Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2024/2025 (dikdin.bkn.go.id)

dikdin.bkn.go.id 2024 -- Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN, Pendaftaran Online sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Formulir Registrasi Pendaftaran sscasn.bkn.go.id, Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Baru / Calon Taruna Baru Pendidikan Ikatan Dinas di Portal SSCN di alamat sscasn.bkn.go.id. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2024/2025 (dikdin.bkn.go.id). Informasi ini diberikan sebagai panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru / calon taruna baru di Pendidikan Ikatan Dinas. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Pendidikan Ikatan Dinas adalah pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian dimana setelah lulus dari pendidikan maka mahasiswa / taruna tersebut secara otomatis akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Pada saat ini, menjadi seorang PNS ini itu sulit, banyak sekali pesaingnya sehingga peluang untuk lulus seleksi menjadi PNS semakin sulit. Melalui Pendidikan Ikatan Dinas, maka menjadi salah satu jalan untuk menjadi seorang PNS.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu harus melewati berbagai macam proses pendaftaran dan juga proses seleksi yang ketat yang terkadang membuat para calon yang mendaftar mengalami kesulitan.

Telah dimulai pada tahun sebelumnya bahwa pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas dilakukan melalui portal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Perubahan proses pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas ini menjadi salah satu kendala tersendiri bagi beberapa calon peserta. Diperlukan suatu panduan yang jelas agar mereka dapat melakukan proses pendaftaran dengan lancar.

Disini admin akan mencoba memberikan panduan bagi para calon peserta yang akan melakukan pendaftaran ke Pendidikan Ikatan Dinas.

Berikut informasi yang sangat penting yang harus dipahami oleh setiap calon peserta sebelum calon peserta melakukan proses pendaftaran.

A. PERHATIAN PENTING!!!

1. Persiapan Pendaftaran Secara Online :

Sebelum melakukan pendaftaran secara online, calon pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan dokumen - dokumen berikut :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA / Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

          Pendaftaran online dilakukan melalui laman Dikdin BKN di https://dikdin.bkn.go.id dilanjutkan dengan pendaftaran sekolah kedinasan sesuai ketentuan masing-masing instansi.

          2. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan :

          Calon Peserta diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

          3. Seleksi :

          Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi / Sekolah Kedinasan

          4. Pengisian Data :

          Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan GUGUR dan TIDAK DAPAT DIPROSES lebih lanjut.

          5. Persyaratan Khusus / Tambahan

          Instansi yang membuka penerimaan seleksi Pendidikan Kedinasan mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Sekolah Kedinasan. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.

          Setelah memahami informasi penting di atas, maka selanjutnya calon peserta harus memahami alur pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas seperti berikut ini :

          B. Alur dan Tata Cara Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas

          Gambaran Umum Proses Pendaftaran :
          1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
          2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://daftar-dikdin.bkn.go.id
          3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
          4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
          5. Pelamar memasukkan Nilai
          6. Pelamar melengkapi Biodata
          7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
          8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
          9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
          10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
          11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
          12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
          13. Pelamar mengikuti tahapan tesseleksi
          14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tesseleksi
          15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya

          Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

          1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan : 

          Berikut tata caranya :

          1. Buka laman https://dikdin.bkn.go.id

          2. Klik "Registrasi" atau "Daftar" akan tampil halaman registrasi :

          3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

          4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

          4. Nama lengkap sesuai KTP

          5. Tanggal lahir sesuai KTP

          6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

          7. Masukan kode captcha yang terlampir

          8. Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

          9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
          1. Alamat
            • Isi alamat sesuai dengan KTP
          2. Tempat Lahir
            • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),sesuai dengan ijazah
          3. Tanggal Lahir
            • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
          4. Jenis kelamin
            • Pilih jenis kelamin yang sesuai
          5. E-mail
            • Masukan e-mail aktif dan valid
          6. Password
            • Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
          7. Konfirmasi Password
            • Masukkan kembali password telah Anda masukan
          8. Pertanyaan Pengaman 1
            • Pilih pertanyaan pengaman Anda
          9. Jawaban Pengaman
            • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
          10. Pertanyaan Pengaman 2
            • Pilih pertanyaan pengaman Anda
          11. Jawaban Pengaman
            • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
          12. Captcha
            • Masukan kode captcha yang tampil di layar

          10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

          11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap

          12. Selanjutnya klik "Lanjutkan"

          13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik "Perbaiki" dan jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun"

          Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.

          Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.


          2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

          Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://daftardikdin.bkn.go.id/login dengan klik tombol "Log in" yang tertera di sudut kanan atas

          Pada saat mengakses halaman https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login maka akan muncul notifikasi, pastikan kamera pada device anda aktif dan browser yang direkomendasi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

          Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta. Isilah data-data seperti di bawah ini

          1. Upload Swafoto

          Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Klik tombol "Choose File" cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 100 kb dan maksimal 200kb.

