan untuk diterima menjadi mahasiswa baru IAIN Kediri dapat terwujudkan. Amin.

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di website resmi di alamat di siakad.iainkediri.ac.id atau iainkediri.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka silahkan ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Baca Juga Artikel Terkait :
Demikian penyampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Kediri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan di atas dapat memberikan manfaat yang baik untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog ini ya. Please share.