Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN 2019/2020 (sscndikdin.bkn.go.id)

sscndikdin.bkn.go.id 2019 -- Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN, Pendaftaran Online sscndikdin.bkn.go.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di sscndikdin.bkn.go.id, Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di sscndikdin.bkn.go.id, Formulir Registrasi Pendaftaran sscndikdin.bkn.go.id, Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Baru / Calon Taruna Baru Pendidikan Ikatan Dinas di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN 2019/2020 (sscndikdin.bkn.go.id). Informasi ini diberikan sebagai panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru / calon taruna baru di Pendidikan Ikatan Dinas. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Pendidikan Ikatan Dinas adalah pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian dimana setelah lulus dari pendidikan maka mahasiswa / taruna tersebut secara otomatis akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Pada saat ini, menjadi seorang PNS ini itu sulit, banyak sekali pesaingnya sehingga peluang untuk lulus seleksi menjadi PNS semakin sulit. Melalui Pendidikan Ikatan Dinas, maka menjadi salah satu jalan untuk menjadi seorang PNS.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu harus melewati berbagai macam proses pendaftaran dan juga proses seleksi yang ketat yang terkadang membuat para calon yang mendaftar mengalami kesulitan.

Telah dimulai pada tahun sebelumnya bahwa pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas dilakukan melalui portal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Perubahan proses pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas ini menjadi salah satu kendala tersendiri bagi beberapa calon peserta. Diperlukan suatu panduan yang jelas agar mereka dapat melakukan proses pendaftaran dengan lancar.

Disini admin akan mencoba memberikan panduan bagi para calon peserta yang akan melakukan pendaftaran ke Pendidikan Ikatan Dinas.

Berikut informasi yang sangat penting yang harus dipahami oleh setiap calon peserta sebelum calon peserta melakukan proses pendaftaran.

A. PERHATIAN PENTING!!!

1. Pendaftaran Peserta Secara Online :

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan :
  1. NIK (Nomor Induk Kependudukan) Calon Pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga
  2. Data-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing Sekolah Kedinasan

Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran sekolah kedinasan sesuai dengan minat pelamar.

2. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan :

Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

3. Seleksi :

Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi/ Sekolah Kedinasan

4. Pengisian Data :

Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan GUGUR dan TIDAK DAPAT DIPROSES lebih lanjut.

5. Persyaratan Khusus / Tambahan

Instansi yang membuka penerimaan seleksi Pendidikan Kedinasan mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Sekolah Kedinasan. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.

Setelah memahami informasi penting di atas, maka selanjutnya calon peserta harus memahami alur pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas seperti berikut ini :

B. Alur Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas

1. Proses Pembuatan Akun Pendaftaran
  1. Calon peserta mendaftar online melalui Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Klik menu Registrasi
  3. Lalu terbuka halaman baru dengan alamat web https://sscndaftar.bkn.go.id/registrasi
  4. Kemudian isikan NIK, Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga, dan Centang captcha pada kolom "I'm not a robot"
  5. Kemudian klik "Lanjutkan"
  6. Selanjutnya lengkapi data-data pada kolom yang masih kosong
  7. Jika semua data telah terisi dengan lengkap, lalu klik "Simpan Akun"
  8. Selanjutnya akan muncul informasi bahwa anda talah berhasil melakukan pendaftaran di Portal SSCN, ada keterangan lainnya. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan tombol, yaitu  "Cetak Informasi Pendaftaran" dan "Lanjutkan Login Pendaftaran". Pilih cetak informasi pendaftaran terlebih dahulu baru lanjutkan pendaftaran.
  9. Setelah mencetak informasi pendaftaran, pembuatan akun selesai, namun untuk proses pendataran belum selesai karena masih ada data yang harus dilengkapi. Lanjutkan untuk login.

2. Login Pendaftaran untuk Melengkapi Data dan Mencetak Bukti Pendaftaran
  1. Buka alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Lalu klik menu "Login" yang berada di kanan atas
  3. Muncul halaman baru, lalu masukkan NIK dan password yang telah dibuat
  4. Kemudian mengisi biodata sesuai kolom yang tersedia. Upload pula foto diri dengan memegang Kartu Informasi Akun dan KTP anda. Jika sudah mengisi data-data di atas, klik "Simpan"
  5. Kemudian memilih satu Sekolah Ikatan Dinas yang diminati dan isi pula kolom yang tersedia. Ingat, hanya satu saja sekolah ikatan dinas yang bisa dipilih. Jika sudah mengisi semua data, lalu klik "Simpan"
  6. Kemudian muncul resume pendaftaran. Silahkan periksa kembali data-data yang telah anda isikan. 
    • Jika yakin bahwa yang telah diisikan benar, klik tombol "kirim"
    • Namun jika data yang diisikan masih ada yang salah, klik tombol "kembali"
  7. Setelah semua data terisi dengan benar, cetak bukti pendaftaran dengan klik pada tombol "Cetak Pendaftaran SSCN Kedinasan" Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak / print dan berkas / "file" nya.
  8. Sampai disini pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id) selesai.
  9. Selanjutnya calon peserta melanjutkan proses pendaftaran di portal instansi yang diminati. Misalnya anda ingin mendaftar IPDN, maka setelah mendaftar di sscndikdin.bkn.go.id , selanjutnya mendaftar di spcp.ipdn.ac.id . Begitu juga dengan pendaftaran instansi Pendidikan Ikatan Dinas lainnya. Informasi selengkapnya akan disajikan di bagian bawah.

C. Gambar Alur / Mekanisme Pendaftaran



D. Setelah Pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Setelah melakukan pendaftaran di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id , maka yang harus dilakukan oleh calon peserta adalah melakukan pendaftaran di portal instansi yang diminati.

Ada 8 (delapan) instansi yang bisa dipilih pada Sekolah Ikatan Dinas yaitu : PKN STAN, Poiteknik Statistik STIS, IPDN, STSN, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan Perguruan kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi).

E. Daftar Sekolah Ikatan Dinas

Berikut Daftar Lengkap Sekolah Ikatan Dinas yang ada di Indonesia.

1. Pendaftaran PKN STAN

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar PKN STAN, maka harus mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran di portal PKN STAN di alamat pmb.pknstan.ac.id

Baca selengkapnya : Pendaftaran Online STAN atau Pendaftaran PKN STAN

2. Pendaftaran SPCP IPDN

Bagi calon peserta yang berkeinginan untuk menjadi calon praja IPDN, maka harus mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran ke portal IPDN di alamat spcp.ipdn.ac.id

Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran Online SPCP IPDN

3. Pendaftaran STIS

Pendaftaran STIS juga dilakukan melalui Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id , setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran di Portal SPMB STIS di alamat stis.ac.id/spmb/

Baca artikel berikut : Pendaftaran Online STIS

4. Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

Calon peserta yang ingin mendaftar di POLTEKIP dan POLTEKIM harus mendaftar terlebih dahulu di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id , kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran di Portal POLTEKIP dan POLTEKIM di alamat catar.kemenkumham.go.id

Selengkap Baca pada artikel berikut : Pendaftaran Online POLTEKIP dan POLTEKIM

5. Pendaftaran STTD

Calon peserta yang berkeinginan untuk masuk ke STTD, maka terlebih dahulu harus mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran di portal STTD di alamat sipencatar.dephub.go.id

Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online STTD

Selain STTD, masih ada lagi perguruan tinggi ikatan dinas lainya yang ada di bawah Kementerian Perhubungan yang totalnya ada 11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi. Baca selengkapnya di Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

6. Pendaftaran STMKG

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar di sekolah ikatan dinas STMKG, maka terlebih dahulu mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran di ptb.stmkg.ac.id

Informasi pendaftaran selengkapnya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online STMKG

7. Pendaftaran STSN

Pendaftaran STSN di awali dengan dengan mendaftar di Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id , selanjutnya mendaftar di Poltal STSN di alamat www.stsn-nci.ac.id

Baca artikel selanjutnya : Pendaftaran Online STSN

8. Pendaftaran STIN

Seperti ikatan dinas lainnya, pendaftaran STIN juga dilakukan melalui Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id. Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran di portal STIN di alamat pmb.stin.ac.id

Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online STIN

Bacaan Penting!!!

Baca juga :
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan panduan atau pencerahan bagi anda yang membutuhkan.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan. Caranya klik tombol G+1 yang tersedia atau share di FB atau ajak mereka secara langsung untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.