          2. Pengisian Biodata

          Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

          # Data Diri Pelamar :
          Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

          # Data Diri Orang Tua :
          NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

          Jika telah melengkapi kolom-kolom yang tersedia. Klik "Selajutnya" untuk ke halaman selanjutnya

          3. Mendaftar Formasi
          1. Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
          2. Klik tombol "Pilih"
          3. Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
          4. Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
          5. Isi Tahun Lulus
          6. Isi nomorijazah pendidikan terakhir Anda
          7. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
          8. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
          9. Isi kode captcha yang tampil
          10. Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi 

          4. Pengisian Nilai

          Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda

          5. Unggah Dokumen

          Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

          Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat". Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol  "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. Dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya

          6. Resume

          Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

          Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

          Selanjutnya klik tombol "Ya", dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN" akan tampil. Bila pelamar klik tombol "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN"  akan tampil Kartu Pendaftaran.

          Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

          C. Setelah Pendaftaran di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id)

          Setelah melakukan pendaftaran di Portal Dikdin BKN di laman dikdin.bkn.go.id, maka yang harus dilakukan oleh calon peserta adalah mengikuti tahapan pendaftaran atau seleksi di portal instansi yang diminati.

          Ada 8 (delapan) instansi yang bisa dipilih pada Sekolah Ikatan Dinas yaitu : PKN STAN, Politeknik Statistik STIS, IPDN, Poltek SSN, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan Perguruan kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan.

          D. Daftar Sekolah Ikatan Dinas

          Berikut Daftar Lengkap Sekolah Ikatan Dinas yang membuka pendaftaran.

          1. Pendaftaran PKN STAN

          Bagi calon peserta yang ingin mendaftar PKN STAN, maka harus mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan tahapan pendaftaran atau seleksi di portal PKN STAN di alamat spmb.pknstan.ac.id

          Baca selengkapnya : Pendaftaran Online STAN

          2. Pendaftaran SPCP IPDN

          Bagi calon peserta yang berkeinginan untuk menjadi calon praja IPDN, maka harus mendaftar di Portal dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan tahapan pendaftaran atau seleksi ke portal IPDN di alamat spcp.ipdn.ac.id

          Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran Online SPCP IPDN

          3. Pendaftaran Polstst STIS


          Pendaftaran Polstst STIS juga dilakukan melalui di alamat dikdin.bkn.go.id , setelah itu dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran atau seleksi di Portal SPMB STIS di alamat stis.ac.id/spmb/

          Baca artikel berikut : Pendaftaran Online STIS

          4. Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

          Calon peserta yang ingin mendaftar di POLTEKIP dan POLTEKIM harus mendaftar terlebih dahulu di alamat dikdin.bkn.go.id , kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran atau seleksi di Portal POLTEKIP dan POLTEKIM di alamat catar.kemenkumham.go.id

          Selengkap Baca pada artikel berikut : Pendaftaran Online POLTEKIP dan POLTEKIM

          5. Pendaftaran PTDI STTD

          Calon peserta yang berkeinginan untuk masuk ke STTD, maka terlebih dahulu harus mendaftar di di alamat dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STTD di alamat sipencatar.dephub.go.id

          Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online PTDI STTD

          Selain STTD, masih ada lagi perguruan tinggi ikatan dinas lainya yang ada di bawah Kementerian Perhubungan yang totalnya ada 11 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Baca selengkapnya di Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

          6. Pendaftaran STMKG

          Bagi calon peserta yang ingin mendaftar di sekolah ikatan dinas STMKG, maka terlebih dahulu mendaftar di alamat dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan tahapan pendaftaran atau seleksi di ptb.stmkg.ac.id

          Informasi pendaftaran selengkapnya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online STMKG

          7. Pendaftaran Politeknik SSN

          Pendaftaran Politeknik SSN di awali dengan dengan mendaftar di alamat dikdin.bkn.go.id , selanjutnya mengikuti tahapan pendaftaran atau seleksi di Poltal STSN di alamat poltekssn.ac.id/pendaftaran

          Baca artikel selanjutnya : Pendaftaran Online Poltek SSN

          8. Pendaftaran STIN

          Seperti ikatan dinas lainnya, pendaftaran STIN juga dilakukan melalui alamat dikdin.bkn.go.id. Setelah itu dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STIN di alamat stin.ac.id/daftar

          Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online STIN

          Bacaan Penting!!!

          Baca juga :

          Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas (dikdin.bkn.go.id). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan panduan atau pencerahan bagi anda yang membutuhkan.

          Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan. Caranya klik tombol share atau ajak mereka secara langsung untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.