Pendaftaran Online PIP Semarang 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang)

pip-semarang.ac.id 2024 -- Pendaftaran PIP Semarang, Sipencatar Poltekpel Semarang, Seleksi Calon Taruna Baru PIP Semarang, Pendaftaran Taruna PIP Semarang, Cara Pendaftaran Online PIP Semarang, Pendaftaran Calon Taruna BPSDM Perhubungan, Penerimaan Calon Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Syarat - Jadwal - Cara Pendaftaran PIP Semarang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Online PIP Semarang 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Informasi ini ditujukan bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke PIP Semarang pada tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang atau dikenal pula dengan nama PIP Semarang adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran dan pelabuhan.

Lokasi kampus PIP Semarang yaitu di Jl. Singosari No.2A, Wonodri, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242

Sejarah singkat berdirinya Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, yaitu :
  • Tahun 1951 - 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.
  • Tahun 1955 - 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang
  • Tahun 1974 - 1981 bernama Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang
  • Tahun 1979 - 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
  • Tahun 1995 masih bernama BPLP Semarang, tetapi programnya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana / S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.
  • Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.
(Sumber wikipedia)

Visi PIP Semarang yaitu :
"Terciptanya kader-kader perwira pelayaran niaga yang andal, profesional dan berbudi pekerti luhur sesuai nilai-nilai Pancasila untuk kemajuan bangsa".

Sesuai dengan visi tersebut, PIP Semarang mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan pelabuhan menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut / Kepelabuhanan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional maupun internasional.

Nah, bagi para siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang bercita-cita ingin menjadi kader perwira pelayaran yang andal atau tenaga ahli angkata laut, maka tempat yang cocok dan bisa dipilih untuk pendidikan dan pelatihan salah satunya adalah PIP Semarang.

Disini kalian akan didik dan dilatih bagaimana menjadi perwira pelayaran yang memenuhi standar kualitas nasional maupun internasional, bagaimana melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang pelayaran, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan niat belajar yang sungguh-sungguh, maka keseluruhan pendidikan dan pelatihan yang diberikan akan dapat dikuasai dengan baik. Dengan begitu maka ilmu-ilmu yang dikuasai dapat diterapkan dengan baik pula di dunia kerja nantinya.

Nah, bagi yang berminat, silahkan mendaftarkan diri menjadi calon taruna baru PIP Semarang. Baca terlebih dahulu informasi yang berkaitan dengan pendaftaran, tahapan seleksi, hingga pengumuman kelulusan.

Berikut admin berikan informasi mengenai penerimaan calon taruna baru PIP Semarang. Silahkan disimak dengan baik ya.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D. IV Nautika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA),
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga

2. Program Studi D. IV Teknika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA),
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Program Studi D. IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA/IPS),
  • Paket C (IPA/IPS),
  • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan pendaftaran dapat dibaca langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk tata cara pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi

Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna, yaitu sebagai berikut :
  • Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  • Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  • Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  • Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  • Seleksi Tahap V : Psikotes;
  • Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  • Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  • Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan RI. Untuk lebih jelasnya, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah. Lokasi tes juga telah disampaikan pada artikel tersebut.

Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru PIP Semarang. Silahkan melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku. Lalu ikuti setiap tahapan seleksinya hingga pengumuman kelulusan.

Sebagai kesungguhan kalian dalam mengikuti seleksi masuk ke PIP Semarang, maka kalian sebaiknya melakukan persiapan sebaik mungkin dengan berlatih secara fisik maupun mempelajari materi-materi yang kemungkinan akan diujian pada saat tes TPA. Dengan melakukan persiapan yang maksimal, mudah-mudahan hasilnya bisa sesuai harapan. Admin juga turut mendoakan yang terbaik untuk kalian semua.
Sedikit catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Baca Juga Artikel Terkait :

Demikian informasi tentang Pendaftaran Online PIP Semarang (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya.