Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online UIN Antasari 2018/2019

www.uin-antasari.ac.id 2018 -- PMB UIN Antasari, Pendaftaran UIN Antasari Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Antasari, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Antasari, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UIN Antasari, Jalur Mandiri, SPAN PTKIN, UM-PTKIN, UM Mandiri, Universitas Agama Islam Negeri Antasari, UIN Antasari Banjarmasin. 2019. 2020.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online UIN Antasari 2018/2019. Disini admin akan memberikan informasi penting tersebut kepada anda yang membutuhkan. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sekilas informasi tentang Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari

Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam yang berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari didirikan pada 20 November 1964.

Sebelum menjadi UIN seperti saat ini, tentu sebelumnya mengalai perubahan-perubahan status. Perubahan status yang terakhir yaitu perubahan dari IAIN Antasari ke UIN Antasari yang diresmikan pada April 2017 dimana perubahan tersebut didasarkan pada (Perpres No 36/2017)

Visi dari Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari yaitu Kompetitif, Unggul, Berakhlak. Visi tersebut akan diwujudkan melalui beberapa misi yang salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman interdisipliner yang memiliki keunggulan dan daya saing internasional.

Fakultas yang ada di Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari yaitu :
  • Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam terdiri dari Jurusan Hukum Keluarga (Akhwal Syakhshiyyah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara (Siyasah), Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, Program D3 Perbankan Syariah, dan Perbandingan Agama
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari Jurusan Kumunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, dan Manajemen Dakwah
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Manajemen Pendidikan Islam, Bimbingan Konseling Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Program D3 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Program Kualifikasi Guru FTK
  • Fakultas Ushuluddin dan Humaniora terdiri dari Jurusan Tafsir Hadis, Akidah Filsafat, Psikologi Islam, dan Perbandingan Agama
  • Program Magister terdiri dari jurusan Pendidikan Agama Islam, Akhlak dan Tasawuf, Manajemen Pendidikan Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah
  • Program Doktor terdiri dari jurusan Pendidikan Agama Islam.

Itulah sekilas informasi tentang Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari. Semoga bisa menambah wawasan anda terutama yang akan kuliah di Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari. Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru UIN Antasari.

Pada tahun ini, Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa yang terbagi menjadi dua jalur yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional terdiri dari jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, Sedangkan jalur mandiri yaitu Jalur UM Mandiri, Jalur PSB, serta penerimaan mahasiswa Program Pascasarjana.

Lakukanlah persiapan semaksimal mungkin agar harapan anda untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari terwujudkan. Persiapan anda yang berupa usaha seperti belajar mengerjakan soal-soal dan sebagainya harus diiringi dengan doa juga. Semoga anda berhasil.

Sekarang langsung saja kita akan menyimak informasi penting jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru UIN Antasari.

A. Pendaftaran Online SPAN-PTKIN UIN Antasari

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada prestasi akademik siswa serta prestasi lainnya. Siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. Jalur SPAN-PTKIN diperuntuukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Indonesia seperti UIN / IAIN / STAIN.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan siswanya. Kemudian melakukan pengisian data diri siswa di alamat www.span-ptkin.ac.id. Kemudian Kepala Sekolah akan mendapatkan User ID dan password yang akan diberikan kepada siswa. Kemudian siswa juga melakukan verifikasi dan melakukan pendaftaran ke alamat website di atas. Isilah semua data yang diminta, saat memilih Perguruan Tinggi, maka bisa memilih UIN Antasari.

Informasi selengkapnya seperti tata cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, daftar PTKIN dan program studi, dan lain-lain bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN

B. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Antasari

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Indonesia seperti UIN / IAIN / STAIN.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website www.um-ptkin.ac.id. Setelah login, lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar, dan jangan lupa untuk mencetak kartu tanda peserta.

Informasi tentang tata cara pendaftaran, jadwal lengkap, persyaratan, nama-nama PTKIN lain, kelompok ujian, dan informasi lainnya bisa anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM-PTKIN

C. Pendaftaran Online Jalur PSB UIN Antasari

Jalur PSB atau Penerimaan Siswa Berprestasi merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang berprestasi secara akademik yang seleksinya didasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya. Seleksi jalur PSB diadakan tanpa biaya pendaftaran yang dilaksanakan secara mandiri oleh UIN Antasari Banjarmasin.

