Pendaftaran Online IAIN Ponorogo 2021/2022

pmb.iainponorogo.ac.id 2021 -- Pendaftaran Online IAIN Ponorogo, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Ponorogo, Seleksi Mandiri IAIN Ponorogo, Jalur PMB IAIN Ponorogo, Pendaftaran Maba IAIN Ponorogo Jenjang S1 & S2, Pendaftaran IAIN Ponorogo, Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Syarat - Jadwal - Cara Daftar - Biaya - Jurusan. 2021. 2022.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Online IAIN Ponorogo 2021/2022. Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SMA / MA / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke kampus IAIN Ponorogo. Untuk mengetahui informasinya, mari simak ulasan lengkap di bawah ini. 
https://www.pendaftaranonline.web.id/

Institut Agama Islam Negeri Ponorogo atau yang sering disebut dengan nama IAIN Ponorogo adalah salah satu perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang ada di Indonesia yang mana lokasi tepatnya yaitu di Jl. Pramuka No. 156 PO.Box 116, Ponorogo.

Sejarah Singkat Berdirinya IAIN Ponorogo

# Tahun 1968, Awal Kelahiran

Keberadaan IAIN Ponorogo tidak terlepas dari Akademi Syari’ah Abdul Wahhab (ASA) sebagai embrionya, yang didirikan pada tanggal 1 Februari 1968 atas ide KH. Syamsuddin dan KH. Chozin Dawoedy.

# Tahun 1970, Alih Status Negeri

Akademi ini kemudian dinegerikan pada tanggal 12 Mei 1970 menjadi Fakultas Syari’ah Ponorogo IAIN Sunan Ampel yang dipimpin oleh R.M.H. Aboe Amar Syamsuddin dengan menyelenggarakan Program Sarjana Muda

# Tahun 1997, Berubah STAIN Ponorogo

Berdasarkan tuntutan perkembangan dan organisasi Perguruan Tinggi, maka dikeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1997 Tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Sejak saat itulah semua fakultas di lingkungan IAIN yang berlokasi di luar induk, berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan tidak lagi menjadi bagian dari IAIN Sunan Ampel Surabaya.

# Tahun 2016, Menuju IAIN Ponorogo

Pada tahun 2016 ini, berdasarkan Perpres 75 tahun 2016, STAIN Ponorogo resmi menjadi IAIN Ponorogo. Berhubung terjadi alih status dari STAIN Ponorogo menjadi IAIN Ponorogo, maka BAN-PT melakukan surveilen. Hasilnya, institusi IAIN Ponorogo kembali dinyatakan terakreditasi dengan predikat B.

Fakultas dan Jurusan / Program Studi

Fakultas Syariah, terdiri dari :
  • Program Studi Ahwal Syakhshiyah
  • Program Studi Muamalah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terdiri dari :
  • Program Studi PAI
  • Program Studi PBA
  • Program Studi PGMI
  • Program Studi TBI
  • Program Studi PIAUD
  • Program Studi MPI
  • Program Studi Tadris IPA
  • Program Studi Tadris IPS

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, terdiri dari :
  • Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
  • Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdiri dari :
  • Program Studi Ekonomi Syariah
  • Program Studi Perbankan Syariah
  • Program Studi Manajemen Zakat & Wakaf

Program Pascasarjana, terdiri dari :
  • Program Studi Magister ekonomi Syariah
  • Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
  • Program Studi Magister Ahwal Syakshiyyah
  • Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab

Itulah ulasan singkat mengenai kampus IAIN Ponorogo. Diberikannya ulasan tersebut agar kalian sebagai calon mahasiswa IAIN Ponorogo bisa sedikit memahami sejarah berdirinya IAIN Ponorogo, serta mengetahui daftar jurusan yang ada di IAIN Ponorogo. 

Dengan mengetahui informasi penting tersebut terutama mengenai daftar jurusan kuliah di IAIN Ponorogo, maka ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru bisa langsng memilih salah satu jurusan kuliah yang diminati.

Selanjutnya, kalian harus tahu apa saja jalur seleksi yang dibuka oleh IAIN Ponorogo dalam rangkah menyeleksi calon mahasiswa barunya.

Secara umum ada 3 (tiga) jalur seleksi yang dibuka oleh IAIN Ponorogo dari tahun ke tahun. Jalur yang dimaksud yaitu jalur SPAN PTKIN, jalur UM PTKIN, dan jalur Mandiri.

