Pendaftaran Online Poltekbang Medan 2024/2025 (ATKP Medan)

poltekbangmedan.ac.id 2024 -- Pendaftaran Poltekbang Medan, Sipencatar ATKP Medan / Poltekbang Medan, Pendaftaran Kuliah Kedinasan di ATKP Medan / Poltekbang Medan, Pendaftaran Taruna ATKP Medan / Poltekbang Medan, Penerimaan Calon Taruna Baru ATKP Medan / Poltekbang Medan, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran Online Calon Taruna Poltekbang Medan. 2026. 2027.

Infornasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Online Poltekbang Medan 2024/2025 (ATKP Medan). Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Poltekbang Medan. Langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.


Politeknik Penerbangan Medan atau yang dikenal pula dengan nama Poltekbang Medan adalah satu dari beberapa perguruan tinggi kedinasan yang benaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan.

Sedikit info tentang sejarah Poltekbang Medan :

Pada awal berdirinya bernama tahun 1989 bernama Balai Diklat Penerbangan Medan. Tugasnya untuk mendidik dan melatih para pegawai yang berkecimpung di dunia penerbangan baik swasta, BUMN maupun pemerintah.

Kemudian statusnya berubah dari Diklat Penerbangan Medan berubah menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan nomor, KM.71 tahun 2002 tanggal 02 Oktober 2002. Tugasnya yaitu melaksanakan pendidikan profesional program diploma bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka bagi umum (free service training).

Kini, ATKP Medan kini telah berubah statusnya menjadi Politeknik Penerbangan Medan (Poltekbang Medan).

Daftar Program Studi yang ada di Poltekbang Medan, yaitu :
  • D3 Pemandu Lalu Lintas Udara
  • D3 Teknik Listrik Bandara
  • D3 Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara
  • D3 Teknik Pesawat Udara

Lokasi kampus Poltekbang Medan yaitu di Jl. Penerbangan No.85 Jamin Ginting Km. 8,5., Padang Bulan, Medan, Indonesia.


Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan di Poltekbang Medan, maka perlu untuk membaca informasi ini sampai selesai.

Sebagai langkah awal yang dapat dilakukan oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin masuk ke Poltekbang Medan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon taruna baru.

Poltekbang Medan membuka penerimaan calon taruna baru disetiap tahun ajaran baru yang biasanya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan RI seperti Poltekbang Makassar, dan lainnya yang pendaftaran dilakukan melalui satu alamat yaitu sipencatar.dephub.go.id .

Kalian dapat memilih Poltekbang Medan sebagai perguruan tinggi yang dipilih.

Sebagai persiapan sebelum mendaftar, kalian harus menyiapkan berkas pendaftaran dan persyaratan lain yang diperlukan. Persiapkan juga diri kalian untuk menghadapi seleksi yang akan diadakan dalam beberapa tahapan.

Setelah semua persiapan dilakukan, selanjutnya mendaftarkan diri sebagai calon taruna baru Poltekbang Medan. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat web di atas. Lakukan pengisian data hingga mencetak kartu peserta.

Selanjutnya mengikuti berbagai tahapan seleksi yang ditentukan oleh panitia. Seleksi tahap berikutnya dapat diikuti jika lulus dari seleksi tahap sebelumnya. Misalnya untuk mengikuti tahap ke 2, maka harus lulus dari tahap ke 1.

Setelah serangkaian seleksi diikuti dan di pengumuman akhir dinyatakan lulus sebagai taruna baru Poltekbang Medan, selanjutnya melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan.

Kemudian mengikuti pendidikan di kampus Poltekbang Medan pada masa studi yang telah ditetapkan. Disinilah kesempatan kalian untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya yang sangat berguna nantinya untuk diterapkan di dunia kerja.

Memasuki dunia kerja, disinipun sangat banyak pesaingnya untuk bisa masuk ke suatu lembaga / instansi yang dinginkan sebagai tempat bekerja. Kalian harus bersaing dengan peserta lainnya untuk bisa lulus seleksi dan diterima kerja di lembaga / instansi tersebut.

Setelah diterima kerja, terapkanlah ilmu yang telah didapatkan di kampus Poltekbang Medan serta kembangkan terus ilmu dan keahlian kalian. Totalitas dalam bekerja demi kemajuan.

Nah, sampai disini saja ulasan mengenai proses persiapan pendaftaran hingga memasuaki dunia kerja khususnya di bidang teknik dan keselamatan penerbangan.

Langsung saja simak informasi inti pada artikel ini yang berjudul Pendaftaran Taruna Poltekbang Medan.

A. Program Studi dan Persyaratan Lulusan

1. Program Studi D. III Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara (TNU), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Penerbangan.

2. Program Studi D. III Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Penerbangan.

3. Program Studi D. III Teknik Listrik Bandara (TLB), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Penerbangan.

4. Program Studi D. III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Penerbangan.

B. Persyaratan Persyaratan

Calon taruna / taruni yang akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur ikatan dinas masuk ke Poltekbang medan selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan.

Untuk mengetahui persyaratan pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran Calon Taruna Poltekbang Medan

Calon taruna baru Poltekbang Medan dapat melakukan pendaftaran secara online melalui Portal SSCN BKN dan website Sipencatar Kemenhub.

Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk penjelasan mengenai tata cara pendaftaran dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

                E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

                Pendaftaran calon taruna Poltekbang Medan dibuka bersamaan dengan perguruan tinggi lainnya di bawah kementerian perhubungan. Lokasi tesnya juga sama. Untuk lebih jelas, temukan informasinya di artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

                Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru Poltekbang Medan. Bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan temukan di website resmi Poltekbang Medan atau di website Sipencatar Dephub.

                Artikel Lanjutan : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

                Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka silahkan ikuti yang ada di web resmi

                Baca Juga Artikel Terkait :

                Demikian penyampaikan tentang Pendaftaran Online Poltekbang Medan (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan). Semoga informasi yang telah admin sampaikan di atas bermanfaat untuk kalia semua. Terima kasih telah membaca artikel ini, Jangan lupa untuk kembali kesini ya.