Penjelasan Menu Website sscasn.bkn.go.id 2024/2025

Penjelasan Menu Website sscasn.bkn.go.id 2024 -- Penjelasan Menu Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Penjelasan Halaman Website sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Online sscasn.bkn.go.id, Rincian Menu Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Keterangan Menu Website Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Penjelasan Menu Website sscasn.bkn.go.id 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa ikatan dinas yang akan segera mendaftar di Portal SSCN BKN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

sscasn.bkn.go.id adalah website resmi panitia seleksi ikatan dinas atau portal nasional seleksi penerimaan siswa / taruna pada Kementerian / Lembaga yang mempunyai Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.

sscasn.bkn.go.id telah dirancang oleh Pemerintah secara khusus sebagai website untuk proses pendaftaran sekolah ikatan dinas.

Bagi siswa-siswi lulusan SMA sederajat atau yang akan lulus pada tahun ini diberikan kesempatan untuk mendaftar di sscasn.bkn.go.id sebagai calon mahasiswa ikatan dinas dengan memilih salah SATU instansi yang diminati.

Informasi ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yaitu Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id. Apabila anda belum membacanya, maka silahkan baca terlebih dahulu artikel tersebut. Disini admin akan memberikan penjelasan tambahan mengenai menu-menu yang ada di Portal SSCN BKN.

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa pendaftaran calon mahasiswa ikatan dinas dilakukan melalui Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id. Nah, untuk lebih memahami portal SSCN BKN tersebut maka anda perlu untuk membaca artikel ini. Admin akan memberikan penjelasan menu-menu yang ada di portal SSCN BKN. Simak penjelasannya berikut ini.

Menu-menu di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)

1. Menu Pengumuman

Pada halaman ini dimuat informasi penting berupa penerimaan calon mahasiswa ikatan dinas yang diumumkan secara resmi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kementerian menyampaikan kepada masyarakat khususnya siswa-siswi lulusan dari tingkat SLTA atau yang akan lulus sekolah pada tahun ini untuk mengikuti seleksi penerimaan calon mahasiswa  / taruna ikatan dinas.

Selain itu, pada halaman Pengumuman ini dimuat pula petunjuk penting mengenai proses pendaftaran bagi calon peserta ikatan dinas. Calon peserta harus membaca petunjuk tersebut agar proses pendaftaran dapat berjalan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Download terlebih dahulu file pdf pada masing-masing instansi. Klik pada nama instansi yang diinginkan.

Rincian dari penjelasan penting tersebut telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id). Link aktif artikel tersebut telah diberikan dibagian atas.

Pada halaman Pengumuman, telah disajikan informasi berupa daftar penerimaan taruna / siswa baru kementerian / lembaga yang mempunyai lembaga / ikatan dinas. Lembaga-lembaga yang dimaksud beserta nama Sekolah Ikatan Dinas nya yaitu :
  1. Badan Pusat Statistik (STIS)
  2. Lembaga Sandi Negara (STSN)
  3. Kementerian Keuangan (PKN STAN)
  4. Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)
  5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
  6. Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
  7. Kementerian Perhubungan (STTD dan beberapa Sekolah Tinggi, Politeknik, serta Akademi lainnya. Baca di : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  8. Badan Intelejen Negara (STIN)

Calon peserta dapat mengunduh file informasi pendaftaran pada halaman Pengumuman yang ada di sscasn.bkn.go.id

2. Menu Alur 

Setelah memahami petunjuk tersebut, maka selanjutnya calon peserta dapat melanjutkan ke menu atau halaman  "Alur".