Jalur SPAN PTKIN dan jalur UM PTKIN merupakan jalur seleki nasional yang dikelola oleh panitia seleksi nasional, sedangkan jalur mandiri dikelola sendiri oleh pihak kampus IAIN Ponorogo.

Jalur yang pertama dibuka yaitu jalur SPAN PTKIN, kemudian disusul oleh jalur UM PTKIN, dan yang terakhir adalah jalur mandiri.

Ketiga jalur tersebut dapat kalian pilih salah satu saja. Tentunya kalian harus memenuhi persyaratannya agar bisa mendaftar.

Sebuah contoh kasus : misalnya kalian telah mendaftar pada salah satu jalur di atas, sebut saja jalur SPAN PTKIN, namun pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka bisa mendaftar jalur UM PTKIN.

Kemudian setelah mendaftar UM PTKIN, masih juga dinyatakan tidak lulus, maka yang terakhir masih bisa mendaftar jalur mandiri asalkan memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Umumnya ketiga jalur seleksi di atas dibuka bagi lulusan SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah yang ingin menempuh pendidikan di IAIN Ponorogo. 

Sedangkan untuk lulusan Sarjana (S1) yang ingin menempuh pendidikan di IAIN Ponorogo, maka bisa memilih jalur mandiri pascasarjana sebagai jalur masuknya.

Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai ketiga jalur di atas, yaitu informasi pendaftaran jalur SPAN PTKIN, UM PTKIN, dan mandiri. Silahkan disimak dengan baik.

A. Pendaftaran Online IAIN Ponorogo Jalur SPAN PTKIN

SPAN PTKIN atau Seleksi Pretasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru lulusan SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah yang ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus UIN / IAIN / STAIN yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa.

Pendaftaran SPAN PTKIN dilakukan secara online melalui laman web www.span-ptkin.ac.id dengan mengikuti semua persyaratan, peraturan, dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Nantinya pada saat pengisian data terutama saat memilih PTKIN, maka pilih kampus IAIN Ponorogo sebagai PTKIN yang diminati, untuk PTKIN cadangan silahkan pilih sesuai keinginan. Data-data lainnya juga harus diisi dengan lengkap, tepat, dan benar.

Untuk informasi lain mengenai pendaftaran SPAN PTKIN, telah dirangkum secara khusus pada artikel berikut :
Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, cara pendaftaran, pilihan PTKIN dan progra studi, dan lain sebagainya. Silahkan kunjungi artikelnya.

B. Pendaftaran Online IAIN Ponorogo Jalur UM PTKIN

UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi masuk ke UIN / IAIN / STAIN bagi lulusan SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah yang mana seleksinya didasarkan pada hasil tes.

Untuk pendaftarannya dilakukan secara online melalui laman web www.um-ptkin.ac.id

Pada saat pengisian data terutaa saat memilih kampus, maka pilihlah IAIN Ponorogo. Data lainnya juga harus dilengkapi dengan tepat dan benar.

Penjelasan mengenai cara mendaftar, persyaratan, biaya seleksi, alur pendaftaran, pilihan PTKIN lengkap dan program studi, serta lainnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online UM PTKIN atau Panduan Pendaftaran Online UM PTKIN.

C. Pendaftaran Online IAIN Ponorogo Jalur Mandiri Sarjana dan Pascasarjana

Jalur mandiri adalah jalur seleksi dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang sarjana dan pascasarjana yang mana selesinya didasarkan pada hasil tes.

Untuk jenjang sarjana, calon mahasiswa harus mendaftar online di laman http://siakad.iainponorogo.ac.id/pmb.php/ . Selengkapnya mengenai tata cara pendaftaran jalur mandiri akan dijelaskan di bawah ini

