Pendaftaran Online STAN 2018/2019 - PMB PKN STAN

spmb.pknstan.ac.id 2018 -- Pendaftaran SPMB PKN STAN, Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN, Penerimaan Mahasiswa Baru STAN, Pendaftaran STAN Online, Informasi Pendaftaran STAN, Ujian Saringan Masuk STAN, Syarat SPMB PKN STAN, Jalur Masuk STAN, SPMB STAN, Sekolah Tinggi Ikatan Dinas, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, STAN. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online STAN 2018/2019. Sebelum memulai membahas tentang pendaftaran online masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit ulasan pembuka tentang Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang disingkat STAN adalah Perguruan Tinggi Ikatan Dinas di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) terletak di Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Pada saat ini, STAN telah mengalami perubahan nama yatu menjadi PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN. Perubahan ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. 

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN yaitu sebagai berikut :
  • Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara
  • Program Diploma I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara.
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan.
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah sebagai berikut :
  • Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Pada tahun ini Polteknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) kembali membuka pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru baik untuk program Diploma I dan Diploma III. Informasinya bisa anda baca selengkapnya berikut ini.

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

B. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
                                                1. Lulusan (tahun 2017 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2018) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
                                                2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
                                                  • Untuk lulusan tahun 2017 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
                                                  • Untuk calon lulusan tahun 2018, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
                                                3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
                                                4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
                                                  • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
                                                  • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
                                                  • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
                                                5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
                                                6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
                                                  • Untuk program studi Diploma I:
                                                    • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
                                                    • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
                                                  • Untuk Program studi Diploma III:
                                                    • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
                                                  • Tidak Cacat Badan;
                                                  • Tidak Buta Warna; dan
                                                  • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
                                                7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
                                                  • dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
                                                  • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
                                                8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
                                                9. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

                                                Baca Juga : Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Lainnya

                                                C. Tata Cara Pendaftaran PKN STAN
                                                 1. Tahapan pendaftaran meliputi:
                                                1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal sscndikdin.bkn.go.id (buka disini). Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
                                                2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
                                                  • Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal sscndikdin.bkn.ac.id:
                                                  • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
                                                  • Mengisi data pilihan spesialisasi;
                                                  • Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan(ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah / pejabat yang berwenang;
                                                  • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
                                                  • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
                                                  • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

                                                2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
                                                1. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA / SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ;
                                                2. Ijazah SD dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa.

                                                3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
                                                1. Periode pembayaran adalah 9 April - 3 Mei 2018;
                                                2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
                                                3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
                                                4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online {e-reglstration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;

                                                4. Peserta yang telah mengunduh BPU menempelkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar beiakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran online.

                                                5. Panduan pendaftaran lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.qo.id , http://www.bppk.kemenkeu.qo.id dan http://www.pknstan.ac.id.
                                                Baca Juga artikel berikut :  Pendaftaran PKN STAN
                                                D. Tahapan Seleksi dan Lokasi Ujian PKN STAN

                                                Informasi tahapan seleksi dan lokasi tes selengkapnya baca di : Tahapan Seleksi-Tes Sekolah Ikatan Dinas dan lokasi.

                                                E. Biaya Pendaftaran PKN STAN

                                                Pembayaran biaya pendaftaran USM PKN STAN bisa dilakukan melalui seluruh cabang Bank Mandiri di Indonesia. Pembayaran dapat dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking.

                                                Pembayaran Biaya pendaftaran USM PKN STAN sebesar Rp. 250.000,- sesuai dengan Nomor MVA Bank Mandiri yang terdapat pada BPO (Bukti Pendaftaran Online) masing-masing Peserta.

                                                F. Pilihan Program Studi pada PKN STAN
                                                Pada tahun ini ada beberapa pilihan program studi yang bisa anda pilih pada saat pendaftaran USM PKN STAN. Program studi tersebut adalah sebagai berikut :
                                                1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
                                                2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
                                                3. Program Studi Diploma I Pajak;
                                                4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
                                                5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
                                                6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
                                                7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
                                                8. Program Studi Diploma III Pajak;
                                                9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
                                                10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

                                                                G. Jadwal Pelaksanaan PKN STAN

                                                                H. Dokumen Yang Perlu di Siapkan
                                                                1. Rapor (calon Lulusan tahun ini) yang mencantumkan Nilai Semester I-V atau IJAZAH (Lulusan sebelum tahun ini) yang mencantumkan Nilai Ujian Tulis (Nilai Akhir)
                                                                2. Bukti Diri Asli Berfoto yang masih berlaku (Rapor / Ijazah / KTP/ SIM / Paspor / SKCK)

                                                                I. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verifikasi Berkas / Pengambilan BPU
                                                                1. Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang ditempeli materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
                                                                2. Fotokopi halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
                                                                3. Dokumen asli, Rapor (calon lulusan tahun ini), Ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
                                                                4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan terakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak tiga (3) lembar
                                                                5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk atm, atau hasil cetak internet banking
                                                                6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

                                                                J. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian
                                                                1. Bukti Peserta Ujian (BPU) yang telah disahkan pada saat verifikasi berkas
                                                                2. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum di BPU

                                                                K. Pengumuman Hasil Seleksi

                                                                Hasil seleksi masuk PKN STAN dan sekolah ikatan dinas lainnya dapat dilihat pada artikel Pengumuman Hasil Seleksi Sekolah Ikatan Dinas


                                                                Penting!!!
                                                                • Apabila ada perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi PKN STAN. dan admin akan mengupdate secara berkala.
                                                                • Informasi di atas berdasarkan data tahun 2017. Untuk pendaftaran tahun 2018, akan admin update pada saatnya nanti.

                                                                Informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru dapat anda tanyakan melalui contact berikut :
                                                                Hotline: +6221 7361654-58 ext.264
                                                                Email : humas.baak@stan.ac.id

                                                                Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran Online SPMB PKN STAN. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan proses pendaftaran online PKN STAN.

                                                                Admin turut mendoakan semoga anda lulus USM PKN STAN. Suatu kebanggaan jika anda bisa lulus STAN. Terima kasih telah membaca artikel ini dan mari bagikan (G+1) atau share (FB) informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkan, cukup sekian dan salam sukses.