Pendaftaran Online IAIN Kerinci 2024/2025

iainkerinci.ac.id 2024 -- Pendaftaran Online IAIN Kerinci, Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Kerinci, Pendaftaran IAIN Kerinci Jenjang S1 dan S2, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kerinci Jambi, Pendaftaran Kuliah IAIN Kerinci, Syarat - Jadwal - Biaya - Jalur - Cara Daftar - Prosedur, Jalur SPAN PTKIN, Jalur UM PTKIN, Jalur Mandiri, Jalur Beasiswa - KIP Kuliah, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Online IAIN Kerinci 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin kuliah di kampus IAIN Kerinci. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Institut Agama Islam Negeri Kerinci atau yang sering kita sebut dengan nama IAIN Kerinci adalah salah satu perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan bidang keagamaan islam.

Cikal bakal dari IAIN Kerinci berawal dari Fakultas Syari’ah Muhammadiyah  yang berdiri pada tahun 1964. Kemudian terus mengalami perkembangan menjadi STAIN Kerinci, hingga akhirnya kini menjadi IAIN Kerinci.

Alamat kampus IAIN Kerinci yaitu di Jl. Pelita IV, Sungai Penuh, Sumur Gedang, Kerinci, Jambi, 37112.

Fakultas dan Program Studi yang ada di IAIN Kerinci yaitu sebagai berikut :

Fakultas Syari'ah, terdiri dari :

  • Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)
  • Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalat)

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terdiri dari :

  • Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • Program Studi Pendidikan Matematika (PMTK)
  • Program Studi Pendidikan Biologi (PBIO)

  • Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI)

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, terdiri dari :

  • Program Studi Manajemen Dakwah (MD)
  • Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdiri dari :

  • Program Studi Perbankan Syariah (PbS)
  • Program Studi Ekonomi Syariah (ES)

Program Pascasarjana, terdiri dari :

  • Pendidikan Agama Islam (Konsentrasi : Pendidikan Karakter) (M.Pd)
  • Hukum Keluarga Islam (Ahwal Sakhshiyyah) (M.H)

Dari uraian singkat diatas, mungkin ada salah satu pilihan program studi yang kalian minati sehingga lebih memotivasi kalian untuk segera mendaftarkan diri di kampus IAIN Kerinci.

Untuk pendaftaran calon mahasiswa baru di IAIN Kerinci dibuka melalui beberapa jalur, yaitu mulai dari jalur seleksi nasional seperti SPAN PTKIN dan UM PTKIN, kemudian dibuka pula jalur mandiri.

Jika kalian memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur nasional seperti jalur SPAN PTKIN, maka ikutilah. Jika tidak lulus seleksi, maka bisa mengikuti jalur UM PTKIN. Kemudian jika tidak lulus lagi, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri.

Harapan kami sebagai admin, kalian cukup mengikuti satu kali jalur seleksi dan langsung lulus. Aamiin. Apabila lulus dari suatu jalur seleksi, maka segera melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan ketentuan dari pihak kampus.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai jalur seleksi SPAN PTKIN, jalur UM PTKIN, dan jalur mandiri IAIN Kerinci akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

A. Pendaftaran Online IAIN Kerinci Jalur SPAN PTKIN

SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur prestasi masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah IAIN Kerinci.

Jalur SPAN PTKIN hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi berprestasi lulusan tahun ini.

Kepala sekolah merekomendasikan siswa-siswinya denga mengisi data pendaftaran di PDSS SPAN PTKIN. Kemudian siswa melanjutkan proses pendaftaran hingga finish.

Adapun laman pendaftaran SPAN PTKIN yaitu span-ptkin.ac.id

Penjelasan lebih lanjut mengenai SPAN PTKIN seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara daftar, prosedur, mekanisme seleksi, pilihan PTKIN dan prodi, serta keterangan lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Online SPAN PTKIN atau Pendaftaran Online SPAN PTKIN

B. Pendaftaran Online IAIN Kerinci Jalur UM PTKIN

UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur tes masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah IAIN Kerinci.

Jalur ini dapat diikuti oleh lulusan SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini (lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi).