Tata Cara Pendaftaran Jalur Mandiri IAIN Ponorogo :
  1. Kunjungi laman pendaftaran calon mahasiswa baru IAIN Ponorogo Jalur Mandiri klik : http://siakad.iainponorogo.ac.id/pmb.php/
  2. Pilih Jalur Pendaftaran yang diinginkan “Jalur Mandiri” kemudian klik pada menu “Registrasi Baru”
  3. Buat password, kemudian lengkapi seluruh isian dengan benar “Biodata” “Orang Tua” sampai “Pilihan Prodi” sesuai petunjuknya masing-masing.
  4. Setelah semua data sudah diisikan dengan benar, selanjutnya klik “SIMPAN” pada pojok kanan atas; dan anda akan mendapatkan nomor registrasi.
  5. Selanjutnya klik “LIHAT & CETAK TAGIHAN” untuk mendapatkan informasi BRIVA dan biaya yang harus dibayarkan.
  6. Berikutnya, silahkan lakukan pembayaran di BRI. Bisa langsung ke kantor BRI, bisa melalui ATM dengan menggunakan kode briva yang tertera pada Kartu Tagihan.
  7. Masuk kembali di laman : https://siakad.iainponorogo.ac.id/pmb.php/ Untuk ‘login’ dan ‘upload foto’. ISIKAN nomor registrasi ANDA dan ISIKAN password yang anda buat ketika registrasi baru di atas dan klik “login”.
  8. Selanjutnya lakukan pekerjaan finish, meliputi Upload Foto dan Cetak Kartu Ujian.
  9. Silakan mengikuti ujian sesuai jadwal yang diberikan.

Adapun persyaratan pendaftaran umumnya seperti di bawah ini :
  • Lulusan 4 tahun sebelumnya harus sudah memiliki ijazah.
  • Lulusan tahun ini harus mempunyai Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah / Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan dan ditandai cap madrasah / sekolah.
  • Melengkapi berkas persyaratan pendaftaran yang ditentukan.

Untuk pendaftaran Pascasarjana, lihat di bawah ini :

Persyaratan Akademik :
  1. Memiliki ijazah S-1 UIN/IAIN/STAIN atau perguruan tinggi yang setara (minimal akreditasi prodi B);
  2. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00;
  3. Rekomendasi dari dua orang dosen pembimbing S1/atasan/tokoh yang mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa;
  4. Menuliskan kecenderungan kajian sesuai Program Studi yang diambil pada formulir yang telah disediakan.

Persyaratan Administrasi :
  1. Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi (formulir pendaftaran diperoleh di Kantor Pascasarjana IAIN Ponorogo);
  2. Menyerahkan salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi sebanyak 3 (tiga) lembar;
  3. Menyerahkan foto berwarna terbaru 3 x 4 cm sebanyak lima lembar;
  4. Bagi yang bekerja melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan tempat bekerja (negeri/swasta);
  5. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online atau secara langsung di kampus IAIN Ponorogo dengan mengujungi Bagian Akademik.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur mandiri sarjana dan pascasarjana dapat ditanyakan pada pihak kampus atau mengunjungi laman web https://pmb.iainponorogo.ac.id/ atau http://pasca.iainponorogo.ac.id/

Kontak panitia PMB IAIN Ponorogo :
IG : @iain.ponorogo
FB IAIN Ponorogo
Phone : (0352) 481277
Informasi terkait : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN

D. Pendaftaran Bidikmisi / KIP Kuliah di IAIN Ponorogo 

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi di IAIN Ponorogo diperuntukkan bagi :
  • Diperuntukkan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SPAN PTKIN
  • Diperuntukkan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur UM PTKIN

Jadi, untuk bisa mengikuti seleksi jalur Bidikmisi, maka kalian harus lulus dari salah satu jalur seleksi di atas. Selain itu, juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan lain yang telah ditetapkan.

Adapun alur pendaftaran hingga penetapan penerima Bidikmisi yaitu :
  • Pendaftaran Bidikmisi
  • Seleksi Administrasi Bidikmisi
  • Penetapan Hasil Seleksi Administrasi Bidikmisi
  • Ujian Tulis Bidikmisi
  • Penetapan Nominator Penerima Bidikmisi
  • Survei Lapangan Nominator Penerima Bidikmisi
  • Wawancara Orang Tua Calon Penerima Bidikmisi
  • Penetapan Penerima Bidikmisi

Untuk informasi lainnya silahkan cek langsung di website resmi di https://iainponorogo.ac.id/

Sumber :
  • https://pmb.iainponorogo.ac.id/bidikmisi/
  • https://pmb.iainponorogo.ac.id/jalur-penerimanaan-mahasiswa-baru/
  • https://pmb.iainponorogo.ac.id/jalur-penerimanaan-mahasiswa-baru/seleksi-mandiri/


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Online IAIN Ponorogo. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk kalian semua.

Terima kasih atas waktnya telah membaca artikel ini. Baca juga artikel terkait lainnya di blog ini. Serta jangan lupa untuk share artikel ini pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses.