Selamat datang di www.pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di panselnas.id 2017/2018

Panselnas.id 2017 -- Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Panselnas.id, Pendaftaran Online Panselnas.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di panselnas.id, Pendaftaran Sekolah Tinggi Ikatan Dinas di panselnas.id, Formulir Registrasi Pendaftaran Pansenas.id, Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Baru / Calon Taruna Baru Pendidikan Ikatan Dinas. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di panselnas.id 2017/2018. Informasi ini diberikan sebagai panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru / calon taruna baru di Pendidikan Ikatan Dinas. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Pendidikan Ikatan Dinas adalah pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian dimana setelah lulus dari pendidikan maka mahasiswa / taruna tersebut secara otomatis akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Pada saat ini, menjadi seorang PNS ini itu sulit, banyak sekali pesaingnya sehingga peluang untuk lulus seleksi menjadi PNS semakin sulit. Melalui Pendidikan Ikatan Dinas, maka menjadi salah satu jalan untuk menjadi seorang PNS.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu harus melewati berbagai macam proses pendaftaran dan juga proses seleksi yang ketat yang terkadang membuat para calon yang mendaftar mengalami kesulitan.

Mulai tahun sebelumnya, pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas dilakukan melalui portal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Perubahan proses pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas ini menjadi salah satu kendala tersendiri bagi beberapa calon peserta. Diperlukan suatu panduan yang jelas agar mereka dapat melakukan proses pendaftaran dengan lancar.

Disini admin akan mencoba memberikan panduan bagi para calon peserta yang akan melakukan pendaftaran ke Pendidikan Ikatan Dinas.

Berikut informasi yang sangat penting yang harus dipahami oleh setiap calon peserta sebelum calon peserta melakukan proses pendaftaran. Informasi berikut dikutip dari panselnas.id

Bacaan Penting!!! Keterangan Penting Sebelum Mendaftar
  • PENDAFTARAN PESERTA SECARA ELEKTRONIK : Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
  • Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku;
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga;
  • Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh).
  • PENDAFTARAN DUA TAHAP : Pendaftaran awal di Portal PANSELNAS (www.panselnas.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
  • PENDAFTARAN HANYA DI SALAH SATU LEMBAGA/SEKOLAH IKATAN DINAS: Calon peserta seleksi diberikan kesempatan untuk mendaftar hanya di salah satu instansi sesuai dengan pilihannya. Pilihan tersebut tidak dapat diubah dengan alasan apapun.  Oleh karena itu, pertimbangkan benar-benar sebelum melakukan proses pendaftaran.
  • SELEKSI : Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya  terdapat seleksi/tes lainnya  yang  ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
  • PENGISIAN DATA: Semua informasi/data pribadi yang diisikan dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.  Apabila tidak benar, yang bersangkutan dapat dinyatakan gugur dan tidak akan diproses lebih lanjut.
  • PERSYARATAN KHUSUS/TAMBAHAN: Masing-masing Kementerian/Lembaga yang memiliki Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas mempunyai persyaratan khusus. Untuk itu, harap calon peserta seleksi membaca secara cermat dan teliti sebelum memutuskan mendaftar / memilih salah satu Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas.

Setelah memahami informasi penting di atas, maka selanjutnya calon peserta harus memahami alur pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas seperti berikut ini :

Alur Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas

  1. Calon peserta mendaftar online portal panselnas.id , lalu baca dan pahami semua penjelasan yang ada.
  2. Klik menu Formasi
  3. Pilih dan klik salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang diminati
  4. Lakukan pendaftaran dengan menekan tombol "daftar" dibagian bawah halaman tersebut
  5. Kemudian terbuka halaman Formulir Pendaftaran kemudian isikan NIK, Nomor Kartu Keluarga, NIK Kepala Keluarga, dan centang pada "saya bukan robot"
  6. Kemudian masuk ke halaman pendaftaran, masukan alamat email aktif, password baru untuk pendaftaran tersebut dan isi kode captcha yang terlihat
  7. Selanjutnya masuk ke halaman pemberitahuan "Registrasi Berhasil" dan akan terunduh otomatis lembaran/"struk" bukti registrasi yang berisi instruksi langkah selanjutnya yang harus diikuti calon peserta. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/"file" nya.
  8. Selanjutnya calon peserta melanjutkan proses pendaftaran di portal instansi yang diminati. Misalnya anda ingin mendaftar IPDN, maka setelah mendaftar di panselnas.id , selanjutnya mendaftar di spcp.ipdn.ac.id . Begitu juga dengan pendaftaran instansi Pendidikan Ikatan Dinas lainnya. Informasi selengkapnya akan disajikan di bagian bawah

Gambar Alur / Mekanisme Pendaftaran



Bacaan Penting!!! Keterangan Penting Saat Mengisi Formulir Pendaftaran
  1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali. Anda tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah anda pilih;
  2. Harap mengisi data secara akurat, kesalahan baik sengaja atau tidak sengaja dapat gugur seleksi sewaktu-waktu;
  3. Gunakan no Kartu Keluarga satu persatu apabila anda pernah lebih dari sekali mempunyai Kartu Keluarga sampai berhasil;
  4. Pendaftaran ini berdasarkan data kependudukan nasional dari Ditjen Dukcapil Kemendagri, sehingga apabila telah mencoba di langkah no.3 diatas tetapi tidak berhasil, silakan melapor kesalahan NIK anda ke Kantor Dinas Dukcapil setempat;
  5. Silahkan menunggu beberapa saat, apabila kartu registrasi dalam bentuk PDF tidak otomatis terunduh, silahkan cek kotak masuk (inbox) atau spam email anda.
  6. Harap dimaklumi perbaikan/update data di kantor dinas dukcapit setempat membutuhkan waktu sinkronisasi agar dapat digunakan dalam pendaftaran.

Bacaan Penting!!! Keterangan Penting Setelah Mengisi Formulir Pendaftaran di panselnas.id

Setelah calon peserta mengisi formulir pendaftaran di panselnas.id, maka selanjutnya calon peserta melakukan pendaftaran atau mengisi formulir pendaftaran di portal instansi yang diminati.

Buka portal instansi yang diminati, lalu baca informasi yang ada berkaitan dengan proses pendaftaran, lalu lakukan pendaftaran sesuai petunjuk yang diberikan.

Setelah Pendaftaran di Portal Panselnas.id

Setelah melakukan pendaftaran di portal panselnas.id , maka yang harus dilakukan oleh calon peserta adalah melakukan pendaftaran di portal instansi yang diminati.

Ada 8 (delapan) instansi yang bisa dipilih pada Sekolah Ikatan Dinas yaitu : PKN STAN, STIS, IPDN, STS, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan STTD.

1. Pendaftaran PKN STAN

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar PKN STAN, maka harus mendaftar di Portal panselnas.id kemudian melanjutkan pendaftaran di portal PKN STAN di alamat pmb.pknstan.ac.id

Baca selengkapnya : Pendaftaran Online STAN atau Pendaftaran PKN STAN

2. Pendaftaran SPCP IPDN

Bagi calon peserta yang berkeinginan untuk menjadi calon praja IPDN, maka harus mendaftar di portal panselnas di alamat panselnas.id kemudian melanjutkan pendaftaran ke portal IPDN di alamat spcp.ipdn.ac.id

Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran Online SPCP IPDN

3. Pendaftaran STIS

Pendaftaran STIS juga dilakukan melalui portal panselnas di alamat panselnas.id , setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran di Portal SPMB STIS di alamat stis.ac.id/spmb/

Baca artikel berikut : Pendaftaran Online STIS

4. Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

Calon peserta yang ingin mendaftar di POLTEKIP dan POLTEKIM harus mendaftar terlebih dahulu di panselnas.id , kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran di Portal POLTEKIP dan POLTEKIM di alamat catar.kemenkumham.go.id

Selengkap Baca pada artikel berikut : Pendaftaran Online POLTEKIP dan POLTEKIM

5. Pendaftaran STTD

Calon peserta yang berkeinginan untuk masuk ke STTD, maka terlebih dahulu harus mendaftar di Portal Panselnas di alamat panselnas.id kemudian meanjutkan pendaftaran di portal STTD di alamat sipencatar.dephub.go.id

Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online STTD

6. Pendaftaran STMKG

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar di sekolah ikatan dinas STMKG, maka terlebih dahulu mendaftar di panselnas.id kemudian melanjutkan pendaftaran di ptb.stmkg.ac.id

Informasi pendaftaran selengkapnya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online STMKG

7. Pendaftaran STSN

Pendaftaran STSN di awali dengan dengan mendaftar di Portal Panselnas di alamat panselnas.id , selanjutnya mendaftar di Poltal STSN di alamat www.stsn-nci.ac.id

Baca artikel selanjutnya : Pendaftaran Online STSN

8. Pendaftaran STIN

Seperti ikatan dinas lainnya, pendaftaran STIN juga dilakukan melalui portal panselnas di alamat panselnas.id . Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran di portal STIN di alamat pmb.stin.ac.id

Baca informasi lebih lanjut : Pendaftaran Online STIN

Bacaan Penting!!!

Baca juga :

Bagi yang ingin mendafar Polisi, silahkan baca :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di panselnas.id. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan dapat memberikan panduan atau pencerahan bagi anda yang membutuhkan.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau saudara anda yang membutuhkan. Caranya klik tombol G+1 yang tersedia atau share di FB atau ajak mereka secara langsung untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.