Syarat Pendaftaran
  1. Siswa yang berhak didaftarkan adalah siswa yang mengikuti Ujian Nasional pada tahun ini
  2. Siswa yang memilih Jurusan Pendidikan Matematika diutamakan berasal dari jurusan IPA.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran.
  4. Siswa memiliki rata-rata nilai rapor minimal 7 dan memiliki rangking dikelas pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan :
    • Rangking 1 – 15 pada sekolah terakreditasi A
    • Rangking 1 – 10 pada sekolah terakreditasi B
    • Rangking 1 – 5 pada sekolah terakreditasi C atau belum diakreditasi.

Prosedur Pendaftaran
  1. Sekolah mengisi formulir profil sekolah.
  2. Sekolah membuat Surat Rekomendasi Siswa yang didaftarkan.
  3. Siswa yang mendaftarkan diri mengisi Surat Pernyataan Pendaftaran dan formulir data pribadi.
  4. Siswa melampirkan fotocopy rapor semester 3, 4 dan 5 yang dilegalisir, piagam penghargaan minimal tingkat kota/kabupaten, kartu keluarga dan slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua.
  5. File daftar peserta, formulir sekolah, surat pernyataan siswa dan formulir pribadi siswa dapat diunduh (didownload) pada laman website UIN Antasari www.antasari.ac.id
  6. Data daftar peserta (dalam format Ms. Excel) dapat dikirim langsung melalui email : mikwa@iain-antasari.ac.id
  7. Seluruh berkas pendaftaran dapat disampaikan langsung atau dikirimkan kepada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Antasari secara kolektif.

Untuk informasi penting lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi UIN Antasari.

D. Pendaftaran Online UM Mandiri UIN Antasari

UM-Mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh panitia dari Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Antasari. UM-Mandiri diadakan melalui ujian tertulis dan biaya pendaftaran gratis.

Syarat Pendaftaran
  • Memiliki jazah MA/SMU/SMK/Pondok Pesantren (atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah yang bersangkutan bagi siswa yang mengikuti UN tahun ini).
  • Peserta dapat memilih 3 jurusan/program studi dimana masing-masing pilihan harus berbeda fakultasnya.
  • Khusus untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Matematika diutamakan dari jurusan IPA.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran.

Prosedur Pendaftaran
  • Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman siak.iain-antasari.ac.id/pmb
  • Calon mahasiswa mencetak formulir pendaftaran UM-Mandiri dan formulir data UKT.
  • Melakukan validasi formulir pendaftaran dan data UKT pada Panitia UM-Mandiri di UIN Antasari.
  • Peserta mendapatkan kartu ujian dan siap untuk mengikuti ujian tertulis UM-Mandiri.

Untuk informasi lain yang anda perlukan bisa anda baca di website resmi UIN Antasari.

E. Pendaftaran Bidikmisi UIN Antasari

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi. Calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah untuk bisa mendaftar.

Pendaftaran dilakukan secara langsung/offline dengan mengisi data-data sesuai formulir yang telah disediakan oleh UIN Antasari. Silahkan lakukan pendaftaran di kampus. Calon peserta sebelumnya sudah harus mendapatakan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Seelah itu baru bisa mendaftar.

Informasi lebih lanjut dapat anda tanyakan saat akan mendaftar atau membaca pada alamat website www.antasari.ac.id
F. Pendaftaran Online Program Pascasarjana UIN Antasari

UIN Antasari kembali membuka jalur pendaftaran untuk Program Magister dan Doktor. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Persyaratan Pendaftaran
  • Program Doktor : Memiliki ijazah S1 dan S2 dari UIN/IAIN/ STAIN/PTAI/ Perguruan Tinggi Umum atau ijazah S1 dan S2 luar negeri yang mendapat pengakuan persamaan dari Dikti/Diktis, semuanya disyaratkan lulus minimal dengan IPK 3,00.
  • Program Magister : Memiliki ijazah S1 dari UIN/IAIN/STAIN/PTAI/ Perguruan Tinggi Umum atau ijazah S1 luar negeri yang mendapat pengakuan persamaan dari Dikti/Diktis.

Prosedur Pendaftaran
  • Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  • Melampirkan fotokopi ijazah S1 dan S2 beserta Transkrip Nilai yang telah dilegalisir.
  • Menyerahkan photo berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar ; 1 lembar ditempelkan pada formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan proposal disertasi tentatif bagi Program Doktor (S3).
  • Membayar biaya administrasi pendaftaran.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UIN Antasari yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN Antasari. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Antasari

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UIN Antasari. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel ini . 

Cukup sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.