Pendaftaran Online PIP Makassar 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)

pipmakassar.ac.id 2024 -- Pendaftaran PIP Makassar, Sipencatar Poltekpel Makassar, Pendaftaran Taruna PIP Makassar, Cara Pendaftaran Online PIP Makassar, Pendaftaran Calon Taruna BPSDM Perhubungan, Penerimaan Calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Pendaftaran Sipencatar PIP Makassar, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran Politeknik Ilmu Pelayaran. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online PIP Makassar 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar). Informasi ini ditujukan untuk lulusan SLTA yang berkeinginan untuk kuliah di Politeknik Ilmu Pelayaran. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar atau disingkat dengan nama PIP Makassar adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan RI yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran.

Lokasi kampus PIP Makassar yaitu di Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165.

Sejarah singkat (tahun dan nama lembaga) berdirinya PIP Makassar :
  • Tahun 1921 - 1946, bernama Sekolah Pelayaran Dasar
  • Tahun 1946 - 1950, bernama Opleiding Scheepvaart School Celebes (OSC)
  • Tahun 1947 - 1950, bernama Midlebare Zeepvaart School (MZS)
  • Tahun 1950 - 1964, bernama Sekolah Penyeberangan Laut Sulawesi (SPLS)
  • Tahun 1964 - 1972, bernama Sekolah Pelayaran Makassar (SPM)
  • Tahun 1972 - 1979, bernama Sekolah Pelayaran Menengah Ujung Pandang (SPMUP)
  • Tahun 1979 - 1999, bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Ujung Pandang
  • Tahun 1999 - sekarang, bernama Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Visi dari PIP Makassar : “Menjadi perguruan tinggi pelayaran terdepan dalam pengembangan sumber daya manusia perhubungan dan riset di bidang Pelayaran”

Kuliah di perguruan tinggi pelayaran dapat menjadikan pada lulusannya seorang yang prima, profesional dan beretika. Prospek kerja yang menjanjikan menjadi salah satu alasan untuk kuliah di Politeknik Ilmu Pelayaran khususunya PIP Makassar.

Untuk kalian yang berkeinginan atau bercita-cita bisa bekerja di bagian pelayaran suatu saat nanti, maka dapat menempuh pendidikan atau kuliah di PIP Makassar. Disinilah kesempatan kalian untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan berbekal ilmu dan pengetahuan yang hebat, maka peluang untuk bekerja di pelayaran terbuka lebar.

Nah, sekarang silahkan kalian mendaftarkan diri menjadi calon taruna PIP Makassar. Penerimaan taruna baru PIP Makassar dilakukan disetiap tahun ajaran baru. Penerimaaan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi lainnya di bawah Kementerian Perhubungan.

Pendaftaran calon taruna baru PIP Makassar dilakukan secara online melalui Sipencatar nasional di alamat sipencatar.dephub.go.id . Calon taruna membuat akun pendaftaran kemudian melakukan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut admin berikan informasi mengenai penerimaan calon taruna baru PIP Makassar. Silahkan disimak dengan baik.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah

1. Prodi D. IV Nautika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga.

2. Prodi D. IV Teknika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Prodi D. IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA/IPS),
  • Paket C (IPA dan IPS)
  • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Calon taruna yang ingin mendaftarkan diri harus bisa memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas dan juga persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk mengetahui apa saja persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panita, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

        Untuk tata cara pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

        D. Tahapan Seleksi
        • Seleksi Tahap I : Pendaftaran
        • Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
        • Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
        • Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
        • Seleksi Tahap V : Psikotes;
        • Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
        • Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
        • Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

        E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

        Pendaftaran biasanya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan. Jadwal lengkap dapat dilihat pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah. Lokasi tes juga telah disampaikan pada artikel tersebut,


        Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri dan mengikuti tahapan seleksi yang telah ditentukan. 

        Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditemukan langsung di website resmi PIP Makassar di alamat pipmakassar.ac.id . Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti informasi yang ada di website tersebut.

        Artikel Lanjutan : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

        Mari Baca Juga :

        Demikian informasi tentang Pendaftaran Online PIP Makassar (Politeknik Ilmu Pelayaran). Mudah-mudahan informasi ini dapat menjadi panduan bagi kalian dalam melakukan proses pendaftaran dan mengikuti seleksi.

        Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk diterima di PIP Makassar dapat terkabulkan. Terima kasih juga admin ucapkan telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali ke blog ini.