Pendaftaran Online Politeknik Penerbangan Surabaya 2024/2025

poltekbangsby.ac.id 2024 -- Pendaftaran ATKP Surabaya, Sipencatar ATKP SBY, Pendaftaran Poltekbangsby, Pendaftaran Calon Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya, Pendaftaran Catar Politeknik Penerbangan Surabaya, Penerimaan Calon Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Politeknik Penerbangan Surabaya. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online Politeknik Penerbangan Surabaya 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yaitu di Politeknik Penerbangan Surabaya. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Penerbangan Surabaya atau Poltekbangsby adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang penerbangan.

Politeknik Penerbangan Surabaya sebelumnya bernama Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP), kemudian bernama nama seperti sekarang ini.

Lokasi kampus Politeknik Penerbangan Surabaya yaitu di Jl. Jemur Andayani 1 No 73 Surabaya - 60236.

Visi Politeknik Penerbangan Surabaya :
“Menjadi Lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan kelas dunia yang profesional dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di industri jasa penerbangan nasional maupun internasional”
Program Studi yang ada di Politeknik Penerbangan Surabaya, yaitu :
  • Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
  • Teknik Navigasi Udara (TNU)
  • Teknik Pesawat Udara (TPU)
  • Manajemen Transportasi Udara (MTU)
  • Lalu Lintas Udara (LLU)
  • Komunikasi Penerbangan (KP)
  • Teknik Bangunan dan Landasan (TBL)

Sarana dan Prasarana :
  • Ruang Kelas, Laboratorium & Bengkel, Asrama, Perpustakaan, Ruang Makan, Stress Center, Klinik, Masjid, Cafe / Kantin, Fitness Center, Lapangan Olah Raga & Outbond, Gedung Serbaguna.

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Politeknik Penerbangan Surabaya. Dengan mengetahui informasi di atas, maka kalian memiliki gambaran seperti apa kampus ini.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui bahwa Politeknik Penerbangan Surabaya merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bukan ikatan dinas yang menyelenggarakan pendidikan di bidang penerbangan. Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan tinggi di bidang penerbangan, maka Politeknik Penerbangan Surabaya adalah pilihan yang telah.

Untuk bisa menempuh pendidikan di Politeknik Penerbangan Surabaya, maka pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai calon taruna baru. Setelah itu, mengikuti tahapan seleksi dan menunggu pengumuman kelulusannya.

Jika diterima sebagai taruna baru Politeknik Penerbangan Surabaya, maka inilah kesempatan kalian untuk menuntut ilmu sebanyak-banyak serta kesempatan untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki.

Disini kalian akan mendapatkan pengajaran dan pembelajaran yang nantinya sangat berguna dalam memasuki dunia kerja khususnya di bidang penerbangan. Dengan bekal ilmu yang cukup yang didapatkan saat kuliah, maka peluang untuk diterima kerja di suatu perusahaan akan semakin besar.

Tertarik untuk kuliah di Politeknik Penerbangan Surabaya?. Berikut admin berikan informasi seputar pendaftaran beserta ketentuan penting lainnya. Silahkan disimak dengan baik.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan / Jurusan

1. Program Studi D-III TPU (Teknik Pesawat Udara), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA) 
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknotogi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.

2.  Program Studi D-III MTU (Manajemen Transportasi Udara), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMU / MA (IPA / IPS)
  • Paket C (IPA) 
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Akuntansi dan Keuangan.

3. D-III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMA/MA (IPA)
  • Paket C (IPA),
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, Teknologi Konstruksi dan Properti (kecuali Bisnis Konstruksi dan Properti).

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan dan di atas, calon taruna / taruni baru juga harus memenhi persyaratan pendaftaran seperti yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub.
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

        D. Tahapan Seleksi
        • Seleksi Tahap I : Pendaftaran
        • Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
        • Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
        • Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
        • Seleksi Tahap V : Psikotes;
        • Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
        • Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
        • Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

        E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

        Jadwal Pendaftaran dan lokasi tes dapat dilihat langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

        F. Informasi Penting Lainnya silahkan cek di :
        • Website Politeknik Penerbangan Surabaya : poltekbangsby.ac.id
        • Atau bisa datang langsung ke Gedung Utama Lt. 1, pada Hari kerja pukul 08.00 - 15.00 WIB
        • Jika ada perubahan atau perbedaan info, ikuti yang ada di website resmi

        Itulah informasi mengenai pendaftaran calon taruna baru Politeknik Penerbangan Surabaya. Silahkan ikuti proses pendaftaran dan seleksinya. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebagai persiapan menghadapi seleksi yang bertahap.

        Artikel Lanjutan : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub


        Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online Politeknik Penerbangan Surabaya. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan panduan bagi kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru Politeknik Penerbangan Surabaya. Thanks very much.