Pendaftaran Online PKN STAN 2018/2019

spmb.pknstan.ac.id 2018 -- Pendaftaran PKN STAN, Pendaftaran SPMB PKN STAN Online, Syarat dan Jadwal Pendaftaran PKN STAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru PKN STAN, Pendaftaran Ikatan Dinas PKN STAN, SPMB PKN STAN. 2020. 2021.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online PKN STAN 2018/2019. Dengan adaya informasi ini, diharapkan dapat menjadi panduan pendaftaran bagi anda yang ingin mendaftarkan menjadi calon mahasiswa baru PKN STAN.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Banyak sekali Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian dan juga lembaga Pemerintah Nonkementerian.

Salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan dan merupakan sekolah ikatan dinas paling favorit saat ini yaitu PKN STAN.

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan di bawah naungan Kementerian Keuangan Negara RI.

Sebelum berubah nama menjadi PKN STAN, sebelumnya bernama STAN saja. Perubahan nama ini didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 137/PMK.01/2015 tanggal 15 Juli 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. 

Berdasarkan peraturan tersebut, maka Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) telah resmi berubah menjadi Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN).

Pada saat ini telah ada beberapa Jurusan yang terdiri dari beberapa Program Studi seperti berikut ini :

Jurusan Akuntansi memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Empat (IV) Akuntansi; dan
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Akuntansi.
Jurusan Pajak memiliki 3 (tiga) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Pajak;
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  • Program Studi Diploma Satu (I) Pajak.
Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 (dua) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai; dan
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kepabeanan dan Cukai.
Jurusan Manajemen Keuangan memiliki 3 (tiga) Program Studi unggulan, yaitu :
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Kebendaharaan Negara;
  • Program Studi Diploma Tiga (III) Manajemen Aset; dan
  • Program Studi Diploma Satu (I) Kebendaharaan Negara.

Dari beberapa program studi yang ada di PKN STAN tersebut, kemungkinan besar salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu segera daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru STAN.

Bagi yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru STAN, maka anda perlu mengetahui persyaratan pendaftaran PKN STAN berikut ini.

A.  Kriteria Peserta

Kebutuhan dari masing-masing spesialisasi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. berdasarkan PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara

B. Persyaratan Pendaftaran PKN STAN
  1. Lulusan (tahun 2017 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2018) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar:
    • Untuk lulusan tahun 2017 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian tulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
    • Untuk calon lulusan tahun 2018, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 1998 tidak diperkenankan untuk mendaftar. usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  4. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah:
    • mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
    • mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
    • mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  6. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
    • Untuk program studi Diploma I:
      • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm
      • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm
    • Untuk Program studi Diploma III:
      • Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm
    • Tidak Cacat Badan;
    • Tidak Buta Warna; dan
    • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan / atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
    • dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya; dan
    • telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
  8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasaran PP Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  9. Pendaftar tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Baca Juga : Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Lainnya

C. Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

1. Tahapan pendaftaran meliputi:
  1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal sscndikdin.bkn.go.id (buka disini). Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  2. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
    • Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal sscndikdin.bkn.ac.id:
    • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
    • Mengisi data pilihan spesialisasi;
    • Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan(ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah / pejabat yang berwenang;
    • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
    • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
    • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

2. Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
  1. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA / SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ;
  2. Ijazah SD dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan / Kepala Desa.

3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Periode pembayaran adalah 9 April - 3 Mei 2018;
  2. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
  3. Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
  4. Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online {e-reglstration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;

4. Peserta yang telah mengunduh BPU menempelkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm (berlatar beiakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran online.

5. Panduan pendaftaran lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.qo.id , http://www.bppk.kemenkeu.qo.id dan http://www.pknstan.ac.id.

D. Program Studi yang dapat dipilih saat Pendaftaran
  1. Program Studi Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Program Studi Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  3. Program Studi Diploma I Pajak;
  4. Program Studi Diploma III Akuntansi;
  5. Program Studi Diploma III Kebendaharaan Negara;
  6. Program Studi Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Program Studi Diploma III Manajemen Aset;
  8. Program Studi Diploma III Pajak;
  9. Program Studi Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
  10. Program Studi Diploma IV Akuntansi.

E. Lokasi Ujian Tertulis, Alamat Verifikasi Berkas, dan Pengambilan BPU
  1. Jakarta, kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V
  2. Banda Aceh, Kanwil I DJKN Nangroe Aceh Darussalam, GKN C lantai 2, Jl. Tengku Chik Di Tiro
  3. Medan, Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni No 30
  4. Padang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumatra Barat, Jl. Khatib Sulaiman No.3 Lolong Belanti Padang
  5. Pekanbaru, Balai Diklat Keuangan Pekanbaru, Jl. Pepaya No 77 Pekanbaru
  6. Batam, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam, Jl. Kuda Laut No.1 Batu Ampar
  7. Jambi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jambi, Jl. Mayjen Yoesoef Singadikane No. 45 Jambi
  8. Bengkulu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Bengkulu, Jl. Adam Malik km. 8
  9. Palembang, Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II Kec. Sukarami
  10. Bandar Lampung, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Jl. Pangeran Emir M. Noer No. 5A , Bandar Lampung
  11. Cimahi, Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi
  12. Semarang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jateng, Jl. Pemuda No. 2 Semarang
  13. Yogyakarta, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Solo Km. 11 Kalasan Sleman
  14. Surabaya, Kanwil Ditjen Pajak  Jatim II, Jl. Indrapura 5 Surabaya
  15. Malang, Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. Jend. A. Yani Utara No. 200 Malang
  16. Denpasar, Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Dr. Kusumaatmadja No. 19 Renon
  17. Mataram, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB, Jl. Majapahit no. 10 Mataram
  18. Kupang, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTT, Jl. Franseda Kupang
  19. Pontianak, Balai Diklat Keuangan Pontianak, Jl. Ahmad Yani II Kec Sungai Raya
  20. Banjarmasin, Kanwil Ditjen Pajak (DJP) KalSel dan Kalteng, Jl. Lambung Mangkurat No. 21 Banjarmasin
  21. Balikpapan, Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl. MT Haryono Dalam RT.84 No. 39A
  22. Manado, Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Mapenget Km. 0,5 Paniki Dua Manado
  23. Palu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng, Jl. Tanjung Dako No. 15 Palu
  24. Makassar, Balai Diklat Keuangan Makassar, Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar
  25. Ambon, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Maluku, Jl. Pitu Ina No. 7 Karang Panjang
  26. Sorong, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sorong, Jl. Jend. Sudirman No. 26 Sorong
  27. Jayapura, Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Prov. Papua, Jl. Pasific  Permai Komplek Ruko Dok. 2 Gedung Indoprima Lantai 7

F. Lokasi Ujian Tes Kesehatan dan kebugaran, serta TKD
  • Jakarta, Medan. Pekanbaru, Palembang, Cimahi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Denpasar

G. Tahapan Seleksi PKN STAN

H. Jadwal Pelaksanaan PKN STAN

I. Dokumen Yang Perlu di Siapkan
  1. Rapor (calon Lulusan tahun ini) yang mencantumkan Nilai Semester I-V atau IJAZAH (Lulusan sebelum tahun ini) yang mencantumkan Nilai Ujian Tulis (Nilai Akhir)
  2. Bukti Diri Asli Berfoto yang masih berlaku (Rapor / Ijazah / KTP/ SIM / Paspor / SKCK)

J. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Verifikasi Berkas / Pengambilan BPU
  1. Bukti Pendaftaran Online (BPO) yang ditempeli materai Rp. 6000 yang masih berlaku.
  2. Fotokopi halaman identitas pada rapor (untuk calon lulusan tahun ini) atau ijazah (untuk lulusan sebelum tahun ini) di balik lembar BPO
  3. Dokumen asli, Rapor (calon lulusan tahun ini), Ijazah (lulusan sebelum tahun ini)
  4. Pas foto studio berwarna terbaru (3 bulan terakhir) kualitas studio ukuran 4x6 berlatar belakang merah mengenakan kemeja putih sebanyak tiga (3) lembar
  5. Bukti pembayaran dari bank, dapat berupa slip setoran, struk atm, atau hasil cetak internet banking
  6. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum pada lembar BPO

K. Dokumen Yang Wajib Dibawa Saat Ujian
  1. Bukti Peserta Ujian (BPU) yang telah disahkan pada saat verifikasi berkas
  2. Bukti diri asli berfoto yang masih berlaku sesuai dengan yang tercantum di BPU


Demikian infomasi tentang Pendaftaran Online PKN STAN yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberi pencerahan untuk anda.

Catatan:
  • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.
  • Informasi di atas didasarkan pada data tahun lalu, untuk info update akan admin sampaikan pada waktunya.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk PKN STAN. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi disini. 

Mari bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan, caranya klik tombol G+1 yang tersedia atau ajak teman anda secara langsung. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu untuk semuanya.