Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020 -- Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas, dikdin.bkn.go.id, sscn.bkn,go.id, Alur Sekolah Ikatan Dinas, Mekanisme Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas, Proses Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas, Langkah-langkah Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN. 2022. 2023.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta sekolah ikatan dinas yang akan segera melakukan pendaftaran. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya yaitu Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id dan Penjelasan Menu Website sscasn.bkn.go.id. Apabila anda belum membaca artikel tersebut, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu agar lebih mudah memahami artikel berikut ini.

Dalam proses pendaftaran sekolah ikatan dinas, alur pendaftaran merupakan bagian yang sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui alur pendaftaran sekolah ikatan dinas, maka calon peserta nantinya dapat melakukan pendaftaran dengan lancar sesuai prosedur.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan secara online melalui Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id. Setiap calon peserta harus melakukan pendaftaran melalui alamat tersebut dan kemudian melanjutkan pendaftaan di portal instansi yang diminati.

Disini admin akan memberikan informasi alur pendaftaran secara rinci untuk semua sekolah ikatan dinas yang dimulai dari pendaftaran di portal SSCN BKN sampai dengan pendaftaran di portal instansi.

Admin ingatkan kembali bahwa sebelum anda melakukan pendaftaran, sebaiknya anda membaca dengan teliti dan pahami petunjuk pendaftaran yang telah diberikan di Portal SSCN BKN agar pada saat pendaftaran anda dapat mendaftar dengan lancar tanpa melakukan kesalahan.

Nah, langsung saja simak penjelasan selengkapnya mengenai Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas berikut ini.

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019


Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020


I. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN / DIKDIN BKN

A. Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA / Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

B. Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2020

Pada bagian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bgaian pertama akan dijelaskan alur dan tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas secara singkat, dibagian kedua akan sedikit dijabarkan, dan dibagian akhir akan diberi penjabaran secara rinci.

# Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Secara Singkat

Secara singkat alur / tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan sebagai berikut :
  1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan :
    • Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Halaman Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Halaman Berhasil Melakukan Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Mendapatkan Kartu Informasi Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
  2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata :
    • Log In
    • Upload Foto Selfie (Swafoto)
    • Mendaftar Formasi
    • Notifikasi
    • Entri Nilai
    • Pengisian Biodata
    • Unggah Dokumen
    • Resume Pendaftaran
    • Notifikasi Akhir Proses Pendaftaran
    • Mendapat Kartu Pendaftaran SSCASN DIKDIN

# Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dengan Penjelasan Singkat

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat : https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian

Info Penting !!!
Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim. data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya

# Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dengan Penjelasan Rinci

Berikut penjelasan rinci mengenai alur / tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas.

1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Buka laman dikdin.bkn.go.id

2. Klik "Registrasi" dan akan tampil halaman baru

3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga

Info : Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

5. Masukan kode captcha yang tampil

Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
  • Nama Tanpa Gelar 
    • Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
  • Tempat Lahir 
    • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
  • Tanggal Lahir 
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
  • Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin yang sesuai
  • E-mail 
    • Masukan e-mail aktif dan valid
  • Password
    • Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
  • Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password telah Anda masukan
  • Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
  • Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
  • Captcha
    • Masukan kode captcha yang tampil di layar

6. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.

7. Selanjutnya klik "Lanjutkan"

Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.

8. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

1. Setelah pelamar berhasil daftar seperti langkah-langkah di atas, silahkan login ke dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas

2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta, kemudian lengkapi data :

a. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya

Info : Klik tombol "Choose File", cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb

b. Mendaftar Formasi

Lengkapi data berikut :
  1. Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
  2. Klik tombol "Pilih"
  3. Pilih pendidikan terakhir Anda saat ini
  4. Pilih Jurusan yang tersedia
  5. Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
  6. Pilih Lokasi Test yang tersedia
  7. Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
  8. Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA / SMK / Sederajat)
  9. Isi Tahun Lulus
  10. Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
  11. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  12. Isi kode captcha yang tampil

Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi

c. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

d. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

Data Diri Pelamar :
  • Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua / Wali.

Data Diri Orang Tua:
  • NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya.

e. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat".

Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya

f. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol "Iya" , dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak Kartu Pendaftaran" akan tampil.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Setelah mendaftar di Portal SSCN BKN / Dikdin BKN, selanjutnya calon peserta sekolah ikatan dinas wajib melakukan pendaftaran di Portal Instansi yang diminati. Penjelasannya akan disampaikan dibagian II berikut ini.

II. Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Instansi

Calon peserta yang telah mendaftar di dikdin.bkn.go.id, selanjutnya mengikuti tahapan pendaftaran atau seleksi di Portal Instansi yang diminati.

Ada beberapa Sekolah Ikatan Dinas yang bisa dipilih yaitu : STIS, STIN, PKN STAN, POLTEKIP dan POLTEKIM, STMKG, IPDN, Poltek SSN, dan perguruan tinggi ikatan dinas di bawah Kementerian Perhubungan (Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi).

Alur dan tata cara pendaftaran untuk sekolah ikatan dinas tersebut dapat anda baca langsung dengan mengunjungi masing-masing artikel berikut ini sesuai dengan sekolah ikatan dinas yang anda minati di bawah ini :
Silahkan kunjungi masing-masing artikel tersebut untuk mengetahui kelanjutan informasi pendaftaran di Portal Instansi Sekolah Ikatan Dinas yang diminati.

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan untuk anda tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas. Semoga informasi singkat tersebut bisa memberikan manfaat untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa diterima di Sekolah Ikatan Dinas yang anda minati. Terima kasih telah membaca artikel ini. Silahkan berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Jangan lupa untuk menyukai halaman web kami. Good luck