Pendaftaran Online Poltekpel Surabaya 2024/2025 (Politeknik Pelayaran Surabaya)

www.poltekpel-sby.ac.id 2024 -- Pendaftaran Poltekpel Surabaya, Pendaftaran Taruna Baru Poltekpel Surabaya, Cara Pendaftaran Diklat Online Poltekpel Surabaya, Penerimaan Taruna/i Baru Politeknik Pelayaran Surabaya, Jadwal- Syarat - Cara Pendaftaran Taruna Baru Poltekpel Surabaya. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan ini berjudul Pendaftaran Online Poltekpel Surabaya 2024/2025 (Politeknik Pelayaran Surabaya). Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Pelayaran Surabaya. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Pelayaran Surabaya atau kenal pula dengan nama Poltekpel Surabaya adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Kementrian Perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pelayaran.

Lokasi kampus Poltekpel Surabaya :
  • Kampus I di Jalan Raya Hang Tuah No. 5 Surabaya 60155, Jawa Timur – Indonesia. Telp. (031) 352 3685 , 355 8785. Fax ( 031) 3546028.
  • Kampus II di Jalan Gunung Anyar Boulervard No. 1 Surabaya.

Awal berdirinya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya. Kemudian pada tahun 2013 berubah statusnya menjadi Politeknik Pelayaran Surabaya.

Visi Poltekpel Surabaya yaitu " Menjadi politeknik pelayaran unggulan berstandar internasional serta berperan aktif dalam industri pelayaran

Motto Poltekpel Surabaya : "Pengabdian kami melalui pelayaran yang terbaik"

Melalui pembelajaran yang difokuskan di bidang ilmu pelayaran, maka para lulusan dari Poltekpel Surabaya diharapkan mampu menjadi tenaga ahli dan profesional di bidang ilmu pelayaran yang dapat mengisi posisi kerja di berbagai bidang pelayaran di Indonesia.

Fasilitas-fasilitas pembelajaran berupa fasilitas umum, fasilitas nautika, dan fasilitas teknika dan ETO yang memadai tentunya sangat menunjang proses pembelajaran. Dengan pembelajaran yang sungguh-sungguh, maka ilmu-ilmu yang berguna nantinya saat memasuki dunia kerja bisa dikuasai sejak saat ini.

Prospek kerja yang menjanjikan setelah lulus kuliah menjadi satu daya tarik tersendiri untuk kuliah di Politeknik Pelayaran Surabaya.

Jadi, tunggu apa lagi?. Silahkan untuk kalian yang bercita-cita ingin kerja di bagian pelayaran, maka kuliah di kampus Politeknik Pelayaran Surabaya.

Berikut ini admin berikan informasi seputar penerimaan calon taruna baru Politeknik Pelayaran Surabaya. Silahkan dibaca dengan baik.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D. III Nautika, persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA)
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga

2. Program Studi D. III Teknika, persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA)
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Program Studi D. III Elektro Pelayaran, persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA),
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Teknik Kelistrikan Kapal.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan di atas, calon taruna / taruni baru juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran lainnya seperti yang terangkum pada artikel : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran yang dilakukan yaitu :
  • Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  • Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  • Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  • Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Informasi rinci mengenai tata cara pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi yang dilakukan, yaitu :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes 

Jadwal pendaftaran dan lokasi tes calon taruna / taruni baru Poltekpel Surabaya dapat dilihat langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah ini.


Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru Poltekpel Surabaya. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri. Untuk informsi lebih lanjut silahkan baca di website resmi. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Baca Juga :

Demikian informasi yang dapat admin bagikan pada kalian tentang Pendaftaran Online Poltekpel Surabaya (Politeknik Pelayaran Surabaya). Semoga informasi ini dapat memberikan pencerahnan bagi kalian yang ingin kuliah di kampus ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share.