Pendaftaran Online PKTJ Tegal 2018/2019 (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan)

sipencatar.dephub.go.id 2018 -- Pendaftaran PKTJ Tegal 2018, Pendaftaran Taruna Baru PKTJ, Pendaftaran Sekolah Kedinasan PTKJ, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ/Poltran) Tegal, Penerimaan Taruna/i Baru PKTJ Tegal, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran Online PTKJ Tegal, Pendaftaran PTKJ. Pendaftaran Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Online PKTJ 2018/2019 (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan). Informasi ini ditujukan bagi calon taruna baru yang akan melakukan pendaftaran kuliah di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.


Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan atau disingkat dengan nama PKTJ adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan khususnya di bidang keselamatan transportasi darat.

Lokasi kampus PTKJ yaitu di Jl. Semeru No.3, Slerok, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125.

Awal berdirinya bernama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1971 dan pada tanggal 27 September 1971 dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat saat itu yang bernama Sumpono Bayuaji.

Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 Tahun 2002, namanya berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal. Dan akhirnya namanya berubah seperti saat ini yaitu Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan.

Nah, bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat lainnya yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan tinggi khususnya di bidang keselamatan transportasi darat, maka dapat menempuh pendidikan di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ).

Disinilah kesempatan kalian untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk diterapkan di dunia kerja nanti. Belajarlah dengan sunguh-sungguh karena kesungguhan akan mendatangkan keberkahan.

Tak ada jaminan memang lulus kuliah langsung kerja. Namun dengan ilmu, pengetahuan, dan keahlian yang mumpuni akan menjadikan kalian satu dari beberapa calon pegawai yang dipertimbangan oleh suatu instansi saat kalian melamar kerja.

Salah satu tujuan dari kuliah yaitu nantinya setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai. Saat ini dapat dilihat cukup banyak orang yang bekerja tidak pada bidang keahliannya. Itu menandakan cukup sulit untuk bisa kerja pada bidang yang sesuai karena banyak hal yang menjadi pertimbangan.

Kalian harus yakin dengan kemampuan diri, tunjukkan bahwa kalian bisa dan akan memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan perusahaan tersebut. 

Sekarang yang harus dilakukan adalah menempuh pendidikan terlebih dahulu di PKTJ. Setelah lulus baru mendaftar kerja.

Untuk menempuh pendidikan di PKTJ, maka yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai calon taruna baru. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat disimak di bawah ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D. IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan (MKTJ), untuk kelulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika dan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik

2. Program Studi D. IV Teknik Keselamatan Otomotif (TKO), untuk kelulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika.

3. Program Studi D. III Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), untuk kelulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna baru juga harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran seperti yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah

C. Alur Pendaftaran

Pendaftaran calon taruna baru PKTJ dilakukan secara online melalui Portal SSCN dan situs resmi Sipencatar Dephub  di alamat sipencatar.dephub.go.id . Alur pendaftaran lengkap dapat dilihat di bawah ini.

Alur Pendaftaran :
  1. Mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

        Untuk penjelasan mengenai tata cara pendaftaran dapat dibaca langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah

        D. Tahapan Seleksi

        Calon taruna baru PKTJ yang ingin dinyatakan lulus seleksi masuk, maka harus melalui berbagai tahapan seleksi melalui tahapan seleksi terlebih dahulu. Ada cukup banyak tahapan seleksi yang harus dilalui, yaitu :
        1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
        2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
        3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
        4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
        5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
        6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
        7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
        8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

                      E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

                      Jadwal Pendaftaran dan lokasi tes dapat dilihat langsung Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

                      F. Pengumuman Hasil Seleksi

                      Pengumuman tiap tahapan seleksi dan pengumuman akhir diumumkan melalui web di alamat sipencatar.dephub.go.id


                      Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru PKTJ. Silahkan lakukan pendaftaran sesuai ketentuan dan cara-cara yang telah diberikan di atas.

                      Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat di alamat sipencatar.dephub.go.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi tersebut.

                      Demikian penyempaikan informasi tentang Pendaftaran Online PKTJ (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua calon taruna PKTJ. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa berbagi dan kembali kesini.