Pendaftaran Online PPI Madiun 2024/2025 (API Madiun -> PPI Madiun)

ppi.ac.id 2024 -- Pendaftaran PPI Madiun / API Madiun, Sipencatar Dephub, Penerimaan Taruna Baru API Madiun / PPI Madiun, Pendaftaran Mahasiswa Baru API Madiun / PPI Madiun, Penerimaan Mahasiswa Baru API Madiun / PPI Madiun, Cara Pendaftaran API / PPI Madiun, Pendaftaran Kuliah di Politeknik Perkeretaapian Indonesia. 2026. 2027.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Online PPI Madiun 2024/2025 (API Madiun -> PPI Madiun). Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi SMA / SMK / sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Pembahasan selengkapnya dapat disimak di bawah ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun atau disingkat PPI Madiun adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan RI yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan dan pelatihan di bidang perkeretaapian.

Sebelumnya, perguruan tinggi ini bernama Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun atau dikenal juga dengan nama API Madiun.

Lulusan dari PPI Madiun diharapkan mampu menjadi SDM yang kompeten di bidang perkeretaapian, dimana pada saat ini transportasi perkeretaapian merupakan moda transportasi yang mengalami pertumbuhan pesat baik itu untuk angkutan penumpang atau barang.

SDM yang ahli dan profesional di bidang perkretaapian masih sangat dibutuhkan. Nah, dengan kuliah di PPI Madiun, nantinya kalian akan mendapatkan ilmu, pengetahuan, wawasan dan pengalaman belajar seputar perkeretaapian yang sangat berguna untuk menunjang karir di dunia kerja.

Prospek kerja yang jelas menjadi satu alasan tambahan untuk memilih kuliah di kampus PPI Madiun. Dengan ijazah lulusan dari PPI Madiun, maka sangat relevan untuk bekerja di Perkeretaapian Indonesia sehingga peluang diterima kerja di PT KAI sangat terbuka lebar.
Baca Juga : Lowongan Kerja PT KAI untuk lulusan SLTA / D3 / D4 / S1
Bagi kalian yang berminat untuk kuliah di PPI Madiun, silahkan mendaftarkan diri dan mengikuti semua ketentuan pendaftaran yang telah ditentukan.

Pendaftaran calon taruna baru PPI Madiun dilakukan secara online melalui website dengan alamat sipencatar.dephub.go.id . Calon taruna membuat akun pendaftaran di alamat tersebut kemudian melakukan pengisian form pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk lebih jelas mengenai pendaftaran PPI Madiun, langsung saja simak informasi pendaftarannya di bawah ini (Pendaftaran Online PPI Madiun).

A. Program Studi  dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program studi D. III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA) sederajat
  • SMK jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

2. Program Studi D. III Teknik Elektro Perkeretaapian (TEP), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, Teknik Instrumentasi Industri.

3. Program Studi D. III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri.
4. Program Studi D. III Teknik Mekanika Perkeretaapian (TMP), persyaratan ijazahnya :
  • SMA / MA (IPA) sederajat,
  • SMK Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Industri.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan di atas, calon taruna / taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi persyaratan pendaftaran dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

C. Alur Pendaftaran
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

        Untuk informasi berupa tata cara pendaftaran dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

        D. Tahapan Seleksi
        • Seleksi Tahap I : Pendaftaran
        • Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
        • Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
        • Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
        • Seleksi Tahap V : Psikotes;
        • Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
        • Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
        • Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

        E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

        Jadwal pendaftaran dan lokasi tes langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

        Itulah informasi mengenai penerimaan taruna baru Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun. Silahkan ikuti pendaftaran dan seleksinya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi PPI Madiun. Jika ada perubahan info, maka ikuti yang ada di website resmi.

        Artikel Lanjutan : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

        Mari Baca Juga :
        Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online PPI Madiun (API Madiun -> PPI Madiun)a). Semoga informasi di atas dapat dijadikan panduan dalam melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru PPI Madiun. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk terus datang ke blog ini.