Pada halaman "Alur", calon peserta akan mendapatkan informasi mengenai alur pendaftaran calon mahasiswa / taruna baru ikatan dinas. Pada halaman tersebut telah tersedia alur pendaftaran berupa gambar. Calon peserta dapat melihat alur pendaftaran dan harus memahaminya. Berikut tampilannya:


Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa / Taruna Ikatan Dinas :
  1. Buka portal sscasn.bkn.go.id, baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  2. Klik tombol "Registrasi" untuk mendaftar, lalu isikan nomor NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan centang captcha yang tampil dilayar.
  3. Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat e-mail yang aktif, kata kunci / password baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar.
  4. Mencetak kartu sebagai bukti telah mendaftar di Portal SSCN BKN
  5. Login ke sscasn.bkn.go.id menggunakan NIK dan password
  6. Melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu bukti pendaftaran
  7. Melanjutkan pendaftaran di website resmi Sekolah Ikatan Dinas yang diminati
  8. Melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta

Bacaan selengkapnya : Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

3. Menu Registrasi

Menu registrasi adalah menu penting. Melalui menu ini, calon mahasiswa / taruna baru dapat melakukan pendaftaran untuk mendaftar akun di portal SSCN BKN Sekolah Kedinasan. Alur pendaftaran telah dijelaskan di atas.

4. Menu Helpdesk

Menu Helpdesk merupakan menu yang berisi bantuan untuk calon mahasiswa / taruna baru. Saat menu tersebut di klik, munculah halaman baru dengan alamat web "https://helpdesk.bkn.go.id/"

Terdapat beberapa kategori bantuan yang telah disiapkan untuk membantu calon mahasiswa / taruna baru dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Berikut kategori yang dimaksud :

a. Daftar Bantuan Saat Registrasi
  • NIK dan No KK Tidak Ditemukan
  • Data Tidak Sesuai
  • No. KK dan NIK KK Tidak Sesuai
  • Lokasi Lahir Tidak Ditemukan

b. Daftar Bantuan Saat Login
  • Lupa Password
  • Lupa Jawaban Pengaman-1
  • Lupa Jawaban Pengaman-2

c. Frequently Asked Questions
  • Pertanyaan Seputar Registrasi
  • Pertanyaan Pencetakan Kartu
  • Pertanyaan Dokumen Pendukung
  • Pertanyaan Terkait Koneksi

Calon mahasiswa / taruna baru bisa memilih dan klik pada tulisan tersebut yang ada di halaman https://helpdesk.bkn.go.id/ . Pasti muncul jawaban atau penjelasannya.

5. Menu FAQ

F.A.Q atau dalam bahasa mudahnya yaitu tanya jawab atau permasalahan dan solusi. Pada halaman F.A.Q telah disajikan contoh pertanyaan yang sering muncul pada permasalah pendaftaran disertai dengan solusinya.

Jika calon peserta mememuni permasalah serupa dengan contoh tersebut, maka jawabannya bisa dibaca pada halaman F.A.Q.

Selain itu, disajikan pula daftar layanan konsultasi (help desk) bagi calon peserta ikatan dinas yang mengalami kendala dalam proses pendaftaran atau memiliki masalah yang pentung untuk ditanyakan. Silahkan berkonsultasi dengan menghubungi Call Center, Telepon, atau email masing-masing instansi pada Jam Operasional dengan membuka menu F.A.Q pada portal SSCN BKN.

Baca selengkapnya : Tanya Jawab dan Konsultasi Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

6. Menu Layanan Call Center

Menu ini berguna sebagai penghubung antara calon mahasiswa / taruna yang akan mendaftarkan diri. Calon taruna / mahasiswa yang memerlukan bantuan atau ingin bertanya terkait pendaftaran silahkan untuk menghubungi instansi yang dituju.

7. Menu Login

Menu Log In  digunakan oleh calon taruna / mahasiswa untuk melengkapi data setelah "Daftar Akun".  Silahkan login menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan.


Itulah penjelasan mengenai menu-menu yang ada di website sscasn.bkn.go.id. Kalian dapat membaca artikel ini sambil membuka halaman yang dibutuhkan agar lebih paham.

Catatan : Apabila ada perubahan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di Portal SSCN BKN dan adminpun akan segera mengupdate yang terbaru.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan tentang Penjelasan Menu Website sscasn.bkn.go.id. Admin turut mendoakan agar anda bisa melakukan proses pendaftaran sesuai alur pendaftaran.

Terima kasih telah membaca artikel ini, mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses untuk semua