Pendaftaran Online IAIN Batusangkar 2024/2025

pmb.iainbatusangkar.ac.id 2024 -- PMB IAIN Batusangkar, Cara Pendaftaran IAIN Batusangkar Online, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / PMB Mandiri IAIN Batusangkar, KIP Kuliah, Bidikmisi, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Batusangkar, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Batusangkar, Pendaftaran Kuliah IAIN Batusangkar. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Batusangkar 2024/2025. Informasi ini diharapkan dapat membantu calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi seputar jalur masuk ke IAIN Batusangkar. Nah, langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Batusangkar adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Jln. Sudirman, No.137 Kuburajo Lima Kaum Batusangkar.

Latar belakang perlu berdirinya IAIN Batusangkar dari aspek historis dapat ditinjau dari tiga aspek penting yaitu :
  1. Batusangkar sebagai pusat kerajaan Pagaruyung
  2. Kota Batusangkar sebagai cikal bakal perkembangan Pendidikan Tinggi di Sumatera Barat
  3. Alih Status Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol di Batusangkar menjadi STAIN Batusangkar

Saat ini STAIN Batusangkat telah beralih status menjadi IAIN Batusangkar, mungkin kedepan bisa menjadi UIN jika telah memenuhi persyaratan. Ada beberapa fakultas dan jurusan di IAIN Batusangkar. Berikut informasinya.

Fakultas dan Jurusan di IAIN Batusangkar :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari jurusan : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru RA, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia
  • Fakultas Syariah terdiri dari jurusan : Hukum Keluarga (Ahwal Alsyakhshiyyah, Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Ekonomi Syariah
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari jurusan : Perbankan Syari'ah, Manajemen Informatika (D3), Ekonomi Syariah Konsentrasi Akuntansi Syari'ah dan Konsentrasi Manajemen Syari'ah
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah terdiri dari jurusan : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Alqur'an dan Tafsir
  • Program Pascasarjana terdiri dari : Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2), Prodi Pendidikan Agama Islam (S2), Prodi Hukum Ekonomi Syariah (S2), Prodi Ekonomi Syari'ah (S2)

Itulah beberapa program studi yang ada di IAIN Batusangkar, silahkan pilih salah satu yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki.

Setelah mengetahui informasi di atas, maka selanjutnya kamu harus mengetahui informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh IAIN Batusangkar. Berikut admin berikan informasinya.

A. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTKIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Batusangkar. Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus pada tahun ini.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data pendaftaran secara online di alamat www.span-ptkin.ac.id. Setelah itu, siswa-siswi dapat melakukan mendapatkan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah untuk mendaftar online di alamat tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal, daftar PTKIN, pilihan PTKIN, dan lain sebagainya dapat dibaca langsung pada artikel berikut :
Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN
B. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PTKIN di Indonesia, salah satunya masuk ke IAIN Batusangkar. Seleksi jalur ini dilakukan melalui ujian tertulis.

Bagi yang sebelumnya telah mengikuti jalur SPAN-PTKIN tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN. Atau bagi yang belum mengikuti seleksi jalur manapun, maka bisa mengikuti seleksi jalur ini.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online oleh calon peserta melalui alamat www.um-ptkin.ac.id . Calon peserta terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan kode akses pendaftaran.

Informasi pendaftaran lengkap seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal, daftar PTKIN pilihan, kriteria penerimaan, dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada artikel di bawah ini :
Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM-PTKIN
C. Pendaftaran IAIN Batusangkar Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh IAIN Batusangkar untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. 

Jalur ini diperuntukkan bagi para lulusan Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Pondok Pesantren.

Selain jalur mandiri tersebut, dibuka pula jalur mandiri khusus yang diperuntukkan bagi Peminat Jurusan : Pemikiran Politik Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Zakat Wakaf, dan Pariwisata Syariah.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online pada laman pmb.iainbatusangkar.ac.id . Prosedur serta tata cara pendaftaran dapat dilihat langsung pada laman tersebut. Alur pendaftaran dijelaskan berikut ini.

Alur Pendaftaran PMB Jalur Mandiri :

1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Click menu "Formulir Pendaftaran Mahasiswa", kemudian isi data pribadi, orang tua, sekolah, dan lain sebagainya secara lengkap
  • Peserta Ujian Memilih Paket Ujian
  • Peserta Ujian Memilih Program Studi
  • Cetak "Nomor Registrasi" yang didapatkan setelah selesai mengisi formulir pendaftaran

2. Membayar Uang Pendaftaran di BRI
  • Calon mahasiswa membayar uang pendaftaran (hanya bisa) melalui Bank BRI atau ATM BRI diseluruh Indonesia
  • Menunjukan hasil cetak "Nomor Registrasi" kepada petugas Bank
  • Untuk melihat informasi pembayaran, calon mahasiswa bisa click menu "Lihat Informasi Pembayaran"

3. Input Data Kelengkapan Pendaftaran Ujian Masuk
  • Click menu "Login Calon Mahasiswa", kemudian memasukkan Nomor Registrasi yang di-dapatkan pada saat melakukan pendaftaran
  • beserta TANGGAL LAHIR. Proses login bisa dilakukan apabila calon mahasiswa telah melakukan pembayaran.
  • Upload Foto, ijazah/surat keterangan lulus, dan KTP / Kartu Pelajar
  • Cetak Kartu Ujian dengan cara click menu "CETAK"

4. Verifikasi Data Peserta Ujian
  • Peserta Ujian Datang Ke lokasi Ujian 2 (dua) hari sebelum ujian dengan membawa KTP / kartu pelajar dan Kartu Ujian untuk dilakukan verifikasi data oleh panitia ujian

5. Mengikuti Ujian
  • Peserta Ujian Mengikuti Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru sesuai jadwal dan lokasi yang ditentukan.

6. Proses Pembayaran Uang Kuliah Ke Bank BRI
  • Untuk melihat status Lulus atau Tidak, calon mahasiswa dapat melihat dengan click "Lihat Informasi Kelulusan"
  • Apabila telah dinyatakan lulus, calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya daftar ulang mahasiswa baru di seluruh Bank BRI dengan menunjukkan kartu ujian kepada petugas Bank.
Baca juga : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Batusangkar

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah harus terdaftar pada salah satu jalur seleksi masuk IAIN Batusangkar dan telah dinyatakan lulus seleksi.

Info lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Program Pascasarjana IAIN Batusangkar 

Selain melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma, IAIN Batusangkar juga melakukan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana.

Syarat Pendaftaran Program Magister :
  1. Membayar uang pendaftaran melalui Unit Kerja BRI seluruh Indonesia dengan nomor rekening 0169-01-000522-30-1, a.n. BPN IAIN Batusangkar.
  2. Mengisi formulir yang telah disediakan dengan melampirkan;
    • Fotocopy ijazah dan transkrip nilai  S1 yang telah dilegalisir (1 rangkap)
    • Pas Foto Warna terbaru 3 x 4 cm (4 lembar)
    • Rekomendasi dari 2 orang Doktor

Tempat Pendaftaran :
Sekretariat Program Pascasarjana, Gedung F lantai I  IAIN Batusangkar, Jln. Sudirman No. 137  Lima Kaum - Batusangkar. Telp. (0752) 71150.
E-mail: pps.iainbsk@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung melalui alamat pps.iainbatusangkar.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Batusangkar. Untuk informasi lain yang dibaca langsung pada alamat pmb.iainbatusangkar.ac.id

Catatan ; Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada diwebsite resmi IAIN Batusangkar

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Batusangkar. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kamu semua.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di IAIN Batusangkar melalui jalur yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share.