Seleksi jalur UM PTKIN dilakukan melalui tes. Kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil terbaik sehingga bisa lulus tes dan kahirnya diterima menjadi mahasiswa IAIN Kerinci melalui jalur UM PTKIN.

Pendaftaran UM PTKIN dilakukan secara online melalui laman um-ptkin.ac.id

Penjelasan lebih rincu mengenai UM PTKIN telah dirangkum tersendiri pada artikel Pendaftaran Online UM PTKIN dan juga di Panduan Pendaftaran Online UM PTKIN

Pada artikel tersebut dapat ditemukan informasi berupa persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, biaya pendaftaran, pilihan PTKIN, pilihan program studi, dan lainnya.

C. Pendaftaran Online IAIN Kerinci Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang dibuka dan dikelola oleh pihak kampus IAIN Kerinci. Jalur ini bisa dijadikan kesempatan terakhir untuk bisa masuk ke IAIN Kerinci.

Hampir sama dengan jalur UM PTKIN, pada jalur mandiri juga menggunakan sistem ujian tes untuk menyelaksi calon mahasiswa baru. Nilai yang memenuhi kriteria kelulusan yang akan menjadi penentu kelulusanmu.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri :

  1. Lulusan MA / SMA / SMK / sederajat yang dibuktikan dengan Scan Asli ijazah terakhir atau Scan Asli Surat Keterangan Lulus
  2. File Pas photo warna 4x6 cm Berlatar Biru
  3. Membayar uang Pendaftaran sesuai ketentuan di bank BRI

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri :

  1. Melakukan pembayaran di bank BRI
  2. Mengupload bukti pembayaran dan persyaratan lainnya melalui website
  3. Mendapatkan nomor registrasi dan pin untuk mengisi biodata secara online.
  4. Mengisi biodata secara online melalui website http://pmb.stainkerinci.ac.id/reg/ dan memilih jurusan yang diinginkan sejumlah 3 pilihan jurusan yang diurut mulai dari yang paling diminati.
  5. Cetak kartu ujian


          Kelompok ujian :

          Kelompok ujian masuk Jalur Mandiri IAIN Kerinci terbagi menjadi :

          a. Tes Tertulis : 

          • Tes Potensi Akademik, dan Tes Study Dasar
          • Tes Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

          b. Tes Lisan : Tes Wawancara Keislaman

          Untuk informasi lebih lanjut silahkan cek langsung di website resmi IAIN Kerinci.

          Bacaan Terkait : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN

          D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Kerinci

          Salah satu program pemerintah dalam membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar bisa mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi yaitu dengan menyalurkan bantuan melalui program KIP Kuliah.

          Info : KIP Kuliah ini sebelumnya bernama Bidikmisi

          Koordinasikan dengan pihak sekolah apabila ada kesulitan dalam pendaftaran KIP Kuliah.

          Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, cara mendaftar, ketentuan terkait pendaftaran, dan lainnya.

          E. Pendaftaran Online IAIN Kerinci Jenjang Pascasarjana

          Bagi anda yang ingin melanjutkan study ke jenjang Pascasarjana IAIN Kerinci, maka dapat melakukan pendaftaran sesuai persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi.

          Beberapa persyaratan pendaftaran secara umum yaitu :

          • Tamatan S1
          • Foto copy ijazah dan transkip nilai
          • Membayar biaya pendaftaran
          • Menyiapkan pas foto ukuran 3 x 4 dan 4 x 6
          • Menyiapkan map untuk pendaftaran
          • Dan berkas lainnya yang dapat ditanyakan pada panitia seleksi

          Untuk infomasi lainnya silahkan akses langsung ke laman https://pps.iainkerinci.ac.id/

          Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke IAIN Kerinci untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Silahkan pilih salah satu jalur yang diminati. Apabila tidak lulus dari jalur yang satu, maka bisa mengikuti jalur lain yang masih dibuka. Jika lulus dari jalur yang diikuti, segera lakukan daftar ulang.

          Catatan Penting : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi.

          Baca Juga :

          Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online IAIN Kerinci. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih atas waktu yang telah diluangkan. Mari like dan share, serta ajak teman lain untuk berkunjung ke blog ini. Salam sukses.